Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani yang didampingi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyerahkan piala penghargaan Top 40 Inovasi Pelayanan Publik 2017 kepada Walikota Solo FX. Hadi Rudyatmo di Stadion Manahan, Solo pada Jumat, (25/08).
SURAKARTA - Penyerahan penghargaan kepada Top 40 Inovasi Pelayanan Publik 2017 di Stadion Manahan, Solo pada Jumat, (25/08) mengawali Pekan Kerja Nasional (PKN) Gerakan Revolusi Mental. Penyerahan dilakukan oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani yang didampingi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.
Acara tersebut juga dihadiri Menko Polhukam Wiranto dan Menko Perekonomian Darmin Nasution, dan sejumlah Menteri Kabinet Kerja penerima penghargaan Top 40 Inovasi Pelayanan Publik 2017. Sebut saja Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, dan Menteri Kesehatan Nila Moelok.
Penerima penghargaan juga meliputi sejumlah Gubernur, Bupati dan walikota. Sebut saja Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang sekaligus sebagai tuan rumah, Gubernur Jatim Soekarwo, Gubernur Kalimantan Barat Cornelis, Gubernur DKI Jakarta Djarot Saeful Hidayat.
Acara dimeriahkan dengan penampilan tarian massal oleh yang diikuti sekirar 5000 penari, marching band. Selian itu, PKN GRM juga diisi dengan Pameran invasi pelayanan publik yang menampilkan inovasi terbaik dari berbagai instansi pemerintah dan BUMN. PKN Gerakan Revolusi Mental dilanjutkan Sabtu dengan agenda Rembk Nasional serta gelar budaya pada Minggu (27/07).
Menko PMK Puan Maharani mengatakan, pihaknya berterimakasih kepada seluruh jajaran aparatur negara, mulai dari lurah, kepala desa, TNI, Polri, dan semua pihak yang telah berkomitmen untuk melaksanakan Gerakan Nasional Revolusi Mental. "Acara ini menjadi momentum penting dalam mewujudkan Gerakan Nasional Revolusi Mental, yang sebenarnya sudah banyak kita lakukan di berbagai daerah," ujarnya. Ia berharap, melalui PKN Gerakan Revolusi mental di Surakarta ini, diharapkan bisa semakin massif, sehingga Indonesia semakin maju. Salah satu wujud Gerakan itu adalah inovasi pelayanan publik, yang dilakukan oleh berbagai instansi pemerintah baik pusat maupun daerah.
Top 40 Inovasi Pelayanan Publik 2017 ini merupakan penyaringan dari 3.054 inovator yang menyampaikan inovasinya ke Kementerian PANRB. Setelah diseleksi, muncul Top 99, kemudian menjadi Top 40. Kompetisi ini merupakan kali ketiga sejak kompetisi yang digelar sejak tahun 2014. (ags/HUMAS MENPANRB)
Daftar Top 40 Inovasi Pelayanan Publik 2017
No |
Judul Inovasi |
Instansi |
KEMENTERIAN |
||
1 |
119 – Kolaborasi Nasional Layanan Emergensi Medik di Indonesia |
Direktorat Pelayanan Kesehatan Rujukan, Ditjen Bina Usaha Kesehatan, Kemenetrian Kesehatan |
2 |
Aplikasi Lapor Diri WNI Terintegrasi Secara Online pada Perwakilan RI se - Jerman |
Kedubes RI Berlin, Kementerian Luar Negeri |
3 |
KIARKOD : Tracking Order Sistem Informasi Pelayanan Jasa B4T |
Balai Besar Bahan dan Barang Teknik, Kemenetrian Perindustrian |
4 |
MAGMA (Multiplatform Application for Geohazard Mitigation and Assessment) Indonesia |
Badan Geologi Kemenetrian ESDM |
5 |
PRIOQ KLIK |
Balai Besar Karantina Pertanian Tanjung Priok, Kementerian Pertanian |
6 |
SIPUHH : Mewujudkan Tata Kelola Kehutanan |
Dit Iuran dan Peredaran Hasil Hutan, Ditjen Pengelolaan Hutan Produk Lestari, Kementerian LH Hut. |
7 |
Teknologi E-Filing Renewal Trademark di Indonesia |
Ditjen kekayaan Intelektual, Kemenetrian Hukum dan HAM |
LEMBAGA |
||
1 |
BPKB Delivery |
Polres Brebes |
PROVINSI |
||
1 |
BANG ELIS HADIR, Kampung Kami Jadi Terang (Pembangkit Energi Listrik Tenaga Matahari di daerah pedalaman Kalbar) |
Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Pemprov Kalimantan Barat |
2 |
