Pin It

20250819 Public Service Day 11Menteri PANRB Rini Widyantini dan Wamen PANRB Purwadi Arianto pada Public Service Day di Kementerian PANRB, Selasa (19/8/2025).

JAKARTA – Dalam rangka menyemarakkan peringatan HUT ke-80 RI dan HUT ke-66 Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), dilaksanakan gelaran Public Service Day dengan berbagai layanan. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Menteri PANRB Rini Widyantini.

“Saya berharap seluruh pegawai bisa ikut berpartisipasi pada acara ini, banyak sekali layanan-layanan yang dilakukan antara lain samsat keliling, perpanjangan SIM, perpanjang STNK, dan Layanan aktivasi Identitas Kependudukan Digital,” katanya pada saat membuka Public Service Day di Kementerian PANRB, Selasa (19/8/2025).

Saat ini Kementerian PANRB berkomitmen mengoptimalkan ekosistem pelayanan publik mencakup penguatan strategi multikanal (omnichannel) dengan empat pendekatan utama. Pertama interaksi langsung tatap muka fisik antara pelaksana dan penerima layanan.

20250819 Public Service Day 11

Kedua pelayanan bergerak atau jemput bola mendekati lokasi penerima layanan, ketiga pelayanan yang dibuat sendiri dengan bantuan mesin mandiri dan keempat pelayanan yang dilakukan dalam jaringan melalui sistem informasi.Tujuan dengan diterapkannya omnichanel yaitu meningkatkan aksesibilitas, efisiensi dan kualitas layanan kepada masyarakat luas, layanan mudah dan berkualitas.

Dirinya menjelaskan Publik Service Day terinspirasi dari Mal Pelayanan Publik dengan semua layanan di satu tempat. Layanan ini bertujuan memberikan optimalisasi pelayanan kepada pegawai, sehingga pegawai merasa nyaman serta tidak terlalu jauh ke kantor pelayanan untuk memperoleh layanan tersebut.

20250819 Public Service Day 11

“Saat ini Kementerian PANRB sudah membangun lebih dari 270 Mal Pelayanan Publik, di mana rata-rata satu Mal Pelayanan Publik itu mengintegrasikan lebih dari 100 layanan, ini merupakan layanan untuk masyarakat yang ingin mendapatkan layanan dari pemerintah,” ujarnya

Penyelenggaraan Public Service Day ini terinspirasi dari konsep Mal Pelayanan Publik (MPP), dimana masyarakat dapat mengakses berbagai layanan dalam satu lokasi terpadu.

Oleh karena itu, pendekatan layanan ini juga bisa mengefisienkan waktu, tenaga, serta pikiran dalam mengakses pelayanan publik. Antusiasme yang begitu besar dari para pegawai semakin memotivasi Kementerian PANRB untuk terus menghadirkan layanan sesuai dengan kebutuhan nyata di lapangan.

20250819 Public Service Day 11

Hal ini disampaikan salah satu pegawai Akbar Putra Nugraha. “Hal ini cukup membantu, apalagi untuk saya yang merantau ya jadi untuk mengurus dokumen-dokumen yang kiranya di luar jam kerja itu tidak kesusahan lagi sehingga kalau saya mau ngurus SIM contohnya atau pembayaran STNK itu bisa di kantor memudahkan saya sih,” ujarnya.

Lain halnya dengan pegawai Nur Indah Prabawati Putri yang menuturkan bahwa pelayanan yang disuguhkan dalam Public Service Day sangat mempermudah pegawai yang tidak punya cukup waktu di luar jam kantor untuk mengurus keperluan administrasi. “Aku senang banget ya ada pelayanan yang datang ke kantor seperti ini memudahkan untuk kita jadi enggak perlu ambil cuti terus jadi memudahkan aja sih,” pungkasnya. (ynt/HUMAS MENPANRB)