Pin It

20170420 MENTERI Press Conference 1

 

Menteri Asman Abnur didampingi Deputi Pelayanan Publik Diah Natalisa dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (20/04)

 

JAKARTA – Melalui Keputusan Menteri PANRB No. 20/2017 tentang Penetapan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2017, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menetapkan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2017. Top 99 ini terdiri dari 20 kementerian, 3 lembaga, 21 provinsi, 34 kabupaten, 15 kota, 2 BUMN, dan 4 BUMD.

Meski mengalami penurunan jumlah inovasi yang masuk Top 99, namun Provinsi Jawa Timur kembali mendominasi. Tahun lalu, Jawa Timur menempatkan 14 inovasi, kali ini masih ada enam inovasi yang berhasil masuk Top 99, dan berhasil mengalahkan pesaing yang lain. Belum lagi sembilan inovasi dari pemerintah kabupaten dan tiga dari Kota di wilayah Jawa Timur yang berhasil lolos sampai tahap ini.

Untuk kategori Kementerian, kali ini Kementerian Kesehatan menempatkan empat inovasi pelayanan publik. Menteri Pendayagunaan AParatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur mengatakan, Kompetisi inovasi pelayanan publik merupakan agenda tahunan, yang diselenggarakan sejak tahun 2014.

Hal ini merupakan wujud dari program One Agency, One Innovation yang mewajibkan K/L dan Pemerintah Daerah untuk menciptakan minimal satu inovasi setiap tahunnya. "Inovasi dalam pemerintahan menjadi suatu keharusan untuk memperbaiki kinerja dan meningkatkan kualitas pelayanan publik agar masyarakat merasakan kehadiran negara," ujarnya dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (20/04).

Animo instansi untuk mengikuti kompetisi ini selalu meningkat dari tahun ke tahun. Pada 2014, tercatat 515 inovasi yang dikompetisikan, menghasilkan Top 99 dan Top 9. Pada 2015, meningkat menjadi 1.184 inovasi, menghasilkan Top 99 dan Top 25. Sementara tahun 2016, jumlah peserta meningkat menjadi 2.476 inovasi, dan menghasilkan Top 99 dan Top 35.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Pelayanan Publik Diah Natalisa mengungkapkan, dalam kompetisi tahun 2017 ini, tercatat 3.054 inovasi pelayanan publik yang terdaftar melalui aplikasi Sistem Informasi Inovasi Pelayanan Publik (SiNovik). Dari hasil seleksi administrasi, terdapat 1.373 inovasi yang lolos ke tahap selanjutnya. Dari jumlah itu, dilakukan desk evaluation oleh Tim Evaluasi, yang terdiri dari para dosen senior perguruan tinggi yang berpengalaman sebagai asesor pada perguruan tinggi. Hasilnya, terpilih 150 proposal dengan nilai tertinggi untuk diserahkan kepada Tim Panel Independen.

Tim yang diketuai oleh mantan Kapala Lembaga Administrasi Negara (LAN) J.B. Kristiadi ini terdiri dari figur dari berbagai profesi dan mempunyai minat dalam pelayanan pelayanan publik, seperti mantan Wamen PANRB Eko Prasojo, Siti Zuhro dan lain-lain. Tim Panel Independen melakukan review kemudian memilih Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2017. Tidak mudah untuk mencapai Top 99, yang pada dasarnya merupakan inovasi terbaik di tingkat nasional. Namun, Kementerian PANRB akan memilih 40 Jawara Inovasi yang merupakan inovasi terbaik tahun 2017 ini.

Untuk menuju Top 40, inovator harus mengikuti presentasi dan wawancara. Kehadiran pucuk pimpinan kementerian, lembaga, provinsi, kabupaten/kota atau BUMN dalam prsentasi merupakan nilai lebih. Sebab hal itu menunjukkan komitmen dari pimpinan tertinggi serta pemahaman terhadap inovasi di instansi yang dipimpinnya. Presentasi dan wawancara akan dilangsungkan di Kementerian PANRB, mulai Kamis tanggal 20 April sampai dengan 5 Mei 2017. Secara bergantian Para inovator Top 99 akan berhadapan dengan Tim Panel Independen selama 30 menit. Untuk lebih memastikan inovasi itu benar-benar berjalan, juga akan dilakukan peninjauan ke lapangan.

