Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Mirawati Sudjono
JAKARTA – Melalui Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) No. 51/2016, Kementerian PANRB menetapkan Top 99 inovasi pelayanan publik, dari 2.476 inovasi peserta kompetisi inovasi pelayanan publik 2016. Saat ini, tengah dilakukan penilaian menuju Top 35.
Demikian dikatakan Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Mirawati Sudjono dalam jumpa pers di Jakarta, Senin (14/03). “Kompetisi inovasi pelayanan publik 2016 merupakan agenda tahunan, yang diselenggarakan sejak tahun 2014,” ujar nya.
Dijelaskan, kompetisi ini merupakan wujud dari program one agency, one inovation(OAOI), yang mewajibkan setiap kementerian, lembaga, pemerintah provinsi, kabupaten/kota wajib menciptakan minimal satu inovasi setiap tahun. Untuk mendapatkan instansi mana yang sudah berinovasi, maka digelarlah kompetisi inovasi. Kompetisi serupa juga dilear secara international, yakni Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), yang dikenal dengan United Nation Public Services Award (UNPSA).
Mirawati menyampaikan apresiasi kepada instansi yang sudah mendaftarkan inovasinya dalam kompetisi ini. “Saya sangat mengapresiasi instansi yang sudah mendaftarkan inovasinya dalam kompetisi inovasi pelayanan publik tahun ini,” ujarnya.
Dia menegaskan, dengan adanya kompetisi ini, maka setiap intansi harus berusaha menciptakan minimal satu inovasi. Pemerintah melalui Menteri PANRB akan menegur intstansi yang tidak mengirimkan atau mendaftarkan satupun inovasi dalam kompetisi. “Jika tidak mengirim akan ditegur oleh Menteri PANRB, seperti tahun lalu,” ujarnya.
Animo intansi untuk mengikut kompetisi ini, semakin tinggi. Pada 2014 ada 515 inovasi yang yang dikompetisikan dan menghasilkan Top 99 serta Top 9. Penyerahan penghargaan kepada Top 9 dilakukan oleh Menteri PANRB dalam acara penutupan Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2014.
Pada 2015, jumlah peserta meningkat menjadi 1.184 inovasi, dan menghasilkan Top 9 dan Top 99. Penyerahan penghargaan kepada Top 25 disampaikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, pada penutupan Musrenbangnas 2015.
Hal yang berbeda dengan sebelumnya, tahun ini BUMN juga diundang untuk ikut sebagai peserta kompetisi. Dari total 2.476 inovasi yang ikut, sudah ditetapkan Top 99, yang kini tengah dievaluasi untuk mendapatkan Top 35. “Kami berharap Presiden Joko Widodo berkenan memberikan penghargaan untuk inovasi yang terpilih sebagai top 99 dan top 35,” ujar Mira.
Mirawati berharap setiap intsansi saling meniru, mentransfer dan mengaplikasikan inovasi-inovasi yang sudah dibuat. Karena itu Kementerian PANRB bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan menggelar simposium dan gelar inovasi pelayanan publik. “Acara tersebut akan digelar di Surabaya pada tanggal 31 Maret – 2 April 2016,” imbuh Mira, seraya menambahkan bahwa dalam acara itu, para inovator Top 99 akan tampil untuk menyampaikan inovasinya.
