Pin It

20160314 jumpa pers Mirawati

Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Mirawati Sudjono

JAKARTA – Melalui Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) No. 51/2016, Kementerian PANRB menetapkan Top 99 inovasi pelayanan publik, dari 2.476 inovasi peserta kompetisi inovasi pelayanan publik 2016. Saat ini, tengah dilakukan penilaian menuju Top 35.

Demikian dikatakan Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Mirawati Sudjono dalam jumpa pers di Jakarta, Senin (14/03). “Kompetisi inovasi pelayanan publik 2016 merupakan agenda tahunan, yang diselenggarakan sejak tahun 2014,”  ujar nya.

Dijelaskan, kompetisi ini merupakan wujud dari program one agency, one inovation(OAOI), yang mewajibkan setiap kementerian, lembaga, pemerintah provinsi, kabupaten/kota wajib menciptakan minimal satu inovasi setiap tahun. Untuk mendapatkan instansi mana yang sudah berinovasi, maka digelarlah kompetisi inovasi.  Kompetisi serupa juga dilear secara international, yakni Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), yang dikenal dengan United Nation Public Services Award (UNPSA).

Mirawati menyampaikan apresiasi kepada instansi yang sudah mendaftarkan inovasinya dalam kompetisi ini. “Saya sangat mengapresiasi instansi yang sudah mendaftarkan inovasinya dalam kompetisi inovasi pelayanan publik tahun ini,” ujarnya.

Dia menegaskan, dengan adanya kompetisi ini, maka setiap intansi harus berusaha menciptakan minimal satu inovasi. Pemerintah melalui Menteri PANRB akan menegur intstansi yang tidak mengirimkan atau mendaftarkan satupun inovasi dalam kompetisi. “Jika tidak mengirim akan ditegur oleh Menteri PANRB, seperti tahun lalu,” ujarnya.

Animo intansi untuk mengikut kompetisi ini, semakin tinggi. Pada 2014 ada 515 inovasi yang yang dikompetisikan dan menghasilkan Top 99 serta Top 9. Penyerahan penghargaan kepada Top 9 dilakukan oleh Menteri PANRB dalam acara penutupan Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrenbangnas)  2014.

Pada 2015, jumlah  peserta meningkat menjadi 1.184 inovasi, dan menghasilkan Top 9 dan Top 99. Penyerahan penghargaan kepada Top 25 disampaikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, pada penutupan Musrenbangnas 2015.

Hal yang berbeda dengan sebelumnya, tahun ini BUMN juga diundang untuk ikut sebagai peserta kompetisi. Dari total 2.476 inovasi yang ikut, sudah ditetapkan Top 99, yang kini tengah dievaluasi untuk mendapatkan Top 35. “Kami berharap Presiden Joko Widodo berkenan memberikan penghargaan untuk inovasi yang terpilih sebagai top 99 dan top 35,” ujar Mira.

Mirawati berharap setiap intsansi saling meniru, mentransfer dan mengaplikasikan inovasi-inovasi yang sudah dibuat.  Karena itu Kementerian PANRB bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan menggelar simposium dan gelar inovasi pelayanan publik. “Acara tersebut akan digelar di Surabaya pada tanggal  31 Maret – 2 April 2016,” imbuh Mira, seraya menambahkan bahwa dalam acara itu, para inovator Top 99 akan tampil untuk menyampaikan inovasinya.

Sebagai wujud apresiasi, Kementerian PANRB akan menerbitkan buku Top 99. “Hal yang baik perlu dicontek. Begitu pula dengan inovasi. Karena itu, silakan hadir dan melihat  inovasi dan gelar pelayanan publik di Surabaya,” imbuhnya. (vd/HUMAS MENPANRB)

 

Jumlah Peserta Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2016

Instansi Jumlah Inovasi Masuk Top 99
Kementerian 180 inovasi 11 inovasi
Lembaga 352 inovasi 5 inovasi
Provinsi 400 inovasi 25 inovasi
Kabupaten 1.077 inovasi 40 inovasi
Kota 426 inovasi 13 inovasi
BUMN 41 inovasi 5 inovasi
Jumlah 2.476 inovasi 99 inovasi

 

Peserta yang inovasinya masuk Top 99 lebih dari satu 

Kementerian ESDM 3 Inovasi
Badan Pusat Statistik (BPS) 2  Inovasi
Provinsi Jatim 14 Inovasi
Kab Bangka 3 Inovasi
Kab. Bojonegoro 3 inovasi
Kab. Bandung 3 inovasi
PT Pelindo III 2 inovasi

 

 

 

 

 

      LAMPIRAN
      KEPUTUSAN MENTERI
      PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA
      DAN REFORMASI BIROKRASI
      NOMOR 51 TAHUN 2016
      TENTANG PENETAPAN TOP 99 INOVASI
      PELAYANAN PUBLIK TAHUN 2016
       
TOP 99 INOVASI PELAYANAN PUBLIK TAHUN 2016
 

NO.

