Menteri Yuddy menyimak pelayanan perijinan di Badan Perijinan Terpadu Pemkot Yogyakarta, dalam sidak yang dilakukan Rabu (25/08)
YOGYAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi melakukan sidak di kantor Pemerintah Kota Yogyakarta. Didamping oleh Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, Yuddy memasuki sejumlah kantor dinas dan berdialog dengan para pegawai.
Dalam kesempatan itu, Yuddy mengaku dirinya sengaja mendatangi kantor Pemkot Yogyakarta dan baru memberitahukan kedatangannya 10 menit sebelum tiba. "Saya hanya bilang sama Pak Walikota 10 menit sebelum sampai ke sini. Memang tidak dijadwalkan. Turun dari mobil pun bareng tadi sama Pak Wali. Setelah masuk, melihat dan kalau ditanya bagaimana sidak hari ini, memuaskan sesuai dengan harapan," ujar Yuddy di Balaikota Yogyakarta, Rabu (26/8/2015).
Yuddy mengatakan, melihat langsung pelaksanaan tugas pemerintahan oleh aparatur sangat penting dilakukan di tengah derasnya kritikan masyarakat. Kritikan itu menyebut pegawai pemerintah tidak disiplin dan kinerja PNS juga tidak baik.
Namun, melalui sidak ini ia memastikan kritikan itu tidak sepenuhnya benar. Buktinya, pelayanan dan kinerja di Dinas Perizinan Kota Yogya ternyata sangat baik. PNS juga memiliki dedikasi yang tinggi. Kondisi ini sangat menggembirakan, di tengah kondisi ekonomi yang tengah goyah terkena dampak ekonomi global.
"Badan perizinan harus bekerja maksimal memberi pelayanan sebaik-baiknya. Badan ini harus memberi kepastian tata kelola perizinan yang cepat, tidak ada penyalahgunaan wewenang dan tidak tebang pilih. Saya puas dengan pelayanan yang ada di sini," imbuh Yuddy.
Yuddy menilai, proses perizinan terpadu satu pintu di Pemkot Yogyakarta sangat baik dan bisa ditiru daerah lain. Kemudahan proses perizinan di kota Gudeg ini diharapkan meningkatkan kepercayaan masyarakat.
Yuddy mengatakan sidak seperti yang dilakukannya dan Presiden Jokowi akan membuat layanan di pemerintahan semakin maju. Hal ini seharusnya juga ditiru oleh pemimpin daerah atau pejabat lainnya. Dengan turun langsung ke daerah atau ke bawah, berbagai persoalan dan ide akan didapatkan untuk memajukan pelayanan. "Gubernur ke walikota. Walikota ke camat, camat ke lurah dan lurah ke bawahnya sampai RT RW ini akan mendekatkan diri. Kedekatan birokrat akan erat persoalan akan cepat kita tangkap. Sehingga muncul ide seperti tadi. Ini jadi harus terus ditingkatkan. Ke depan ada pengelolaan berbasis masyarakat," imbuh Menteri.
Yuddy mengatakan, Kemenpan sudah menjadikan Kota Yogyakarta dan Pemprov DIY sebagai percontohan di bidang layanan publik. "Berikan pelayanan sebaik-baiknya karena setiap pemimpin akan mengawasi mereka. Kunjungan seperti ini mengharapkan semangat yang sama dari seluruh aparatur pemerintah. Jika semua daerah seperti ini maka Indonesia akan cepat maju," ujar Yuddy Chrisnandi. (ns/HUMAS MENPANRB)