Sebagai wujud apresiasi, Kementerian PANRB akan menerbitkan buku Top 99. “Hal yang baik perlu dicontek. Begitu pula dengan inovasi. Karena itu, silakan hadir dan melihat inovasi dan gelar pelayanan publik di Surabaya,” imbuhnya. (vd/HUMAS MENPANRB)
Jumlah Peserta Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2016
Instansi | Jumlah Inovasi | Masuk Top 99 |
Kementerian | 180 inovasi | 11 inovasi |
Lembaga | 352 inovasi | 5 inovasi |
Provinsi | 400 inovasi | 25 inovasi |
Kabupaten | 1.077 inovasi | 40 inovasi |
Kota | 426 inovasi | 13 inovasi |
BUMN | 41 inovasi | 5 inovasi |
Jumlah | 2.476 inovasi | 99 inovasi |
Peserta yang inovasinya masuk Top 99 lebih dari satu
Kementerian ESDM | 3 Inovasi |
Badan Pusat Statistik (BPS) | 2 Inovasi |
Provinsi Jatim | 14 Inovasi |
Kab Bangka | 3 Inovasi |
Kab. Bojonegoro | 3 inovasi |
Kab. Bandung | 3 inovasi |
PT Pelindo III | 2 inovasi |
LAMPIRAN | |||
KEPUTUSAN MENTERI | |||
PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA | |||
DAN REFORMASI BIROKRASI | |||
NOMOR 51 TAHUN 2016 | |||
TENTANG PENETAPAN TOP 99 INOVASI | |||
PELAYANAN PUBLIK TAHUN 2016 | |||
TOP 99 INOVASI PELAYANAN PUBLIK TAHUN 2016
|
|||
NO. |
JUDUL INOVASI |
INSTANSI |
UNIT INOVASI PELAYANAN |
A. KEMENTERIAN | |||
1 |
Ketuk Pintu Rumah Kantor Pertanahan Kabupaten Kepulauan Selayar |
Kementerian Agraria dan Tata Ruang |
Kantor Pertanahan Kabupaten Kepulauan Selayar |
2 |
Layanan Sabtu Minggu |
Kementerian Agraria dan Tata Ruang |
Kantor Pertanahan Kabupaten Tangerang |
3 |
Registrasi Sertifikat Laik Operasi Online Untuk Mempercepat Sambungan dan Mencegah Bahaya Listrik |
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral |
Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan |
4 |
Minerba One Map Indonesia (MOMI) |
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral |
Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara |
5 |
"E-Lelang Blok Migas" - Penawaran Wilayah Kerja Minyak dan Gas Bumi dengan Sistem Lelang Elektronik Online |
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral |
Direktorat Jenderal Minyak & Gas Bumi |
6 |
Publikasi Formasi Jabatan Notaris Secara Real Time |
Kementerian Hukum dan HAM |
Direktorat Perdata Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum |
7 |
FIDUSIA CHECKING CETAR (Cepat dan Transparan) |
Kementerian Hukum dan HAM |
Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum |
8 |
Transparansi dan Realtime Data Penerimaan Negara melalui Aplikasi Monitoring Transaksi MPN G-2 (DASHBOARD MPN G-2) |
Kementerian Keuangan |
Direktorat Sistem Perbendaharaan |
9 |
Media Center Kreatif (Layanan Informasi dan Pengaduan Berbasis Kasih Sayang) |
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi |
Biro Hukum dan KIP |
10 |
Jaring Pengaduan Konsumen |
Kementerian Perdagangan |
Direktorat Pemberdayaan Konsumen, Direktorat Jenderal Standardisasi dan Perlindungan Konsumen |
11 |
Sistem Informasi Pelayanan (SIP) Baristand Industri Surabaya |
Kementerian Perindustrian |
Balai Riset dan Standardisasi Industri Surabaya |
B. LEMBAGA
|
|||
12 |
Panic Button On Hand Polres Malang Kota |
Kepolisian Republik Indonesia |
Polres Malang Kota |
13 |