JUDUL INOVASI

INSTANSI

UNIT INOVASI PELAYANAN

A. KEMENTERIAN

1

Ketuk Pintu Rumah Kantor Pertanahan Kabupaten Kepulauan Selayar

Kementerian Agraria dan Tata Ruang

Kantor Pertanahan Kabupaten Kepulauan Selayar

2

Layanan Sabtu Minggu

Kementerian Agraria dan Tata Ruang

Kantor Pertanahan Kabupaten Tangerang

3

Registrasi Sertifikat Laik Operasi Online Untuk Mempercepat Sambungan dan Mencegah Bahaya Listrik

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral

Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan

4

Minerba One Map Indonesia (MOMI)

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral

Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara

5

"E-Lelang Blok Migas" - Penawaran Wilayah Kerja Minyak dan Gas Bumi dengan Sistem Lelang Elektronik Online

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral

Direktorat Jenderal Minyak & Gas Bumi

6

Publikasi Formasi Jabatan Notaris Secara Real Time

Kementerian Hukum dan HAM

Direktorat Perdata Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum

7

FIDUSIA CHECKING CETAR (Cepat dan Transparan)

Kementerian Hukum dan HAM

Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum

8

Transparansi dan Realtime Data Penerimaan Negara  melalui Aplikasi Monitoring Transaksi MPN G-2 (DASHBOARD MPN G-2)

Kementerian Keuangan

Direktorat Sistem Perbendaharaan

9

Media Center Kreatif (Layanan Informasi dan Pengaduan Berbasis Kasih Sayang)

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi

Biro Hukum dan KIP

10

Jaring Pengaduan Konsumen

Kementerian Perdagangan

Direktorat Pemberdayaan Konsumen, Direktorat Jenderal Standardisasi dan Perlindungan Konsumen

11

Sistem Informasi Pelayanan (SIP) Baristand Industri Surabaya

Kementerian Perindustrian 

Balai Riset dan Standardisasi Industri Surabaya

B. LEMBAGA

12

Panic Button On Hand Polres Malang Kota

Kepolisian Republik Indonesia

Polres Malang Kota

13

SKCK Keliling Polres Aceh Besar

Kepolisian Republik Indonesia

Unit Pelayanan Satuan Intelkam Polres Aceh Besar

14

Wajah Baru website BPS se-Indonesia: Easy to Manage, Multi Devices, Dynamic Table, dan Multi View

Badan Pusat Statistik

Direktorat Diseminasi Statistik

15

Forum Konsultasi Publik Sebagai Inovasi Baru Pengumpulan Data Dalam Pemutakhiran Basis Data Terpadu 2015

Badan Pusat Statistik

Direktorat Ketahanan Sosial, Deputi Bidang Statistik Sosial

16

Aplikasi Mobile Statistik Papua Barat

Badan Pusat Statistik

BPS Provinsi Papua Barat

C. PROVINSI

17

Proses Pengesahan  5 Tahunan Di Samsat Pembantu Maguwo

Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Kantor Pelayanan Pajak Daerah Sleman

18

Kami Datang, Penglihatan Terang

Pemerintah Provinsi Bali

RS Mata Bali Mandara

19

Meningkatkan Kepatuhan Berobat Pasien Diabetes Mellitus Melalui Gendis System Di Poli Penyakit Tidak Menular (PTM) Puskesmas Kecamatan Cengkareng

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

UPTD Puskesmas Kecamatan Cengkareng

20

Kota Yang Terbuka Untuk Kota Yang Lebih Cerdas

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

Unit Pengelola Jakarta Smart City Dinas Komunikasi Informatika dan Kehumasan

21

Wajah Baru Layanan Perpustakaan Umum Jawa Barat

Pemerintah Provinsi Jawa Barat

Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah

22

“PACAR BINAL” (Pangkalan Cari Izin Bagi Nelayan) Implementasi pelayanan perizinan perikanan pada Gerai Investasi UPT PTSP BPMD Provinsi Jawa Tengah  Study Kasus di BPPT Kota Tegal

