JAMBI – Upaya peningkatan pelayanan publik saat ini terus diakselerasi oleh pemerintah. Berbagai transformasi pun terus dilakukan untuk mewujudkan birokrasi yang lincah, adaptif, dan memberikan kemudahan pelayanan publik bagi masyarakat, salah satunya melalui kehadiran Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kota Jambi.
Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Purwadi Ariano mengatakan untuk mewujudkan kepuasan masyarakat atas pelayanan publik, Kementerian PANRB menerapkan strategi yang berfokus pada tata kelola yang efektif dengan menghadirkan MPP. “Pendekatannya berprinsip human-centered, berbasis digital dengan proses sederhana, dan mendorong kolaborasi lintas sektor,” kata Wamen Purwadi saat melakukan peninjauan MPP Kota Jambi, di Jambi, Rabu (17/9/2025).
Kehadiran MPP menjadi salah satu tantangan untuk menghadirkan pelayanan publik yang lebih efisien dan terintegrasi. Berbagai layanan pusat, daerah, BUMN, BUMD, dan swasta diwadahi dalam satu tempat yang terintegrasi, kolaboratif, dan nyaman.
“Kehadiran MPP juga mampu mempercepat proses, meningkatkan efisiensi, dan memperkuat daya saing,” jelasnya.
Menurutnya, saat ini transformasi MPP diperluas melalui MPP Digital Nasional yang menghadirkan layanan dalam satu aplikasi agar akses lebih mudah dan kepuasan masyarakat meningkat. Layanan juga dikembangkan dengan strategi multikanal (omnichannel) yakni tatap muka, bergerak, mandiri, dan digital agar lebih responsif terhadap kebutuhan warga. “MPP merupakan wajah nyata birokrasi dan hadir di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.
Dalam kunjungannya ke Kota Jambi tersebut, Wamen Purwadi juga mengapresiasi kehadiran MPP di Bumi Melayu ini. MPP yang berdiri di atas lahan seluas 3.000 meter persegi tersebut mampu menghadirkan 131 layanan dari 32 gerai pelayanan publik.
Wamen Purwadi dalam kesempatan tersebut juga memberikan penghargaan Pelayanan Prima hasil kegiatan PEKPPP Tahun 2024 kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jambi. Dinas ini juga merupakan salah satu organisasi penyelenggara yang memberikan layanan pada MPP.
“Saya memberikan apresiasi pada personil di MPP Kota Jambi yang telah memberikan pelayanan terbaik. Saya di sini juga menyaksikan langsung pelayanan publik berjalan sesuai harapan sehingga masyarakat dapat dilayani dengn baik,” kata mantan Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri ini.
Lebih lanjut Wamen Purwadi menambahkan bahwa selain kemudahan pelayanan publik melalui MPP, pemerintah juga berkomitmen menghadirkan negara secara nyata melalui lima program prioritas Presiden untuk memenuhi kebutuhan dasar rakyat. Kelima program tersebut yaitu Makan Bergizi Gratis (MBG), Cek Kesehatan Gratis (CKG), Sekolah Rakyat (SR), Koperasi Desa/Kelurahan Merah Putih (KDMP), dan Perumahan Rakyat (PR).
“Keberhasilan program prioritas Presiden tidak hanya bergantung pada hasil yang terlihat publik, tetapi juga pada reformasi struktural yang sering kali tidak tampak. Untuk itu, diperlukan penataan tata kelola, penyederhanaan proses bisnis, sinkronisasi kebijakan, penguatan SDM ASN, dan penganggaran yang tepat sasaran,” tambahnya.
Sementara itu Wali Kota Jambi Maulana mengatakan MPP Kota Jambi diresmikan oleh Kementerian PANRB pada 20 Juni 2022. MPP ini menjadi yang pertama di Provinsi Jambi dan merupakan MPP ke-59 di Indonesia.
Maulana menjelaskan bahwa Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Jambi sebagai koordinator pelayanan juga menyediakan layanan perizinan jemput bola gratis pada komunitas masyarakat yang ada di kelurahan, pasar tradisional, serta kelompok UMKM lainnya. Inovasi ini dinamakan Jempol Pa’Boss (Jemput Bola Perizinan Berusaha OSS).
“Kami mengucapkan terima kasih atas kunjungan kerja dan masukan dari Wakil Menteri PANRB. Mudah-mudahanan MPP Kota Jambi dapat terus memberikan pelayanan terbaik. Penambahan layanan dari waktu ke waktu akan terus kami upayakan dengan berbagai lembaga dan instansi vertikal yang ada di Kota Jambi,” pungkasnya. (kar/HUMAS MENPANRB)