SKCK Keliling Polres Aceh Besar |
Kepolisian Republik Indonesia |
Unit Pelayanan Satuan Intelkam Polres Aceh Besar |
14 |
Wajah Baru website BPS se-Indonesia: Easy to Manage, Multi Devices, Dynamic Table, dan Multi View |
Badan Pusat Statistik |
Direktorat Diseminasi Statistik |
15 |
Forum Konsultasi Publik Sebagai Inovasi Baru Pengumpulan Data Dalam Pemutakhiran Basis Data Terpadu 2015 |
Badan Pusat Statistik |
Direktorat Ketahanan Sosial, Deputi Bidang Statistik Sosial |
16 |
Aplikasi Mobile Statistik Papua Barat |
Badan Pusat Statistik |
BPS Provinsi Papua Barat |
C. PROVINSI
|
|||
17 |
Proses Pengesahan 5 Tahunan Di Samsat Pembantu Maguwo |
Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta |
Kantor Pelayanan Pajak Daerah Sleman |
18 |
Kami Datang, Penglihatan Terang |
Pemerintah Provinsi Bali |
RS Mata Bali Mandara |
19 |
Meningkatkan Kepatuhan Berobat Pasien Diabetes Mellitus Melalui Gendis System Di Poli Penyakit Tidak Menular (PTM) Puskesmas Kecamatan Cengkareng |
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta |
UPTD Puskesmas Kecamatan Cengkareng |
20 |
Kota Yang Terbuka Untuk Kota Yang Lebih Cerdas |
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta |
Unit Pengelola Jakarta Smart City Dinas Komunikasi Informatika dan Kehumasan |
21 |
Wajah Baru Layanan Perpustakaan Umum Jawa Barat |
Pemerintah Provinsi Jawa Barat |
Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah |
22 |
“PACAR BINAL” (Pangkalan Cari Izin Bagi Nelayan) Implementasi pelayanan perizinan perikanan pada Gerai Investasi UPT PTSP BPMD Provinsi Jawa Tengah Study Kasus di BPPT Kota Tegal |
Pemerintah Provinsi Jawa Tengah |
UPT PTSP Badan Penanaman Modal Daerah |
23 |
Jatim ProMag (Jawa Timur Pro Magang Kerja) |
Pemerintah Provinsi Jawa Timur |
Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan |
24 |
UNDER WATER RESTOCKING Peningkatan Potensi Sumberdaya Ikan melalui Penebaran Benih Ikan di dasar laut |
Pemerintah Provinsi Jawa Timur |
Dinas Perikanan dan Kelautan |
25 |
Jalin Matra (Jalan Lain Menuju Mandiri Dan Sejahtera) Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan |
Pemerintah Provinsi Jawa Timur |
Badan Pemberdayaan Masyarakat |
26 |
Klinik Kumkm Jatim Model Solusi Nasional Pemberdayaan Koperasi & UMKM |
Pemerintah Provinsi Jawa Timur |
Dinas Koperasi dan UMKM |
27 |
Menjebol Dokumen Kapal |
Pemerintah Provinsi Jawa Timur |
Dinas Perikanan dan Kelautan |
28 |
Apel Baja (Aplikasi Pelayanan Pengadaan Barang/Jasa) |
Pemerintah Provinsi Jawa Timur |
UPT Pelayanan Pengadaan Barang Jasa |
29 |
BRAVO PALA INDONESIA BERMUTU, Solusi menghilangkan Notifikasi Pala Indonesia |
Pemerintah Provinsi Jawa Timur |
Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah (OKKP-D) |
30 |
Ini Lo Pak De Inovasi Laboratorium Pengelolaan Keuangan Daerah |
Pemerintah Provinsi Jawa Timur |
Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah |
31 |
“SINTA” Sistem Inter-Operabilitas Database Jembatan Timbang dengan UPKB |
Pemerintah Provinsi Jawa Timur |
Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan |
32 |
Layanan Samsat On The Spot (SOS) KB. Samsat Karang Ploso |
Pemerintah Provinsi Jawa Timur |
KB. Samsat Karang Ploso Dinas Pendapatan Daerah |