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah

UPT PTSP Badan Penanaman Modal Daerah

23

Jatim ProMag (Jawa Timur Pro Magang Kerja)

Pemerintah Provinsi Jawa Timur

Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan

24

UNDER WATER RESTOCKING  Peningkatan Potensi Sumberdaya Ikan  melalui Penebaran Benih Ikan di dasar laut

Pemerintah Provinsi Jawa Timur

Dinas Perikanan dan Kelautan

25

Jalin Matra  (Jalan Lain Menuju Mandiri Dan Sejahtera) Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan

Pemerintah Provinsi Jawa Timur

Badan Pemberdayaan Masyarakat

26

Klinik Kumkm Jatim Model Solusi Nasional  Pemberdayaan Koperasi & UMKM

Pemerintah Provinsi Jawa Timur

Dinas Koperasi dan UMKM

27

Menjebol Dokumen Kapal

Pemerintah Provinsi Jawa Timur

Dinas Perikanan dan Kelautan

28

Apel Baja (Aplikasi Pelayanan Pengadaan Barang/Jasa)

Pemerintah Provinsi Jawa Timur

UPT Pelayanan Pengadaan Barang Jasa

29

BRAVO PALA INDONESIA BERMUTU, Solusi menghilangkan Notifikasi Pala Indonesia

Pemerintah Provinsi Jawa Timur

Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah (OKKP-D)

30

Ini Lo Pak De Inovasi Laboratorium Pengelolaan Keuangan Daerah

Pemerintah Provinsi Jawa Timur

Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah

31

“SINTA” Sistem Inter-Operabilitas Database Jembatan Timbang dengan UPKB

Pemerintah Provinsi Jawa Timur

Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

32

Layanan Samsat On The Spot (SOS) KB. Samsat Karang Ploso

Pemerintah Provinsi Jawa Timur

KB. Samsat Karang Ploso Dinas Pendapatan Daerah

33

Jatimnomics solusi menghadapi ekonomi global

Pemerintah Provinsi Jawa Timur

Biro Perekonomian Sekretariat Daerah

34

MLM Pasung "Cara Cepat Jawa Timur Bebas Pasung"

Pemerintah Provinsi Jawa Timur

RSJ MENUR

35

Persalinan Lancar dan Nyaman dengan STIPUTS BRA (Stimulus Puting Susu Bra)

Pemerintah Provinsi Jawa Timur

RSUD Saiful Anwar Malang

36

KUBERSERI (Kusta diBerantas dengan Serologi)

Pemerintah Provinsi Jawa Timur

RS Kusta Sumberglagah  

37

Instalasi Pengaduan Masyarakat sebagai Guider Komplain  Publik

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan

Instalasi Pengaduan Masyarakat RSUD Ulin

38

Rumah Sakit Keliling (Mobile Clinic) Dinas Kesehatan Provinsi Lampung

Pemerintah Provinsi Lampung

Dinas Kesehatan

39

Temukan Arsip Dalam 3 Menit

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat

Bagian Kesekretariatan dan PDE Biro Umum Sekretariat Daerah

40

Tigo Tungku Sejerangan Sebagai Upaya Pengobatan TB MDR

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat

RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi 

41

SILAM-SAT

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

UPTD Rumah Sakit Khusus Mata Masyarakat Dinas Kesehatan

D. KABUPATEN

42

Si MaNEiS (Sidoarjo Maternal dan Neonatal Emergency SMS GATEWAY)

Pemerintah Kabupaten Sidoarjo

RSUD Kabupaten Sidoarjo

43

CSR Untuk Rakyat

Pemerintah Kabupaten Aceh Barat

BAPPEDA

44

Cegah Kanker Serviks Perempuan Tersenyum

Pemerintah Kabupaten Badung

Dinas Kesehatan

45

SIM Data AMPL Bangka, Tak Lekang Oleh Waktu

Pemerintah Kabupaten Bangka

BAPPEDA

46

Nyaman Stop Babs (Buang Air Besar Sembarangan)  Dibalik Kocokan Arisan “Ibu”

Pemerintah Kabupaten Bangka

Dinas Kesehatan

47

Kurangi Resiko Kecacatan Dan Kematian Melalui Layanan Gawat Darurat Oleh PSC SPGDT Yang Berbasis IT

Pemerintah Kabupaten Bangka

UPTD Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu Dinas Kesehatan

48

SIMPATEN Sistem Informasi dan Manajemen Pelayanan Adminisrasi Terpadu Kecamatan

Pemerintah Kabupaten Banjar

UPT Kecamatan Martapura Timur

49

PUJASERA (pergunakan jamban sehat, rakyat aman)

