DENPASAR - Wakil Menteri PAN dan RB Eko Prasojo dalam kunjungan kerjanya di Bali, (20/2) melakukan peninjauan di Pusat Pelayanan Publik Kota Denpasar yang baru selesai dbangun, dan seminggu ditempati.
Gedung Pusat Pelayanan Publik Kota Denpasar, yang terletak di Jl. Surapati No. 4 Denpasar Bali, memiliki 3 lantai, lantai 1 dipergunakan untuk seluruh pelayanan Umum, Perijinan, Kependudukan dan Catatan Sipil, Lantai 2 untuk layanan pengaduan, dinas perijinan dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Lantai 3 untuk Dinas Kominfo dan Dinas Perindag.
Gedung yang beridiri megah itu dilengkapi sarana dan prasaranya yang memadai, dengan ruang tunggu yang nyaman, tempat parkir luas, dan sistem informasinya sudah jalan. Untuk mengatre tidak perlu berdiri, tetapi duduk di sofa yang nyaman.
Hal itu merupakan salah satu wujud nyata dari motto “Sewaka Dharma” yang mengandung prinsip pelayanan merupakan kewajiban. Motto itu juga tercermin dalam bentuk pelayanan yang ramah dari para petugasnya.
Menurut Walikota Denpasar I.B. Rai Dharmawijaya Mantra, semua pelayanan Pemerintah Kota Denpasar dipusatkan di satu gedung yang memiliki 3 lantai, sehingga masyarakat dengan mudah dapat dilayani. Para karyawan yang melayani dipilih berdasarkan hasil assesment center.
Wakil Menteri PAN-RB sempat mewawancarai beberapa karyawan. Dalam dialognya mereka merasa bangga dan senang bisa terpilih sebagai petugas pelayanan.
Eko Prasojo juga berdialog dengan pemohon ijin, yakni Made Sumantra yang sedang mengurus ijin usaha transportasi. “Sekarang prosesnya sangat mudah dan cepat,” Made.
Hal senada juga diungkapkan Rini, yang sedang mengurus kepindahannya dari Bogor ke Denpasar.
Kepada wartawan, Eko Prasojo mengungkapkan kekagumannya terhadap pusat pelayanan di Kota Denpasar yang baru ini. “Pelayanan yang bagus, dan sebagai best practices dalam pelayanan publik,” ujarnya. (swd/ HUMAS MENPAN-RB)