Kader Peduli Luka dan Perawatan Luka Diabet Puskesmas Pasar Rebo |
Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta |
3 |
Layanan Waras (Wisata Arsip untuk Anak Sekolah) |
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemprov Jawa Timur |
4 |
MencerdaskanSi Miskin Menjadi Generasi Emas |
SMA Negeri Bali Mandara Pemprov Bali |
5 |
MR SAHDU (Manajemen Risiko Sanggahan dan Pengaduan) Pelayanan pengadaan Barang/Jasa Pemerintah |
UPT Pelayanan Pengadaan Barang/Jasa Dinas PMPTSP Pemprov Jawa Timur |
6 |
PELUK MY DARLING (Perawatan Luka Kusta Menyeluruh dengan Garden Healing) |
RSUD Kelet – Jepara, Pemprov Jawa Tengah |
7 |
PENA BERKARIB – (peta bencana.id) Bersama Kurangi Risiko Bencana |
Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pemprov DKI Jakarta |
8 |
Penyederhanaan Prosedur Pendaftaran Melalui “SI BINA CANTIK” (Sistem Bridging SIM RSMS, BPJS, dan INA-CBG’s Menuju Akuntabilitas, Transparansi, dan Efisiensi Pelayanan Kesehatan JKN Secara Paripurna) |
RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo – Purwokerto, Pemprov Jawa Tengah |
9 |
PLANET KAKAO : Pengelolaan dan Edukasi Terpadu Kakao Melalui Kebun Rakyat Demi Indonesia Daulat Coklat |
Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur |
10 |
SIMAS – LH Online (Sistem Informasi Lingkungan Hidup Berbasis Online) |
Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Selatan |
KABUPATEN |
||
1 |
2H2 Center Kerabat Ibu dan Bayi |
Dinas Kesehatan Kabupaten Flores Timur |
2 |
Alarm Persalinan |
UPTD Puskesmas Kecamatan Kerinci Kanan, Dinas Kesehatan Kabupaten Siak |
3 |
Implementasi E-VB di Banyuwangi |
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Banyuwangi |
4 |
LASITER AMB (Layanan Transportasi Terpadu Angkutan Masyarakat Bintuni) |
UPT Angkutan Masyarakat Bintuni, Dinas Perhubungan Kabupaten Teluk Bintuni |
5 |
Model Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (PILKADES) Melalui Sistem Elektronik Voting yang menggunakan KTP Elektronik, KK, dan Akta Berbasis NIK |
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Batanghari |
6 |
MP – TGR (Majelis Pertimbangan Tunutan Ganti Kerugian) |
Badan Keuangan Pemerintah Daerah Kabuoaten Gorontalo |
7 |
PANTASI MART (Pusat Pengadaan Fasilitas Sanitasi Masyarakat) |
Pokja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Kapuas |
8 |
PATUH SELAM (Pelayanan Administrasi Terpadu Keluraha Selat Dalam) |
Kelurahan Selat Dalam, Kecamatan Selat, Kabupaten Sinjai |
9 |
Rumah Tunggu Kelahiran (RTK) BAHARI |
Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai |
10 |
SELEMPANG MERA (Selamatkan Pasien Pasung Melalui Tim Samurai ODGJ) |
UPTD Puskesmas Omben, Dinas Kesehatan Kabupaten Sampang |
11 |
Si Jempol (Sistem Informasi Jaringan Elektronik Medik Pasien Online) |
RSUD Balaraja Kabupaten Tangerang |
12 |
SIGAP SRATUS 369 PLUS (Aksi Tanggap Pada Sapi Madura Bunting dan Partus) |
Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Pamekasan |
13 |
TELAT BERKEMAS (Tetap Lestari Berdayakan Kelompok Masyarakat) |
Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Hulu Sungai Selatan |
KOTA |
||
1 |
CETEK (Cukup E-KTP Sertakan Kartu Keluarga) |
RSUD Al malik Pemkot Sukabumi |
2 |
iJUS MELON (Ijin Usaha Mikro Melalui Online) |
Dinas Koperasi dan usaha Mikro Kota Semarang |
3 |
Lorong Sehat (Longset) |
Dinas Kesehatan Kota Makassar |
4 |
Sampah Menjadi Gas, berkah bagi Warga |
Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota, Kota Banda Aceh |
5 |
“SODA MOLEK” k 5-1 |
Kelurahan Naikoten II Kota Kupang |
6 |
Taman Anak Cerdas : Papan Sarana Wasis Bocahe, Waras Ragane Lan Mapan Budi Pekertine |
Dinas pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Surakarta |
BUMN |
||
1 |
SAHABAT LATANRO – Sejahtera Berkat Layanan Taspen Persero |
Divisi Layanan dan Manfaat PT Taspen (Persero) |