Pin It

20250807 WAMEN Peninjauan MPP Pekanbaru 17Wakil Menteri PANRB Purwadi Arianto, mengunjungi Mal Pelayanan  Publik (MPP) Kota Pekanbaru, Kamis (7/8/2025).

 

PEKANBARU – Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Purwadi Arianto, mengunjungi Mal Pelayanan  Publik (MPP) Kota Pekanbaru, Kamis (7/8/2025). Didampingi Wali Kota Pekanbaru Agung Nugroho memantau proses pelayanan publik MPP Kota Pekanbaru yang merupakan MPP ke-14 di Indonesia dan ketiga di Pulau Sumatra.

“Hari ini saya mengunjungi langsung dan melihat aktivitas yang ada di Mal Pelayanan Publik Kota Pekanbaru, ini bukan sekedar pelayanan tapi disini kehadiran negara untuk melayani publik hadir pada pelayanan di satu tempat” ujarnya saat mengunjungi MPP Kota Pekanbaru.

Purwadi menilai keberadaan Mal Pelayanan Publik Kota Pekanbaru merupakan wajah nyata birokrasi yang hadir untuk rakyat yang sejalan dengan program prioritas Presiden seperti Makan Bergizi Grati, Cek Kesehatan Gratis, Sekolah Rakyat, Koperasi Desa/Keluarahan Merah Putih dan Perumahan Rakyat, semua ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

 

20250807 WAMEN Peninjauan MPP Pekanbaru 5

 

“Mudah-mudahan ini menjadi cara pemerintah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dan memudahkan pelayanan publik yang cepat, murah dan transparan,” jelasnya.

Mal Pelayanan Publik Kota Pekanbaru pernah menerima penghargaan sebagai Penyelenggara MPP Kategori Prima Tahun 2024, pencapaian ini  menunjukkan bahwa pelayanan publik di Kota Pekanbaru bisa dikelola secara profesional, berintegritas, dan berorientasi pada kebutuhan nyata masyarakat. “Saya lihat masyarakat yang datang ke MPP ini cukup ramai, tanpa Wamen yang datang pun pelayanan publik di MPP ini sudah berjalan dengan baik,” ungkapnya.

 

20250807 WAMEN Peninjauan MPP Pekanbaru 12

 

Kendati secara umum menilai MPP Pekanbaru sudah baik, tetapi terdapat beberapa catatan untuk menyatakan kepuasan pelayanan di MPP Pekanbaru harus ada indeks kepuasan masyarakat guna sebagai bahan evaluasi pelayanan kedepan.

Selain itu Kementerian PANRB terus mendukung terutama dalam rangka digitalisasi, semangat kolaborasi, inovasi, dan perbaikan yang ditunjukkan di MPP Pekanbaru, demi mewujudkan pelayanan publik yang setara, inklusif, dan berdampak nyata bagi masyarakat.

“Dengan adanya pelayanan digitalisasi secara terintegrasi maka secara tak langsung bisa menunjang dan membuat pelayanan di MPP Pekanbaru menjadi semakin komprehensif,” pungkas Wamen Purwadi. (HUMAS MENPANRB)