Prosesi pelantikan Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Otok Kuswandaru, Jumat (11/10).
JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas resmi melantik Otok Kuswandaru sebagai Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB. Pada kesempatan itu, Anas menekankan pentingnya peran Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB membangun sinergi untuk memastikan pelayanan publik semakin baik dan merata.
“Kolaborasi lintas sektor menjadi kunci keberhasilan. Deputi yang baru dilantik diharapkan mampu membangun sinergi dengan semua pihak, baik pusat maupun daerah, untuk memastikan pelayanan publik semakin baik dan merata,” ujarnya saat memberikan sambutan dalam Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian PANRB, Jumat (11/10).
Menteri Anas menjelaskan Deputi Bidang Pelayanan Publik memegang peran strategis dalam menghadirkan pelayanan yang prima. Di era digital ini, tuntutan masyarakat semakin tinggi. Masyarakat mengharapkan layanan yang cepat, efisien, dan transparan.
Kesuksesan transformasi digital tidak hanya bergantung pada teknologi, tetapi juga pada kepemimpinan yang kuat. Deputi yang dilantik hari ini diharapkan mampu memastikan transformasi ini berjalan menyeluruh dan nyata dirasakan oleh masyarakat.
Lebih lanjut dijelaskan, pelayanan publik harus merata di seluruh daerah, termasuk daerah terpencil. Inisiatif seperti Mal Pelayanan Publik (MPP) dan LAPOR! menjadi bagian penting dari reformasi yang harus terus didorong untuk menjawab kebutuhan masyarakat.
“Ujung dari kesibukan birokrasi kita, kegiatan-kegiatan yang banyak, adalah bagaimana pelayanan publik yang semakin dirasakan oleh masyarakat. Tentu untuk mencapai target ini perlu ada KPI, terobosan baru, cara-cara baru yang membawa kita mewujudkan pelayanan publik berdampak,” tuturnya.
Sementara itu, Deputi Pelayanan Publik Kementerian PANRB Otok Kuswandaru mengungkapkan siap untuk mengawal perbaikan kualitas layanan publik sesuai dengan harapan Presiden yang diterjemahkan Menteri PANRB. Mantan Deputi Bidang Pengawasan dan Pengendalian Badan Kepegawaian Negara (BKN) ini mengatakan akan membangun kolaborasi lintas sektor dan bersinergi dengan pusat maupun daerah.
“Pelayanan publik tidak hanya diukur dari sisi pemerintah saja tetapi bagaimana kepuasan masyarakat itu harus kita pahami sebagai hal yang sangat krusial. Maka kolaborasi lintas sektor, lintas instansi harus terus kita dorong untuk mewujudkan target kerja di bidang layanan publik sesuai dengan harapan masyarakat,” pungkasnya. (rum/HUMAS MENPANRB)