Pin It

20150112-Yuddy Chrisnandi - Maluku-pelayanan publik
AMBON - Semangat yang besar ditunjukan Pemerintah Kota Ambon dalam meningkatkan pelayanan publik. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi mencanangkan tahun 2015 sebagai tahun pelayanan publik Kota Ambon, Senin (12/01)

Pencanangan ini diselenggarakan di Islamic Center Kota ambon dengan dihadiri 500 orang yang terdiri dari Gubernur Provinsi Maluku Said Assegaff, Walikota Ambon Richard Louhenapessy, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Ambon, dan Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Kota Ambon.

Pelayanan publik yang baik hanya dapat diwujudkan jika memiliki aparatur yang baik pula. Dengan adanya berbagai aturan yang mengikat, hendaknya dijalankan dengan sebaik-baiknya. "Dengan adanya revolusi mental dan karakter, akan membentuk aparatur sipil negara yang lebih disiplin, budaya organisasi yang lebih responsif dan melayani," jelas Yuddy.

Selain itu, dibutuhkan juga keteladanan. "Pelayanan publik harus memberika keteladanan," ujar Yuddy. Setelah adanya keteladanan, dibutuhkan pengawasan. Yuddy menambahkan bahwa dibutuhkan kinerja yang aktif dan preventif guna mencegah terjadinya penyimpangan.

Yang terakhir, perlu dibentuk sistem reward dan punishment. Pemerintah perlu membuat program-program untuk meningkatkan kinerja pegawai.

Acara pencanangan ini diakhiri dengan penyematan pin pelayanan publik kepada empat perwakilan pegawai. Kegiatan diteruskan dengan sosialisasi pelayanan publik dan kompetisi inovasi pelayanan publik. Acara serupa juga telah dilakukan pada pagi hari di Pemprov Maluku di Baileo Siwalima dengan dihadiri Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi Maluku dan Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Provinsi Maluku. (rr/ HUMAS MENPANRB)