Dwi Safriansyah, salah seorang pengguna layanan di MPP Singkawang.
SINGKAWANG – Pelayanan publik yang mudah dan praktis tentu menjadi harapan masyarakat luas. Masyarakat tidak ingin direpotkan untuk mendapat pelayanan.
Melihat hal itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang membuat inovasi dengan menghadirkan Mal Pelayanan Publik (MPP) di tengah pusat perbelanjaan Singkawang Grand Mall (SGM). Harapannya, masyarakat dapat mengakses layanan dengan mudah sekaligus melakukan aktivitas lain di tempat yang sama.
Dwi Safriansyah (27) salah satu warga asal Singkawang telah merasakan kehadiran MPP di kota yang pernah dinobatkan sebagai salah satu kota dengan toleransi tinggi di Indonesia ini. Berbekal informasi dari media sosial, pada Kamis sore (31/03) Dwi berangkat ke MPP Singkawang yang berjarak 5 kilometer dari rumahnya untuk mengurus akun BPJS Ketenagakerjaan.
“Dulu pernah download di HP, tapi akun saya bermasalah dan coba mengurus BPJS di MPP Singkawang ternyata bisa dan sangat mudah,” ujar Dwi.
Suasana nyaman dan pelayanan yang cepat dirasakan Dwi pada pengalaman pertamanya mengakses pelayanan MPP Kota Singkawang. Terlebih sepulang dari MPP, ia bisa jalan-jalan ke SGM meskipun hanya sekadar cuci mata dan bersantai.
“Sangat nyaman mengakses pelayanan administrasi dan perizinan di MPP Singkawang ini. Saya akan infokan ke teman-teman dan keluarga agar mereka dapat merasakan pengalaman yang sama seperti saya dan tentunya bisa sambil jalan-jalan,” tambahnya.
Di dalam MPP itu, masyarakat bisa mengurus berbagai layanan administrasi maupun perizinan. Masyarakat dapat memperoleh 160 layanan dari 3 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan 13 instansi vertikal.
Manfaat ini dialami oleh Zaimah (32) warga Singkawang. Menurutnya, pelayanan di Singkawang kini tidak lagi perlu mendatangi beberapa kantor pemerintah namun cukup ke MPP. “MPP memudahkan segala urusan kita seperti mengurus KTP, pajak, paspor, dan pelayanan lainnya tanpa harus mendatangi kantor pemerintah yang biasanya cukup ramai dan antre,” kata Zaimah.
Dibukanya MPP di tengah pusat perbelanjaan tersebut menurut Zaimah juga menjadi daya tarik tersendiri untuk masyarakat. Terlebih MPP Kota Singkawang juga beroperasi hingga malam hari yaitu pukul 11.00-16.00 dan 19.00-21.00 WIB. “Masyarakat yang tidak bisa datang ke MPP pada siang hari, bisa malam harinya sekaligus jalan-jalan dan belanja,” ujar Zaimah.
Zaimah berharap pelayanan MPP Kota Singkawang yang sudah berjalan dengan baik dapat terus ditingkatkan. Salah satunya dengan menambah instansi yang terkait dengan pelayanan langsung pada masayarakat untuk bergabung di MPP.
MPP Singkawang telah diresmikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo diwakili oleh Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa pada Jumat (01/04). MPP ini menjadi MPP ke-56 di Indonesia. (kar/HUMAS MENPANRB)