20250821 Rapat Koordinasi Pelaksanaan Evaluasi RB Tematik 6

20250821 Rapat Koordinasi Pelaksanaan Evaluasi RB Tematik 6

20250821 Rapat Koordinasi Pelaksanaan Evaluasi RB Tematik 6

20250821 Rapat Koordinasi Pelaksanaan Evaluasi RB Tematik 6

20250821 Rapat Koordinasi Pelaksanaan Evaluasi RB Tematik 6

20250821 Rapat Koordinasi Pelaksanaan Evaluasi RB Tematik 6

Foto: slk/HUMAS MENPANRB

 

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyelenggarakan rapat koordinasi pelaksanaan evaluasi Reformasi Birokrasi (RB) Tematik dengan tema “Mendorong Peningkatan Kualitas dan Akses Layanan Kesehatan”, pada Kamis (21/8/2025). Kegiatan ini merupakan bagian dari perumusan Road Map Reformasi Birokrasi Nasional 2025–2029 yang menekankan penguatan birokrasi agar lebih adaptif, responsif, dan memberikan dampak nyata bagi masyarakat.

Koordinasi ini bertujuan untuk menghimpun pandangan strategis dari Kementerian Kesehatan terkait RB Tematik Peningkatan Kualitas dan Akses Layanan Kesehatan dalam kerangka Grand Design Reformasi Birokrasi 2025–2045. Selain itu, koordinasi ini juga membahas berbagai masukan penting, mulai dari mekanisme kerja RB Tematik Kesehatan, identifikasi permasalahan tata kelola kesehatan dalam lima tahun mendatang, isu pemerataan akses dan mutu layanan primer, integrasi data serta digitalisasi layanan, hingga potensi pilot project di daerah tertentu sebagai laboratorium RB Tematik Kesehatan. Penyelarasan dengan target SDGs dan indikator global kesehatan, serta penyusunan indikator kinerja yang lebih komprehensif, juga menjadi bagian dari agenda pembahasan.

Turut hadir dalam kegiatan ini Asisten Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PANRB Agus Uji Hantara; Guru Besar Universitas Gadjah Mada Gabriel Lele; serta perwakilan dari Pusat Kebijakan Sistem Ketahanan Kesehatan (Pusjak SKK), Sumber Daya Kesehatan (SDK), Pusat Kebijakan Strategi dan Tata Kelola Kesehatan Global Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan (BKPK) Kementerian Kesehatan RI.