Menurut rencana, penyerahan penghargaan Top 40 akan dilakukan pada bulan Juni, yang diharapkan bisa diserahkan langsung Presiden Joko Widodo dirangkai dnegan International Public Service Exhibition (IPSE) 2017. Pameran akbar inovasi pelayanan publik untuk memamerkan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2017 di Jakarta Convention Center. (rr/HUMAS MENPANRB)

 

TOP 99 INOVASI PELAYANAN PUBLIK TAHUN 2017

NO.

JUDUL INOVASI

 

INSTANSI UNIT INOVASI PELAYANAN PUBLIK
  1. KEMENTERIAN
1 119 – Kolaborasi Nasional Layanan Emergensi Medik di Indonesia Kementerian Kesehatan Direktorat Pelayanan Kesehatan Rujukan, Direktort Jenderal Bina Upaya Kesehatan
2 3 In 1 Kariadi Peduli Kementerian Kesehatan RSUP dr. Kariadi Semarang
3 AKOEPUNTUR (Aplikasi Kompetensi Turunan) CPO Miniplant Kementerian Perindustrian SMK – SMTI Banda Aceh
4 Aplikasi Lapor Diri WNI Terintegrasi Secara Online pada Perwakilan RI se-Jerman Kementerian Luar Negeri Kedutaan Besar RI Berlin
5 Aplikasi Sistem Informasi Database Bantuan Hukum (SIDBANKUM) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Badan Pembinaan Hukum Nasional
6 Hemat 60 % Biaya Energi Dengan Alat Pembuat Gas Batubara Bersih di Industri Kecil Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Mineral dan Batubara
7 Ini Mobil SIANI – Sahabat Setia Petani Kementerian Pertanian Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan Surabaya, Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian
8 INTI (Inovasi Terintegrasi) Layanan Pertanahan Pemalang #SemakinCepatdanMudah Kementerian Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional Kantor Pertanahan Kabupaten Pemalang
9 KAKAP Untuk Layanan Administrasi Pertahanan Terpadu Kementerian Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional Kantor Pertanahan Kabupaten Gresik
10 KIARKOD: Tracking Order Sistem Informasi Pelayanan Jasa B4T Kementerian Perindustrian Balai Besar Bahan dan Barang Teknik
11 Laboratorium Manajemen Data Kementerian Kesehatan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan
12 MAGMA (Multiplatform Application for Geohazard Mitigation and Assessment) Indonesia Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Badan Geologi
13 Pemanfaatan Serat Eceng Gondok dalam Pembuatan Soket Kaki dan Tangan Palsu (Prostesis) Kementerian Kesehatan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jakarta I
14 PRIOQ KLIK Kementerian Pertanian Balai Besar Karantina Pertanian Tanjung Priok
15 Ratu Bestari (Kerapihan, Keteratutan, Kebersihan, Kelestarian dan Kedisiplinanan) untuk Tata Kerja yang Lebih Efisien dan Efektif Kementerian Sosial Panti Sosial Bina Karya Pangudi Luhur Bekasi
16 RISOL GEPENG MAS Kementerian Sosial Panti Sosial Bina Karya Pangudi Luhur Bekasi
17 SIBIMA KONSTRUKSI (Sistem Informasi Belajar Intensif Mandiri Bidang Konstruksi) Kementerin Pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat Balai Penerapan Teknologi Konstruksi , Direktorat Jenderal Bina Konstruksi
18 SINERGI Desa (Sistem Informasi Energi Desa) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi
19 SIPUHH: Mewujudkan Tata Kelola Kehutanan Kementerian Lingkuangan Hidup dan Kehutanan Direktorat Iuran dan Peredaran Hasil Hutan, Direktorat Jendral Pengelolaan Hutan Produksi Lestari
20 Teknologi E-Filing Renewal Trademark di Indonesia Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual
  1. LEMBAGA
