14/09/2015 08:46:02
Dinkominfo-Pemerintah Kota Surabaya melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana berkomitmen dalam mengembangkan Usaha Kecil dan Menengah dan Kelompok Swadaya Masyarakat. Salah satunya melalui Seleksi Pekan Kreatif Srikandi yang digelar di Taman Bungkul, Sabtu (12/9).
Para KSM diberi fasilitas untuk memamerkan produk unggulan mereka empat minggu berturut-turut. Setiap minggunya, UKM dan KSM binaan Bapemas dan KB tiap kecamatan secara bergantian menjual produk mereka.
Dari semua UKM akan dipilih 20 besar yang nantinya mempresentasikan perkembangan UKM dan KSM mereka di hadapan dewan juri. Dari 20 besar akan dipilih tiga besar yang pada November diberi penganugerahan.
Nanis Chairani, Kepala Bapemas dan KB kota Surabaya dalam laporannya mengatakan, acara tersebut digelar sebagai bentuk apresiasi dan program pembinaan Bapemas dan KB kepada UKM dan KSM yang ada di kota Surabaya. Para UKM yang hadir merupakan UKM yang memulai menjalankan usaha setelah mendapat pelatihan.
Nanis berharap para UKM selalu berkembang dan melakukan inovasi. Ia juga berharap LPPM STIESIA dalam melakukan penjualan dapat memberi motivasi UKM yang sedang berkembang.
Sementara itu Tri Rismaharini, Walikota Surabaya dalam sambutannya mengatakan, dengan menghidupkan kelompok2 KSM perempuan diharapkan dapat membantu perekonomian keluarga. Menurutnya, menjadi karakteristik usaha kecil yang dikembangkan ibu-ibu dengan tidak membuka lowongan kerja, melainkan mengajak ibu-ibu lain untuk mengajak ibu-ibu yang lain.
Menurut Walikota, beberapa UKM berhasil dan sukses hingga perekonomian keluarga bertambah. Ia mengaku, Surabaya tidak terpengaruh oleh lesunya perekonomian dunia. Ekonomi di Surabaya juga digerakkan oleh ekonomi mikro. Ia memberikan semangat tidak mudah, bukan tidak bisa. Usai sambutan, Walikota mengunjungi satu persatu stan yang ada di tengah Taman Bungkul. (pri)
Sumber : www.surabaya.go.id