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi

UPTD Puskesmas Tampo Dinas Kesehatan

50

SIRAMI GIZI (Aksi ramah peduli dan Pemulihan terhadap gizi)

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi

UPTD Puskesmas Singotrunan Dinas Kesehatan

51

Pembinaan Dan Pelayanan Kesehatan Pada Komunitas Adat Terpencil Suku Anak Dalam Melalui Team Mobile  Di Kabupaten Batang Hari Provinsi Jambi

Pemerintah Kabupaten Batanghari

Dinas Kesehatan

52

Pelayanan Geriatri Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Hidup Pasien Lanjut Usia Di Rumah Sakit Umum Daerah Cibinong

Pemerintah Kabupaten Bogor

RSUD Cibinong

53

Kelola Sampah Hasilkan Berkah

Pemerintah Kabupaten Bojonegoro

Dinas Kebersihan dan Pertamanan

54

Kreatif Bersama Pokdakan Japung

Pemerintah Kabupaten Bojonegoro

Dinas Peternakan dan Perikanan

55

Peningkatan Kualitas Pelayanan di Rumah Sakit dengan SELASIH (Sehat dengan Layanan Welas Asih)

Pemerintah Kabupaten Bojonegoro

RSUD Dr.R.Sosodoro Djatikoesoemo

56

Menggapai Asa Bersama Umi Persameda Dan Bunda Kespro

Pemerintah Kabupaten Bondowoso

Dinas Kesehatan

57

Public Service Center Dinas Kesehatan Boyolali

Pemerintah Kabupaten Boyolali

Dinas Kesehatan

58

Gerak Cepat,Cermat Dan Tepat Pelayanan Rawat Jalan 10 Menit Di Upt Puskesmas Sampang  Kabupaten Cilacap

Pemerintah Kabupaten Cilacap

UPT Puskesmas Sampang Dinas Kesehatan

59

GEBRAK (Gerakan Bekerja Untuk Rakyat)

Pemerintah Kabupaten Dairi

Sekretariat Daerah Kabupaten Dairi

60

Pemberdayaan Masyarakat dalam Bidang Pendidikan melalui Program CERDAS

Pemerintah Kabupaten Deli Serdang

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

61

Kakekku Datang

Pemerintah Kabupaten Gresik

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

62

“One Stop Service Toilet”, Trendsetter Gaya Hidup Remaja Peduli Kesehatan Reproduksi

Pemerintah Kabupaten Gunungkidul

UPTD SMK Negeri 3 Wonosari

63

Pengembangan Klinik Konsultasi Agribisnis

Pemerintah Kabupaten Gunungkidul

Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan (BP2KP)

64

Si MIDUN Ke FASKES

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan

Dinas Kesehatan

65

Mengganti Beras Miskin (Raskin) Menjadi Beras Daerah (Rasda) Di Kabupaten Kulonprogo

Pemerintah Kabupaten Kulonprogo

Dinas Pertanian

66

Kelompok Asuh Keluarga Binangun (KAKB)                             

Pemerintah Kabupaten Kulonprogo

Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPDPKB)

67

MBAK RITA (Tambak Direvitalisasi)

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Dinas Kelautan dan Perikanan

68

HOME CARE PERMATA

Pemerintah Kabupaten Malang

UPTD Puskesmas Turen Dinas Kesehatan

69

INTAN SATU SAKA

Pemerintah Kabupaten Pamekasan

Dinas Peternakan

70

Jempol Mancep Layanan Cepet, Cepat Tuntas Tanpa Kertas

Pemerintah Kabupaten Probolinggo

UPT Puskesmas Sumber Asih Dinas Kesehatan

71

Matahari Untuk Kaum Papa Di Purbalingga

Pemerintah Kabupaten Purbalingga

UPTD SMK Negeri 3

72

Pemberdayaan Masyarakat Melalui "Pos Gita" Dalam Pencegahan Gizi Buruk Di Kecamatan Sejangkung Kabupaten Sambas Provinsi Kalimantan Barat

Pemerintah Kabupaten Sambas

UPTD Puskesmas Sejangkung

73

"Respon Cepat Perbaiki Jalan Rusak"

