JAKARTA - Wajah kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi semakin menunjukkan sikap yang ramah terhadap tamu yang berkunjung ke kantor ini. Setidaknya hal itu ditunjukkan melalui penataan area parkir, ruang loby, serta beberapa ruangan yang terus dibenahi.
Suasana itu sebenarnya mulai terasa sejak awal tahun 2012, yang memberikan tempat parkir bagi tamu di halaman depan loby. Sebelumnya, tempat itu dipergunakan untuk parkir mobil pejabat eselon I Kementerian PAN-RB.
Sedangkan di loby, para tamu tidak perlu takut akan mendapat pelayanan yang tidak menyenangkan. Petugas selalu menyapa setiap tamu yang hadir, dan siap menghubungi pejabat maupun pegawai yang akan ditemui tamu tersebut.
Di sebelah loby, kini sudah ada ruangan Media Center yang terasa sejuk dan nyaman. Ruangan itu sedianya akan dimanfaatkan sebagai pusat informasi dalam kampanye publik mengenai reformasi birokrasi, serta ajang bertukar informasi bagi para stakeholders. Para wartawan dapat memanfaatkan tempat itu, karena berbagai fasilitas tersedia. Selain ruang untuk jumpa pers, disediakan ruang rapat, perpustakaan mini, ruang computer,ruang tamu, dapur dan ada pegawai yang siap memberikan pelayanan kepada jurnalis.
Tidak berlebihan kalau ada kementerian/lembaga/pemda yang menilai pelayanan di Kementerian PAN-RB sebagai percontohan. Bahkan Sestama sebuah LPNK, yang beberapa waktu mengirimkan pegawainya untuk melakukan studi banding.
Upaya mempercantik wajah Kementerian PAN-RB, bukan saja dilakukan sebatas area parkir dan loby. Hal itu sejalan dengan semangat reformasi birokrasi yang sejak beberapa tahun terakhir telah dilaksanakan di Kementerian PAN-RB. Semua itu tak lepas dari kenyataan bahwa kementerian ini menjadi lokomotif gerbong reformasi birokrasi nasional, yang dituntut bisa menjadi contoh bagi instansi pemerintah lain di seluruh tanah air. (ags/HUMAS MENPAN-RB)