33 |
Jatimnomics solusi menghadapi ekonomi global |
Pemerintah Provinsi Jawa Timur |
Biro Perekonomian Sekretariat Daerah |
34 |
MLM Pasung "Cara Cepat Jawa Timur Bebas Pasung" |
Pemerintah Provinsi Jawa Timur |
RSJ MENUR |
35 |
Persalinan Lancar dan Nyaman dengan STIPUTS BRA (Stimulus Puting Susu Bra) |
Pemerintah Provinsi Jawa Timur |
RSUD Saiful Anwar Malang |
36 |
KUBERSERI (Kusta diBerantas dengan Serologi) |
Pemerintah Provinsi Jawa Timur |
RS Kusta Sumberglagah |
37 |
Instalasi Pengaduan Masyarakat sebagai Guider Komplain Publik |
Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan |
Instalasi Pengaduan Masyarakat RSUD Ulin |
38 |
Rumah Sakit Keliling (Mobile Clinic) Dinas Kesehatan Provinsi Lampung |
Pemerintah Provinsi Lampung |
Dinas Kesehatan |
39 |
Temukan Arsip Dalam 3 Menit |
Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat |
Bagian Kesekretariatan dan PDE Biro Umum Sekretariat Daerah |
40 |
Tigo Tungku Sejerangan Sebagai Upaya Pengobatan TB MDR |
Pemerintah Provinsi Sumatera Barat |
RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi |
41 |
SILAM-SAT |
Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan |
UPTD Rumah Sakit Khusus Mata Masyarakat Dinas Kesehatan |
D. KABUPATEN
|
|||
42 |
Si MaNEiS (Sidoarjo Maternal dan Neonatal Emergency SMS GATEWAY) |
Pemerintah Kabupaten Sidoarjo |
RSUD Kabupaten Sidoarjo |
43 |
CSR Untuk Rakyat |
Pemerintah Kabupaten Aceh Barat |
BAPPEDA |
44 |
Cegah Kanker Serviks Perempuan Tersenyum |
Pemerintah Kabupaten Badung |
Dinas Kesehatan |
45 |
SIM Data AMPL Bangka, Tak Lekang Oleh Waktu |
Pemerintah Kabupaten Bangka |
BAPPEDA |
46 |
Nyaman Stop Babs (Buang Air Besar Sembarangan) Dibalik Kocokan Arisan “Ibu” |
Pemerintah Kabupaten Bangka |
Dinas Kesehatan |
47 |
Kurangi Resiko Kecacatan Dan Kematian Melalui Layanan Gawat Darurat Oleh PSC SPGDT Yang Berbasis IT |
Pemerintah Kabupaten Bangka |
UPTD Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu Dinas Kesehatan |
48 |
SIMPATEN Sistem Informasi dan Manajemen Pelayanan Adminisrasi Terpadu Kecamatan |
Pemerintah Kabupaten Banjar |
UPT Kecamatan Martapura Timur |
49 |
PUJASERA (pergunakan jamban sehat, rakyat aman) |
Pemerintah Kabupaten Banyuwangi |
UPTD Puskesmas Tampo Dinas Kesehatan |
50 |
SIRAMI GIZI (Aksi ramah peduli dan Pemulihan terhadap gizi) |
Pemerintah Kabupaten Banyuwangi |
UPTD Puskesmas Singotrunan Dinas Kesehatan |
51 |
Pembinaan Dan Pelayanan Kesehatan Pada Komunitas Adat Terpencil Suku Anak Dalam Melalui Team Mobile Di Kabupaten Batang Hari Provinsi Jambi |
Pemerintah Kabupaten Batanghari |
Dinas Kesehatan |
52 |
Pelayanan Geriatri Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Hidup Pasien Lanjut Usia Di Rumah Sakit Umum Daerah Cibinong |
Pemerintah Kabupaten Bogor |
RSUD Cibinong |
53 |
Kelola Sampah Hasilkan Berkah |
Pemerintah Kabupaten Bojonegoro |
Dinas Kebersihan dan Pertamanan |
54 |
Kreatif Bersama Pokdakan Japung |
Pemerintah Kabupaten Bojonegoro |
Dinas Peternakan dan Perikanan |
55 |
Peningkatan Kualitas Pelayanan di Rumah Sakit dengan SELASIH (Sehat dengan Layanan Welas Asih) |
Pemerintah Kabupaten Bojonegoro |
RSUD Dr.R.Sosodoro Djatikoesoemo |
56 |