21 BPKB Delivery Kepolisian Negara Republik Indonesia Kepolisian Resir Brebes
22 E-Lelang Cepat Lembaga KEBIJAKAN Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Diektorat Pengembangan SPSE
23 TOMBOL “BISA” (Brilliant, Innovative, Speed, Accountable) Kepolisian Negara Republik Indonesia Kepolisian Resor Sukabumi Kota
  1. PROVINSI
24 BANG ELIS HADIR, Kampung Kami Jado Terang (Pembangkit Listrik Tenaga Matahari di Daerah Pedalaman Kalbar) Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral
25 HP Solusi Anak Berkebutuhan Khusus Pemerintah Provinsi Jawa Timur RSJ Menur
26 Jaminan Kesehatan Khusus Penyandang Disabilitas Terpadu Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Badan Pelaksana Jaminan Kesehatan Sosial
27 KPK PELUK KEBO (Kader Peduli Luka dan PERAWATAN Luka Diabet Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo) Pemerintah Provisi DKI Jakarta Dinas Kesehatan
28 Layanan Judes Smasat Jombang, tagline (Layaynan Jujug Desa yang Ramah) Pemerintah Provinsi Jawa Timur UPT Badan Pendapatan Daerah - Jombang
29 Layanan Terpadu Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor dan Perpanjangan SIM Pemerintah Provinsi Sumatera Utara UPT Samsat Medan Selatan, Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah
30 Layanan WARAS (Wisata Arsip Untuk Anak Sekolah) Pemerintah Provinsi Jawa Timur Dinas Perpustakaan dan Kearsipan
31 Mencegah Perdarahan Tali Pusa dengan Kalisat (Karet Tali Pusat) Pemerintah Provinsi Jawa Timur RSUD dr. Saiful Anwar - Malang
32 Mencerdaskan Si Miskin Menjadi Geberasi Emas Pemerintah Provinsi Bali Sma Negeri Bali Mandara
33 MR SAHDU (Manajemen Risiko Sangahan dan Pengaduan) Pelayanan Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah Pemerintah Provinsi Jawa Timur UPT Pelayanan Pengadaan Barang/ Jasa, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
34 PAPEDA MEGANG (Peningkatan Kapasitas Melalui Magang ASN Asli Papua) Pemerintah Provinsi Papua Barat Biro Organisasi Sekretariat Daerah
35 PELUK MY DARLING (Perawatan Luka Kusta Menyeluruh Dengan Garden Healing) Pemerintah Provinsi Jawa Tengah RSUD Kelet - Jepara
36 PENA BERKARIB (petabencana.id) Bersama Kurangi Risiko Bencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Badan Penanggulangam Bencana Daerah
37 Penyederhanaan Prosedur Pendaftaran Melalui “SI BINA CANTIK” (Sistem Bridging SIM RSMS, BPJS, dan INA-CBG’s Menuju Akuntabilitas, Transparansi, dan Efesiensi Pelayanan Kesehatan JKN Secara Paripurna) Pemerintah Provinsi Jawa Tengah RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo - Purwokerto
38 PLNET KAKAO : Pengelolaan dan Edukasi Terpadu Kakao Melalui Kebun Rakyat Demi Indonesia Daulat coklat Pemerintah Provinsi Jawa Timur Dinas Perkebunan
39 Podium Bali Bebas Bicara Apa Saja (PB3AS) Pemerintah Provinsi Bali Biro Humas Sekretarian Daerah
40 Si Dukun 3 In 1 Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
41 SIMANTRI : Bali go green, Petani Sejahtera Pemerintah Provinsi Bali Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan
42 SIMAS-LH Online (Sistem Informasi Lingkungan Hidup Berbasis  Online) Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup
43 SIMPONO ASN BAHTERAMAS Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara Badan Kepegawaian Daerah
44 Terpngkasnya Waktu Tunggu Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Melalui “PENETRASI ONLINE” (Pengembangan Sistem SMS Gateway Menuju Registrasi Online Pemerintah Provinsi Jawa Tengah RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo - Purwokerto
