Surabaya (1/7). Kementerian PANRB memperoleh penghargaan Stand Terbaik katagori Instansi Vertikal/Pusat pada Gelar Pameran Pelayanan Publik 2013 Jatim yang berlangsung di Surabaya, tanggal 28-30 Juni 2013. Piagam penghargaan dan Throphy diserahkan langsung oleh Sekda mewakili Gubernur Jawa Timur kepada Kepala Biro Hukum dan Humas, Muhammad Imanuddin pada acara penutupan Gelar Pelayanan Publik Sabtu siang (30/6) di hall utama Pameran, Lapangan Kodam V Brawijaya.
Dalam sambutan penutupannya, Sekda Jatim mengingatkan kembali komitmen para Bupati/Walikota se Jawa Timur mengenai upaya bersama dengan Pemerintah Provinsi dalam peningkatan pelayanan publik sebagai wujud nyata dari reformasi birokrasi. Lebih lanjut Sekda Jatim mengatakan, prestasi Provinsi Jatim sebagai provinsi yang mendapat ranking I dalam peningkatan pelayanan publik merupakan tantangan berat dan harus dijawab oleh kerja keras.
Kementerian PANRB terpilih memperoleh stand terbaik menyisihkan sejumlah instansi vertikal/pusat yang mengikuti Gelar Pameran Pelayanan Publik, seperti Ombudsman, KPK, Kantor Pelayanan Pajak, BKN Regional II. Menurut Panitia Pameran, Nurkholis, terpilihnya Kementerian PANRB memperoleh stand terbaik, tidak lepas dari gagasan dan kreativitas yang unik serta dinamisnya petugas stand yang mampu mengelola agenda pameran menjadi cukup menarik, sehingga memperoleh kunjungan yang ramai diantara stand lainnya.
Sementara itu Kepala Biro Hukum dan Humas pada kesempatan yang sama menyatakan, bahwa pemberian penghargaan tersebut merupakan momentum yang baik untuk lebih menggelorakan gerakan reformasi birokrasi, sekaligus sebagai sarana memotivasi dan penghargaan teman-teman untuk terus berkreasi dan meningkatkan prestasinya.
Merupakan Agenda Tetap 2 Tahunan
Kegiatan Gelar Pameran Pelayanan Publik merupakan agenda tetap 2 tahunan sejak tahun 2004. Yang diikuti oleh 38 Kabupaten Kota Se Jawa Timur dan instansi vertikal yang ada di Jawa Timur. Ketika pembukaan kegiatan ini, Gubernur Soekarwo menyampaikan " Pemaren pelayanan publik ini bertujuan untuk memberikan informasi langsung kepada masyarakat, demi mewujudkan Reformasi birokrasi dan pemberdayaan SDM aparatur menuju Pemerintahan Jawa timur yang bersih dan melayani "
Pada acara yang sama, Wiharto, Staf Ahli Bidang Sistem Manajemen Kementerian PANRB yang mewakili MenPANRB memuji Provinsi Jawa Timur sebagai provinsi pelayanan publik terbaik di Indonesia. Lebih lanjut Wiharto menyampaikan pesan Menteri PANRB agar provinsi jawa timur meningkatkan mendorong pembangunan Citizen’s Charter oleh penyelenggara pelayanan dengan pihak yang dilayani dalam hal ini masyarakat, " Citizen’s Charter adalah suatu pendekatan dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang menempatkan pengguna layanan sebagai pusat perhatian, " demikian Wiharto menambahkan. (Im/sgt/Biro Hukmas)