Menggapai Asa Bersama Umi Persameda Dan Bunda Kespro |
Pemerintah Kabupaten Bondowoso |
Dinas Kesehatan |
57 |
Public Service Center Dinas Kesehatan Boyolali |
Pemerintah Kabupaten Boyolali |
Dinas Kesehatan |
58 |
Gerak Cepat,Cermat Dan Tepat Pelayanan Rawat Jalan 10 Menit Di Upt Puskesmas Sampang Kabupaten Cilacap |
Pemerintah Kabupaten Cilacap |
UPT Puskesmas Sampang Dinas Kesehatan |
59 |
GEBRAK (Gerakan Bekerja Untuk Rakyat) |
Pemerintah Kabupaten Dairi |
Sekretariat Daerah Kabupaten Dairi |
60 |
Pemberdayaan Masyarakat dalam Bidang Pendidikan melalui Program CERDAS |
Pemerintah Kabupaten Deli Serdang |
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga |
61 |
Kakekku Datang |
Pemerintah Kabupaten Gresik |
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil |
62 |
“One Stop Service Toilet”, Trendsetter Gaya Hidup Remaja Peduli Kesehatan Reproduksi |
Pemerintah Kabupaten Gunungkidul |
UPTD SMK Negeri 3 Wonosari |
63 |
Pengembangan Klinik Konsultasi Agribisnis |
Pemerintah Kabupaten Gunungkidul |
Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan (BP2KP) |
64 |
Si MIDUN Ke FASKES |
Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan |
Dinas Kesehatan |
65 |
Mengganti Beras Miskin (Raskin) Menjadi Beras Daerah (Rasda) Di Kabupaten Kulonprogo |
Pemerintah Kabupaten Kulonprogo |
Dinas Pertanian |
66 |
Kelompok Asuh Keluarga Binangun (KAKB) |
Pemerintah Kabupaten Kulonprogo |
Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPDPKB) |
67 |
MBAK RITA (Tambak Direvitalisasi) |
Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara |
Dinas Kelautan dan Perikanan |
68 |
HOME CARE PERMATA |
Pemerintah Kabupaten Malang |
UPTD Puskesmas Turen Dinas Kesehatan |
69 |
INTAN SATU SAKA |
Pemerintah Kabupaten Pamekasan |
Dinas Peternakan |
70 |
Jempol Mancep Layanan Cepet, Cepat Tuntas Tanpa Kertas |
Pemerintah Kabupaten Probolinggo |
UPT Puskesmas Sumber Asih Dinas Kesehatan |
71 |
Matahari Untuk Kaum Papa Di Purbalingga |
Pemerintah Kabupaten Purbalingga |
UPTD SMK Negeri 3 |
72 |
Pemberdayaan Masyarakat Melalui "Pos Gita" Dalam Pencegahan Gizi Buruk Di Kecamatan Sejangkung Kabupaten Sambas Provinsi Kalimantan Barat |
Pemerintah Kabupaten Sambas |
UPTD Puskesmas Sejangkung |
73 |
"Respon Cepat Perbaiki Jalan Rusak" |
Pemerintah Kabupaten Siak |
Dinas Bina Marga dan Pengairan |
74 |
Percepatan Penanganan Masalah Gizi Melalui Rumah Pemulihan Gizi |
Pemerintah Kabupaten Situbondo |
Dinas Kesehatan |
75 |
Bergandengan Tangan Menyelamatkan Ibu Dan Bayi Baru Lahir Di Kabupaten Tangerang |
Pemerintah Kabupaten Tangerang |
Dinas Kesehatan |
76 |
Weekend Service dan One Day Service |
Pemerintah Kabupaten Tangerang |
Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP) |
77 |
Kemitraaan Kelompok Tani Ternak Dan Pusat Kesehatan Hewan Pada Posyandu Ternak “Kahuripan” Desa Pematang Nebak Kecamatan Bulok Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung |
Pemerintah Kabupaten Tanggamus |
Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan |
78 |
Sungaiku Bersih dan Sehat |
Pemerintah Kabupaten Tapin |
Dinas Kesehatan |
79 |
Inovasi Program Keluarga Asuh “One on One”: Dari Keluarga Diaspora untuk Keluarga Indonesia |