  1. KABUPATEN
45 2H2 Center Kerabat Ibu dan Bayi Pemerintah Kabupaten Flores Dinas Kesehatan
46 Akselerasi Pelayanan Kepegawaian Dengan Mobile SI-CAKEP Pemerintah Kabupaten Wajo Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia
47 Alarm Persalinan Pemerintah Kabupaten Siak UPTD Puskemas Kecamatan Krinci Kanan Dinas Kesehatan
48 Antrean Regol Pemerintah Kabupaten Boyolali UPTD Puskesmas Kemusu II Dinas Kesehatan
49 AYUNDA SI MENIK (Ayo Tunda Usia Menikah) Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul UPTD Puskesmas Gedangsari II Dinas Kesehatan
50 BANG MUDA (Bangka Mudah Dapat Akta) – Solusi Layanan Akta Kelahiran dan Akta Kematian Pemerintah Kabupaten Bangka Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
51 CSR Untuk Rakyat Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah
52 Family Gathering Terpadu SEMAR PATRI (Strategi Menurunkan Angka Readmisi Pasien Psikiatri) Wujudkan Pelayanan Kesehatan Jiwa Paripurna di Ruang Rawat Inap Jiwa Pemerintah Kabupaten Kudus RSUD dr. Loekmono Hadi
53 Implementasi E-VB di Banyuwangi Pemerintah Kabupaten Banyuwangi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa)
54 eDOTEL&TRAVEL Pemerintah Kabupaten Pinrang SMK Negeri 2
55 LASITER AMB (Layanan Transportasi Terpadu Angkutan Masyarakat Bintuni) Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni UPT Angkutan Masyarakat Bintuni,Dinas Perhubungan
56 Laynan Perizinan Secara Online dan Layanan Izin 3 Jam Pemerintah Kabupaten Kebumen Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
57 Model Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (PILKADES) MelaluiSistem Elektronik Voting Yang Menggunakan KTP Elektronik, KK, dan Akta Berbasis NIK Pemerintah Kabupaten Batang Hari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
58 MP – TGR Pemerintah Kabupaten Gorontalo Badan Keuangan Pemerintah Daerah
59 Ngrumpi Sehat Berkarya Bersama Saudaraku Pemerintah Kabupaten Probolinggo UPTD Puskesmas Tongas Dinas Kesehatan
60 OASE Sahabat Hati, “Online Anyway Service, Satu Hari Banyak Tempat, Harapan Terpenuhi” Pemerintah Kabupaten Tanah Datar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
61  Opung Sari Basah Bang: Mewujudkan Sekolah Berwawasan Lingkungan dan Deli Serdang Berseri (Bersih, Rapi, Sejuk, Rindang, Indah) Pemerintah Kabupaten Deli Serdang Dinas Pendidikan
62 Paha Sylpi Bangkitkan Gairah Peternak Pinggir Hutan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro Dinas Peternakan dan Perikanan
63 PANTASI MART (Puat Pengadaan Fasilitas Sanitasi Masyarakat Pemerintah Kabupaten Sumedang Pokja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah
64 PATUHI SELAM Pemerintah Kabupaten Kapuas Kelurahan Selat Dalam, Kecamatan Selat
65 PRO MASTER GO SEHATI Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi
66 Rumah Tunggu Kelahiran (RTK) BAHARI Pemerintah Kabupaten Sinjai Dinas Kesehatan
67 SAKERA JEMPOL (Sadari Kekerasan Perempuan dan Anak) Pemerintah Kabupaten Pasuruan Dinas Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan
68 SELEMPANG MERA (Selamatkan Pasien Pasung Melalui Tim Samurai ODGJ) Pemerintah Kabupaten Sampang UPTD Puskesmas Omben Dinas Kesehatan
69 Si Jempol (Sistem Informasi Jaringan Elektronik Medik Pasien Online) Pemerintah Kabupaten Tangerang RSUD Balaraja
