JAKARTA – Pemerintah membuktikan keseriusannya dalam perbaikan pelayanan publik, baik pelayanan dasar maupun kemudahan berusaha (ease of doing business). Sejak ditetapkannya kedua jenis pelayanan publik tersebut menjadi quick wins nasional reformasi birokrasi oleh Wapres RI Boediono Oktober 2013, kini hasilnya sudah jauh berubah.
Diawali dengan janji dari masing-masing instansi yang terlibat dalam pelayanan publik, dikawal dan dimonitor oleh Kementerian PANRB serta Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4), kini hampir semua instansi telah menepati janjinya.
Untuk memulai usaha misalnya, dari semula perlu waktu 53 hari, kini cukup 6 hari. Proses ini dimulai dari pembentukan badan hukum PT yang telah dilakukan secara secara online, (Kementerian Hukum dan HAM), penerbitan SIUP dan TDP (Kementerian Perdagangan), pendaftaran tenaga kerja (Kemenakertrans), serta pendaftaran kepesertaan BPJS ketenagakerjaan.
“Dalam setahun ini kita terus bekerja keras. Perkembangan selalu kita awasi dan hasilnya kita laporkan kepada Pak Wapres,” ujar Menteri PANRB Azwar Abubakar di sela-sela Gathering Sinergi Kampanye Reformasi Birokrasi Jurnalis Peliput Reformasi Birokrasi di Sumedang Jumat (19/09) malam. Sebelumnya, Menteri PANRB telah melaporkan perkembangan implementasi quick wins reformasi birokrasi tersebut kepada Wakil Presiden Boediono.
Azwar menyebutkan, selain memangkas waktu memulai usaha, upaya perbaikan kemudahan berusaha juga dilakukan dalam penyambungan tenaga listrik, pencatatan kepemilikan hak atas tanah dan bangunan, ijin mendirikan bangunan (IMB), pembayaran pajak dan premi asuransi, penyelesaian perkara perdata perjanjian, penyelesaian kepailitan, dan penyelesaian perkara sengketa hubungan bisnis. “Dalam setahun terakhir, banyak layanan publik yang menunjukkan perubahan kualitas menjadi lebih baik,” imbuhnya.
Di bidang layanan dasar, 6 kementerian/lembaga, Pemda DKI Jakarta, dan PT. Taspen, juga telah melakukan perbaikan yang cukup signifikan, yang dilakukan oleh Dengan adanya perbaikan LDP dan kemudahan berusaha, diharapkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah semakin meningkat. Semua itu membuktikan bahwa sebenarnya bangsa Indonesia itu bisa berubah. Ini modal utama yang harus dimiliki oleh seluruh elemen bangsa. “Kita harus percaya bahwa bangsa Indonesia bisa berubah,” tegas Azwar. (rr/ HUMAS MENPANRB)
A. EASE OF DOING BUSINESS
Capaian kebijakan meningkatkan kemudahan berusaha (ease of doing business)
No.
|
Indikator
|
Sebelum
|
Sesudah
|
1.
|
Memulai Usaha
|
|
|
a.
|
Pembentukan Badan Hukum PT secara online
|
17 hari
|
online, jam
|
|
(Kementerian Hukum dan HAM)
|
|
|
b.
|
Penerbitan SIUP dan TDP
|
15 hari
|
3 hari secara simultan
|
|
(Kementerian Perdagangan)
|
|
|
c.
|
Pendaftaran tenaga kerja
|
14 hari
|
1 hari
|
|
(Kemenakertrans)
|
|
|
d.
|
Pendaftaran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan
|
7 hari
|
online 1 hari
|
2.
|
Penyambungan tenaga listrik
|
|
|
a.
|
Sertifikat Layak Operasi (SLO)
|
7 hari
|
3 hari
|
|
(Kementerian ESDM)
|
|
bersamaan dengan proses pengembangan oleh PT PLN
|
b.
|
Sambungan listrik
|
88 hari
|
5 atau 15 atau 40 hari
|
|
(PT PLN)
|
|
|
3.
|
Pengurusan IMB
|
158 hari
|
22 hari
|
|
(BPN)
|
|
|
4.
|
Sistem pelaporan pajak
|
Menyampaikan berkas/laporan hard copy
|
e-filling
|
|
(Kementerian Keuangan)
|
|
|
5.
