Wakil Menteri PANRB Purwadi Arianto saat mengunjungi MPP Kota Banjarbaru, Kamis (17/04/2025).
BANJARBARU - Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Purwadi Arianto melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (17/04/2025). Ditengah kunjungan itu, Purwadi berkesempatan untuk meninjau sejumlah layanan publik yang ada di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Banjarbaru, UPPD Samsat Banjarmasin II, dan Polres Banjarbaru.
Adapun kunjungan tersebut untuk memastikan langsung pelayanan kepada masyarakat berjalan dengan optimal, serta berdampak langsung kepada masyarakat. Di Banjarbaru, Wamen Purwadi mengunjungi Polres Banjarbaru dan MPP Kota Banjarbaru.
Sebagai informasi MPP Kota Banjarbaru merupakan MPP ke-49 yang diresmikan pada 7 Desember 2021. Hingga saat ini MPP Kota Banjarbaru menyediakan 33 tenan dengan 43 petugas tenan dan 1.382 layanan. Wamen Purwadi memberikan apresiasi kepada ASN dan pemberi layanan yang telah bertugas dengan baik.
Menurutnya, dengan jumlah tenan yang bergabung dengan semangat yang proaktif, partnership dapat terus menambah instansi-instansi yang bisa berkolaborasi. “Kemudian, nantinya akan dapat memberi pelayanan yang terbaik buat masyarakat melalui pelayanan-pelayanan unggul yang disampaikan oleh instansi masing-masing. Tentunya dari pusat melihat ini sebagai suatu kemajuan,” ungkapnya.
MPP yang berlokasi di Jl. Husni Thamrin No. 1 itu juga diharapkan menjadi contoh bagi kabupaten/kota lainnya untuk mengintegrasikan semua layanan baik instansi vertikal, BUMN, BUMD dan swasta maupun instansi daerah dalam satu pintu.
“Saya berharap di tempat-tempat lain, Mal Pelayanan Publik terus bertambah. Nantinya ini akan menjadi contoh buat kota/kabupaten yang belum ada dan bisa getok tular. Bisa dicontoh, kemudian disimulasi, sehingga nantinya bisa menyebar ke tempat lain,” ujarnya Wakil Menteri Purwadi.
Beberapa masyarakat yang datang, lanjutnya, mereka merasa puas dengan layanan yang diberikan karena waktu pelayanan yang singkat (tidak berbelit), tempat yang bagus dan lengkap. “Sehingga di Mal Pelayanan Publik sekali datang bisa melayani banyak. Satu tempat untuk semua,” imbuhnya.
Sementara itu di Polres Banjarbaru, Purwadi mendorong untuk layanan penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM), dan Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) dapat ditingkatkan. Purwadi juga menyapa masyarakat yang tengah mengurus perizinan.
Selanjutnya, unit layanan publik lainnya yang dikunjungi, yakni UPPD Samsat Banjarmasin II. Disana, Mantan Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri ini menyempatkan untuk berdialog dengan beberapa pengunjung yang hendak melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor.
Unit layanan publik yang terletak di Jl. Brigjen H. Hasan Basri No.7 Kayutangi, Banjarmasin ini memiliki beberapa keunggulan, diantaranya yakni ruang pelayanan kelompok rentan, Samsat keliling sore, dan Samsat Bayar Malam (SAMALAM) yang memberikan pelayanan pada puku 16.00 hingga 20.30 WITA.
Dipastikan, layanan yang diberikan cepat dan mudah serta tidak berbelit. Selain itu, pada kesempatan itu, pengunjung juga diminta untuk mengisi Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) untuk menilai kinerja pelayanan. (fik/HUMAS MENPANRB)