70 SIGAP SRATUS 369 PLUS (Aksi Tanggap Pada Sapi Madura Bunting dan Partus) Pemerintah Kabupaten Pamekasan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan
71 SIPEKAT : Sistem Pengelolaan Kenaikan Pangkat Pemerintah Kabupaten Sidoarjo Badan Kepegawaian Daerah
72 Siswa Asuh Sebaya (SAS) Pemerintah Kabupaten Banyuwangi Dinas Pendidikan
73 SUNMOR SEMBADA MINGGU PAHINGAN “Sekali Kayuh, Dua Tiga Permasalahan Sleman Teratasi’ Pemerintah Kabupaten Sleman Kecamatan Sleman
74 SURYA MAS JELITA (Sehat Untuk Berkarya, Mandiri Bersama Kelompok Eliminasi Kusta) Pemerintah Kabupaten Pasuruan UPTD Puskesmas Grati Dinas Kesehatan
75 Tax Shopping Pemerintah Kabupaten Tangerang Badan Pendapatan Daerah
76 TELAT BERKEMAS Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan Dinas Perikanan dan Peternakan
77 Toko Modern Datang TOMIRA Solusinya Pemerintah Kabupaten Kulonprogo Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah
78 TUA KELADI (Santun Lansia, Kesehatannya Layak Diperhatikan) Pemerintah Kabupaten Sleman UPTD Puskesmas Gamping I Dinas Kesehatan
  1. KOTA
79 112 Pemerintah Kota Surabaya Dinas Komunikasi dan Informatika
80 BCL (Bisnis Caikep Lalu Lintas Lancar) Pengaturan dan Pengendalian Lalu Lintas Melalui Smartphone Pemerintah Kota Pontianak Dinas Perhubungan
81 CETEK Pemerintah Kota Sukabumi RSUD Al Mulk
82 Direkam di Sekolahku, Sweet Seventeen, KTP-EI Ku Datang Pemerintah Kota Surakrata Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
83 Dongkel With Mobile Library Pemerintah Kota Makassar Dinas Perpustakaan
84 Gema Madani Simpati Pemerintah Kota Tasikmalaya Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah
85 Ijus MELON (Ijin Usaha Mikro melalui Online) Pemerintah Kota Semarang Dinas Koperasi dan Usaha Mikro
86 “KELUAR BERSAMA” Daftar 1 Dapat 5: Sebuah Model Pelayanan Terpadu Dokumen Anak Pemerintah Kota Yogyakarta Kecamatan Danurejan
87 Klinik Berhenti Merokok Pemerintah Kota Payakumbuh UPTD Puskesmas Padang Karambia Dinas Kesehatan
88 Lapo BRA (Layangan Pojok Braille) Pemerintah Kota Malang Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah
89 Lorong Sehat (Longset) Pemerintah Kota Makassar Dinas Kesehatan
90 Sampah Menjadi Gas, Berkah Bagi Warga Pemerintah Kota Banda Aceh Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota
91 “SI INOL AJA” (Sistem Inovasi Layanan Arisan/Angsuran Jamban) Kikis Perilaku BABS (Buang Air Besar Sembarangan) Pemerintah Kota Probolinggo  UPTD Puskesmas Wonoasih Dinas Kesehatan
92 “SODA MELEK” K 5-1 Pemerintah Kota Kupang Kelurahan Naikoten II
93 Taman Anak Cerdas: Papan Sarana Wasis Bocahe, Waras Ragane Lan Mapan Budi Pekertine Pemerintah Kota Surakarta Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pemberdayaan Masyarakat
  1. BADAN USAHA MILIK NEGARA
94 SAHABAT LATANRO – Sejahtera Berkat Layanan Taspen Persero PT Taspen (Persero) Divisi Layanan dan Manfaat
95 SIMGAJI ASN PT Taspen (Persero) Divisi Kepesertaan
  1. BADAN USAHA MILIK DAERAH
96 Air Disuntik, Resahpun Terobati Pemerintah Kota Palopo Perusahaan Daerah Air Minum
97 Kue Lumpur Dari AETRA Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Perusahaan Daerah Air Minum Jaya
98 Media WhatsApp dan SMS sebagai solusi Pelanggan Tidak Bisa Diakses Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Perusahaan Daerah Air Minum Jaya
99 Sistem Autodebet Retribusi PKL: No Bocor, No Pungli, No Jual Beli Lapak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Bank DKI