Pin It

20170425 kabupaten Gorontalo8

Menteri Asman Abnur menyempatkan diri  mengunjungi sejumlah penyelanggara pelayanan publik, dalam rangkaian kunjungan kerjanya di kabupaten Gorontalo, Selasa (25/04), termasuk Kantor Pertanahan  Kabupaten Gorontalo

 

GORONTALO - Usai libur panjang, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur meninjau sejumlah unit pelayanan publik di Kabupaten/Kota Gorontalo, Selasa (25/04). Hal ini untuk memastikan pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan.

Dalam kunjungannya tersebut, Menteri Asman berpesan kepada petugas yang langsung bersentuhan dengan masyarakat untuk memberikan pelayanan yang baik. "Layani mereka dengan senyum," ujar Menteri yang  didampingi Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo dan Wakil Bupati Fadli Hasan. 

Menteri Asman mengimbau supaya ASN mengubah pola pikir dan budaya kerja, karena  ASN merupakan pelayan rakyat, sehingga harus menomorsatukan pelayanan kepada masyarakat. Masyarakat yang datang seharusnya mendapatkan kepastian pelayanan, seperti  layanan yang ada di bank. "Orang yang datang disambut dengan senyum dan tahu akan kemana dan selesainya kapan. Standarnya seperti bank, pelayanannya jelas. Jadi nanti tidak boleh kalah dengan swasta," ujar Menteri PANRB.

Sejumlah unit pelayanan di Kabupaten Gorontalo antara lain Kantor Imigrasi Kelas I Gorontalo, Samsat Kabupaten Gorontalo, Polres Gorontalo, Dinas Dukcapil Kabupaten Gorontalo, Kantor BPN Kabupaten Gorontalo, Badan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo, dan RSMM Dunda.

Di Kantor Imigrasi, Menteri menyempatkan diri berdialog dengan masyarakat yang mengurus paspor untuk berangkat haji. "Ngurus apa bu? Selesai berapa hari?" tanya Menteri.

Wanita paruh baya tersebut menjawab sambil senyum, "Paspor pak, tiga hari sudah jadi," jawabnya.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Gorontalo Agus Soenaryono mengutarakan kendala yang dihadapi dalam memberikam pelayanan yakni sistem jaringan. Di wilayah Gorontalo, sering mengalami gangguan jaringan sehingga untuk layanan online sedikit terhambat.

Selanjutnya, Menteri Asman beranjak ke Kantor Samsat Kabupaten Gorontalo. Di sini, pelayanan sudah dipenuhi oleh masyarakat yang akan membayar pajak kendaraan bermotor ataupun mengurus BPKB. Namun terlihat antriannya tertib, karena sudah menggunakan sistem nomor antrian.

Menteri Asman berlanjut ke Polres Gorontalo. Kapolda Gorontalo Rachmat Fudail menyambut kedatangan Menteri. Di tempat ini, Menteri Asman meninjau pelayanan SKCK dan berbincanh dengan masyarakat yang sedang mengurus SKCK yang akan digunakan sebagai salah satu sarat untuk mencari kerja.

Kemudian Menteri Asman meninjau pelayanan Dinas Dukcapil Kabupaten Gorontalo, Kantor Pertanahan BPN Kabupaten Gorontalo, Badan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo, dan RSMM Dunda. Menteri Asman mengapresiasi Badan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo karena inovasinya masuk dalam Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2017. Menteri Asman mendorong agar ASN terus berpikir kreatif dan berinovasi untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi. (rr/HUMAS MENPANRB)