Pemerintah Kabupaten Siak

Dinas Bina Marga dan Pengairan

74

Percepatan Penanganan Masalah Gizi Melalui Rumah Pemulihan Gizi

Pemerintah Kabupaten Situbondo

Dinas Kesehatan

75

Bergandengan Tangan Menyelamatkan Ibu Dan Bayi Baru Lahir Di Kabupaten Tangerang

Pemerintah Kabupaten Tangerang

Dinas Kesehatan

76

Weekend Service dan One Day Service

Pemerintah Kabupaten Tangerang

Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP)

77

Kemitraaan Kelompok Tani Ternak Dan Pusat Kesehatan Hewan Pada Posyandu Ternak “Kahuripan” Desa Pematang Nebak Kecamatan Bulok Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung

Pemerintah Kabupaten Tanggamus

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan

78

Sungaiku Bersih dan Sehat

Pemerintah Kabupaten Tapin

Dinas Kesehatan

79

Inovasi Program Keluarga Asuh “One on One”: Dari Keluarga Diaspora untuk Keluarga Indonesia

Pemerintah Kabupaten Tegal

UPTD SMP Negeri 4 Bumijawa

80

Pemberdayaan Sekolah Sebagai Laboratorium Budi Pekerti Melalui Program "Langit Biru"

Pemerintah Kabupaten Tuban

UPTD SMP Negeri 3

81

INSTAGRAM (Instalasi Gawat Darurat Modern)

Pemerintah Kabupaten Tulungagung

RSUD dr. Iskak

E. KOTA

82

Kebermanfaatan TPA Manggar Untuk Semua

Pemerintah Kota Balikpapan

UPTD TPA Sampah Manggar Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman

83

Gemas Kota Bandung Wujudkan Masyarakat Cerdas Mandiri

Pemerintah Kota Bandung

Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah

84

FROM ZERO TO HERO : “Membangun Generasi Cinta Sehat di Sekolah yang Siap Membangun Negeri : Tinjauan program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Puskesmas Talagabodas Kota Bandung”

Pemerintah Kota Bandung

Dinas Kesehatan

85

OMABA (Ojek Makanan Balita) - Penanganan Gizi Buruk Melalui OMABA dan COOKING CENTER di UPT Puskesmas Riung Bandung

Pemerintah Kota Bandung

UPT Puskesmas Riung Dinas Kesehatan

86

"CANDU ASMARA" (beCAk posyaNDU Angkutan Swadaya MAsyaRAkat)

Pemerintah Kota Banjar

UPT Kelurahan Mekarsari 

87

Pembangunan Sanitasi Layak Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah

Pemerintah Kota Banjarbaru

Dinas Pekerjaan Umum 

88

e-Reporting Pengendalian Pembangunan Pemerintah Kota Cimahi

Pemerintah Kota Cimahi

BAPPEDA

89

Bank Sampah Matahari

Pemerintah Kota Madiun

UPT Kelurahan Winongo Kecamatan Manguharjo

90

Home Care (Pelayanan kesehatan ke Rumah 24 Jam)

Pemerintah Kota Makassar

Dinas Kesehatan

91

Pelayanan Antidiskriminasi

Pemerintah Kota Pontianak

RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie

92

“3 in 1 Pelayanan Publik” (Pusat Informasi Publik Kota Semarang)

Pemerintah Kota Semarang

Pusat Informasi Publik

93

Rumah Bahasa

Pemerintah Kota Surabaya

Bagian Kerjasama Sekretariat Daerah

94

Penerangan Jalan Umum Hemat Energi Di Tingkat RT-RW (Pju Lingkungan)

Pemerintah Kota Yogyakarta

Dinas Kimpraswil

F. BADAN USAHA MILIK NEGARA/DAERAH

95

Inovasi Pelayanan Prima Bandara

PT  Angkasa Pura I (Persero)

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai

96

Transformasi  Pelabuhan Pontianak Melalui Pembenahan Terminal Petikemas

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)

Terminal Petikemas Pelabuhan Pontianak

97

Implementasi Sistem Polder Dan Drainase Untuk Mengurangi Banjir Rob Di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero)

Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

98

Gapura Surya Nusantara: Pionir Modernisasi Terminal Penumpang Kapal Laut Nasional

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero)

Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya

99

Aplikasi Info PLN Berbasis Sistem Operasi Perangkat Bergerak Android Dan Ios, Akses Informasi Dan Pelayanan Pelanggan Kelistrikan PT PLN (Persero) Secara Gratis Menggunakan Ponsel Pintar Untuk Masyarakat Di Seluruh Indonesia

PT PLN (Persero)

PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya & Tangerang