Pemerintah Kabupaten Tegal |
UPTD SMP Negeri 4 Bumijawa |
80 |
Pemberdayaan Sekolah Sebagai Laboratorium Budi Pekerti Melalui Program "Langit Biru" |
Pemerintah Kabupaten Tuban |
UPTD SMP Negeri 3 |
81 |
INSTAGRAM (Instalasi Gawat Darurat Modern) |
Pemerintah Kabupaten Tulungagung |
RSUD dr. Iskak |
E. KOTA
|
|||
82 |
Kebermanfaatan TPA Manggar Untuk Semua |
Pemerintah Kota Balikpapan |
UPTD TPA Sampah Manggar Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman |
83 |
Gemas Kota Bandung Wujudkan Masyarakat Cerdas Mandiri |
Pemerintah Kota Bandung |
Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah |
84 |
FROM ZERO TO HERO : “Membangun Generasi Cinta Sehat di Sekolah yang Siap Membangun Negeri : Tinjauan program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Puskesmas Talagabodas Kota Bandung” |
Pemerintah Kota Bandung |
Dinas Kesehatan |
85 |
OMABA (Ojek Makanan Balita) - Penanganan Gizi Buruk Melalui OMABA dan COOKING CENTER di UPT Puskesmas Riung Bandung |
Pemerintah Kota Bandung |
UPT Puskesmas Riung Dinas Kesehatan |
86 |
"CANDU ASMARA" (beCAk posyaNDU Angkutan Swadaya MAsyaRAkat) |
Pemerintah Kota Banjar |
UPT Kelurahan Mekarsari |
87 |
Pembangunan Sanitasi Layak Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah |
Pemerintah Kota Banjarbaru |
Dinas Pekerjaan Umum |
88 |
e-Reporting Pengendalian Pembangunan Pemerintah Kota Cimahi |
Pemerintah Kota Cimahi |
BAPPEDA |
89 |
Bank Sampah Matahari |
Pemerintah Kota Madiun |
UPT Kelurahan Winongo Kecamatan Manguharjo |
90 |
Home Care (Pelayanan kesehatan ke Rumah 24 Jam) |
Pemerintah Kota Makassar |
Dinas Kesehatan |
91 |
Pelayanan Antidiskriminasi |
Pemerintah Kota Pontianak |
RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie |
92 |
“3 in 1 Pelayanan Publik” (Pusat Informasi Publik Kota Semarang) |
Pemerintah Kota Semarang |
Pusat Informasi Publik |
93 |
Rumah Bahasa |
Pemerintah Kota Surabaya |
Bagian Kerjasama Sekretariat Daerah |
94 |
Penerangan Jalan Umum Hemat Energi Di Tingkat RT-RW (Pju Lingkungan) |
Pemerintah Kota Yogyakarta |
Dinas Kimpraswil |
F. BADAN USAHA MILIK NEGARA/DAERAH
|
|||
95 |
Inovasi Pelayanan Prima Bandara |
PT Angkasa Pura I (Persero) |
Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai |
96 |
Transformasi Pelabuhan Pontianak Melalui Pembenahan Terminal Petikemas |
PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) |
Terminal Petikemas Pelabuhan Pontianak |
97 |
Implementasi Sistem Polder Dan Drainase Untuk Mengurangi Banjir Rob Di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang |
PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) |
Pelabuhan Tanjung Emas Semarang |
98 |
Gapura Surya Nusantara: Pionir Modernisasi Terminal Penumpang Kapal Laut Nasional |
PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) |
Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya |
99 |
Aplikasi Info PLN Berbasis Sistem Operasi Perangkat Bergerak Android Dan Ios, Akses Informasi Dan Pelayanan Pelanggan Kelistrikan PT PLN (Persero) Secara Gratis Menggunakan Ponsel Pintar Untuk Masyarakat Di Seluruh Indonesia |
PT PLN (Persero) |
PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya & Tangerang |