Foto: don/byu/HUMAS MENPANRB
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo didampingi Deputi bidang Pelayanan Publik Diah Natalisa menyerahkan hasil evaluasi pelayanan publik di wilayah II di Jakarta, Jumat (22/11). Piagam penghargaan diserahkan kepada unit penyelenggara pelayanan publik yang mendapat hasil evaluasi dengan predikat A (Pelayanan Prima) sebanyak delapan unit pelayanan publik, 40 unit pelayanan publik mendapatkan predikat Sangat Baik (A-), serta empat kepala daerah yang mendapakan penghargaan sebagai pembina pelayanan publik terbaik.
Pada kesempatan tersebut, Menteri PANRB Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa salah satu kunci keberhasilan pelayanan prima terletak pada pimpinan. Kepala daerah atau kepala OPD harus berani membuat terobosan, melakukan pemangkasan pada hal-hal yang bersifat rutinitas, serta memangkas birokrasi agar pelayanan publik semakin cepat dan masyarakat merasa puas dengan kinerja pelayanan.
Turut hadir dalam acara tersebut, Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Hamli Kursani, Sekretaris Deputi Pelayanan Publik Devi Anantha, Asisten Deputi bidang Koordinasi Pelaksanaan, Kebijakan, dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah I Noviana Andrina, Asisten Deputi bidang Koordinasi Pelaksanaan, Kebijakan, dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah II Jeffrey Erlan Muller, Asisten Deputi bidang Koordinasi Pelaksanaan, Kebijakan, dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah III Damayani Tyastianti, Kepala Biro MKOK Hidayah Azmi Nasution, serta segenap bupati dan wali kota penerima hasil evaluasi pelayanan publik.