|
Prosedur pembayaran dan pelaporan program jaminan sosial
|
Menyampaikan berkas/laporan hard copy
|
secara online
|
|
(BPJS Ketenagakerjaan)
|
|
|
|
(BPJS Kesehatan)
|
|
|
6.
|
Penyelesaian perkara perdata :
|
|
|
|
(Mahkamah Agung)
|
|
|
a.
|
Pengadilan Pertama
|
498 hari
|
5 bulan
|
b.
|
Pengadilan Tingkat Banding
|
(1,5 tahun)
|
3 bulan
|
7.
|
Penyelesaian perkara kepailitan
|
4,5 tahun
|
2 tahun
|
|
(Mahkamah Agung)
|
|
|
8.
|
Penyelesaian perkara sengketa hubungan bisnis
|
40 prosedur
|
24 prosedur
|
|
(Mahkamah Agung)
|
|
|
B. LAYANAN DASAR PUBLIK
No.
|
Instansi
|
Kegiatan
|
Waktu Kerja
|
|
|
|
|
Sebelum
|
Sesudah
|
1.
|
Kemendikbud
|
Penyediaan sistem Pendaftaran Peserta Didik Baru secara online (PPDB online)
|
Offline
|
Online
|
2.
|
BKN
|
a. CAT untuk CPNS
|
Sebagian
|
Semua
|
|
|
b. Promosi terbuka untuk jabatan eselon I dan II
|
Tertutup
|
Terbuka
|
3.
|
BPN
|
a. Pengecekan sertifikat
|
3 hari
|
1 hari
|
|
200 kantor dari 460 kantor
|
b. Pelayanan sertifikat jual beli tanah
|
3 bulan
|
5 hari
|
|
|
c. Peningkatan status (HGB ke Hak Milik)
|
3 bulan
|
5 hari
|
|
|
d. Penghapusan roya
|
3 bulan
|
5 hari
|
4.
|
PT Taspen
|
Pengajuan Klaim yang datang langsung
|
3 hari
|
1 jam
|
5.
|
Kepolisian RI
|
a. SIM >>
|
Di Polsek
|
On the spot
|
|
|
1. Penambahan unit SIM keliling
|
|
|
|
|
2. Penguji SIM yang bersertifikat
|
|
|
|
|
3. Perpanjangan SIM dengan persyaratan lengkap
|
|
|
|
|
b.BPKB >>
|
|
|
|
|
1. Komputerisasi BPKB online di 7 Polda
|
1 Polda
|
7 Polda :
|
|
|
|
|
Jabar, Jateng, Jatim, DIY, Bali, Kepri, dan Banten
|
|
|
2. Mutasi BPKB setelah persyaratan lengkap
|
1 hari
|
180 menit
|
|
|
c.STNK >>
|
|
|
|
|
1.Komputerisasi STNK online di 7 Polda
|
1 Polda
|
7 Polda
|
|
|
2.Penerbitan STNK perubahan setelah persyaratan lengkap
|
120 menit
|
60 menit
|
|
|
3.Penerbitan STNK perpanjangan setelah persyaratan lengkap
|
60 menit
|
30 menit
|
|
|
4.Penerbitan STNK setelah persyaratan lengkap
|
60 menit
|
30 menit
|
|
|
d.STATISTIK KRIMINAL >>
Publikasi statistik kriminal
|
Tidak ada
|
Online
|
|
|
e.PENANGGANAN PERKARA >> Pelaksanaan transparansi penanganan perkara
|
Tidak ada
|
Online
|
|
|
f.SKCK >>
Program pelayanan SKCK secara online
|
Offline
|
Online
|
6.
|
Kementerian Kelautan dan Perikanan
|
Penerbitan sertifikat Cara Pembenihan Ikan yang Baik (CPIB)
|
90 hari
|
57 hari
|
7.
|
Kementerian Pekerjaan Umum
|
Layanan penutupan lubang jalan paling Lama 10 hari kerja sejak diterimanya laporan pada ruas jalan nasional non Tol Cikampek - Semarang jalur Pantura Jawa
|
–
|
10 hari
|
8.
|
Pemprov DKI Jakarta
|
a. Percepatan waktu penerbitan akta kelahiran
|
30 hari
|
5 hari
|
|
|
b. Percepatan waktu penerbitan kartu keluarga
|
14 hari
|
5 hari
|
|
|
c. Penerbitan dan perpanjangan KTP regular
|
14 hari
|
5 hari
|