Menteri Yuddy saat blusukan di sejumlah unit pelayanan publik di Manado, Selasa (01/12)
MANADO - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi meminta agar Pemda Sulawesi Utara (Sulut) terus meningkatkan pelayanan publik dengan sebaik-baiknya. "Layani masyarakat dengan baik. Lakukan terobosan inovasi yang mempercepat pelayanan," kata Yuddy, Selasa (01/12).
Hal itu disampaikan Yuddy saat memberikan arahan kepada seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara. Dalam kesempatan itu, Yuddy didampingi oleh Deputi Bidang Pelayanan Publik Mirawati Sudjono dan Deputi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan M. Yusuf Ateh, serta Asisten III Sekretaris Daerah Pemda Sulut Christiano E. Talumepa.
Yuddy juga mengajak Pemda Sulut untuk ikut dalam kompetisi inovasi pelayanan publik yang diselenggarakan Kementerian PANRB. "Ikutilah kompetisi inovasi pelayanan publik ini, sehingga bisa melihat kemajuan yang ada. Kalau mengikuti inovasi ini akan ada ide-ide dan gagasan yang bisa dikembangkan," kata Yuddy.
Yuddy mengaku bangga karena survei masyarakat terhadap kinerja birokrasi sudah memuaskan. Namun, menurutnya, kepuasan terhadap pelayanan di Sulawesi Utara masih di bawah 50 persen. Untuk itu, diperlukan perbaikan yang signifikan.
"Manado ini kan lokasinya sangat strategis, baik sumber daya manusianya dan sumber daya alamnya. Kalau birokrasinya lambat, siapa yang mau berinvestasi? Apakah selamanya Pemda mau mengandalkan subsidi APBD," kata Yuddy.
Sementara itu, Asisten III Sekda Sulut Christiano E. Talumepa mengapresiasi pelaksanaan kompetisi inovasi ini. Menurutnya, kompetisi ini bisa memberikan pencerahan dalam pelayanan publik untuk bisa lebih baik lagi.
"Saya sangat gembira dengan penyelenggaraan acara ini dan sangat apresiasi karena Sulawesi Utara dipilih sebagai lokasi kegiatan ini. Ini wujud perhatian Kementerian PANRB dalam upaya peningkatan pelayanan publik kepada masyarakat," kata Christiano. (ns/HUMAS MENPANRB)