JAKARTA – Meskipun banyak pihak masih memandang sebelah mata terhadap pelayanan publik di tanah air, namun sebenarnya tidak sedikit pelayanan publik yang telah sudah menunjukkan perbaikan, dan memberikan pelayanan terbaik secara berkelanjutan (sustainable). Sebagian kecil dari pelayanan dimaksud akan tampil dalam gelar pelayanan publik di Balai Kartini Jakarta, tanggal 29 Januari 2014.
Deputi Pelayanan Publik Kementerian PANRB Mira Sudjono mengatakan, salah satu unit pelayanan yang sekaligus akan memberikan pelayanan kepada masyarakat adalah SIM Keliling Polda Metro Jaya. “Anggota masyarakat yang akan membuat atau memperpanjang SIM dapat datang ke Balai Kartini,” tambah Mira.
Masih terkait dengan pelayanan Kepolisian, akan tampil juga National Traffic Management Centre (NTMC) Korlantas Mabes POLRI, yang sejauh ini cukup banyak memberikan informasi lalu lintas dari berbagai daerah, baik di hari biasa maupun saat-saat peak season, seperti mudik lebaran misalnya. “Dalam kondisi banjir Jakarta dan beberapa daerah belakangan ini, NTMC Polri memberikan pelayanan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat,” tambah Mira.
Dikatakan, karena keterbatasan tempat, dalam gelar pelayanan publik kali ini hanya bisa menampilkan 13 unit pelayanan. Ke depan, gelar pelayanan publik akan dilakukan lebih meriah, sehingga dapat memberikan informasi lebih lengkap kepada masyarakat.
Unit pelayanan yang akan tampil dalam acara yang berbarengan dengan penyerahan penghargaan laporan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (LHE AKIP) bagi pemerintah kabupaten/kota ini antara lain Ina Trade dari Kementerian Perdagangan, Layanan Paspor dari Imigrasi Jakarta Selatan, Layanan Akte Kelahiran Terpadu dari Kabupaten Banyuwangi, Layanan Administrasi Kependudukan Surakarta, Layanan izin Tenaga Kesehatan Pemprov Jawa Timur, NTMC – Korlantas Mabes POLRI, SIM Keliling Polda Metro Jaya, Kemitraan Layanan Kesehatan Kabupaten Singkil, Layanan e-Govt Kota Surabaya, dan Layanan Informasi Aparatur dari Kementerian PANRB. (ags/HUMAS MENPANRB)