Pin It

20230221 Wapres Apresiasi Layanan Polri Menteri PANRB Kolaborasi Wujudkan Birokrasi Berdampak 1Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma’ruf Amin saat memberikan arahan pada acara Pemberian Penghargaan Hasil Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik dan Pembangunan Zona Integritas di Lingkungan Polri Tahun 2022 di Gedung Rupatama Markas Besar (Mabes) Polri, Jakarta, Selasa (21/02).

 

JAKARTA – Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma’ruf Amin mengapresiasi upaya Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) memberikan kemudahan pada publik untuk mengakses layanan kepolisian. Polri telah melakukan digitalisasi pada berbagai layanan kepolisian seperti diantaranya ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) atau penilangan secara elektronik, SKCK online, SIGNAL atau pelayanan Samsat Digital Nasional, perpanjangan STNK online, maupun SINAR (perpanjangan SIM secara online).

“Saya mengapresiasi Polri yang meninsafi realita ini dengan melaksanakan tugas dan fungsinya secara optimal. Anggota Polri di seluruh pelosok tanah air telah mendermakan bakti dan dedikasinya demi negara,” ujarnya saat memberikan arahan pada acara Pemberian Penghargaan Hasil Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik dan Pembangunan Zona Integritas di Lingkungan Polri Tahun 2022 di Gedung Rupatama Markas Besar (Mabes) Polri, Jakarta, Selasa (21/02).

Ada empat pesan yang dititipkan Wapres sebagai langkah peningkatan kinerja layanan publik Polri. Pertama, melanjutkan inovasi dan perbaikan kualitas semua unit layanan sehingga Polri dapat menjadi institusi yang bersih, bebas dari korupsi, dan terpercaya.

Kedua, meningkatkan kualitas SDM Polri dengan pengembangan kompetensi baik manajerial, teknis, sosial, dan spiritual sehingga berdampak pada kualitas tata kelola institusi Polri. Pesan berikutnya adalah meningkatkan dedikasi, sinergi, dan kolaborasi dengan kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah agar masyarakat memperoleh jaminan pelayanan publik yang setara, aman dan berkualitas.

20230221 Wapres Apresiasi Layanan Polri Menteri PANRB Kolaborasi Wujudkan Birokrasi Berdampak 2

Pada kesempatan tersebut, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas juga mengapresiasi kolaborasi erat yang terjalin antara Polri dan Kementerian PANRB dalam mewujudkan birokrasi berdampak. Menurut Anas, Polri punya peran penting dalam menyukseskan berbagai program pemerintah tidak terkecuali penanganan kemiskinan, penurunan stunting, peningkatan investasi, dan digitalisasi layanan pemerintahan.

“Pengalaman (saat menangani) Covid, TNI, Polri, dan kita semua berhasil melakukan langkah-langkah besar untuk menyukseskan penanganan Covid. Kalau penanganan kemiskinan, penurunan stunting, peningkatan investasi, dan digitalisasi layanan pemerintahan dikeroyok bersama-sama tentu akan bisa tercapai targetnya,” ungkap Anas.

Menteri Anas menyampaikan, Kementerian PANRB dan Mabes Polri telah melakukan evaluasi terhadap 332 Polres/Polresta/Polrestabes/Polres Metro dengan lokus evaluasi penyelenggaraan pelayanan SIM dan SKCK dengan periode penilaian dari Juli hingga November 2022. Pada tahun-tahun mendatang, penilaian ini tidak hanya fokus pada SIM dan SKCK tetapi juga inovasi birokrasi berdampak sesuai program reformasi birokrasi tematik yang telah ditetapkan pemerintah.

“Dari hasil evaluasi tersebut terdapat 47 Polres yang mendapat kategori pelayanan prima, hasil ini mengalami peningkatan dari hasil evaluasi tahun-tahun sebelumnya dimana di 2021 dengan 27 Polres dan 2020 dengan 12 Polres,” imbuhnya.

20230221 Wapres Apresiasi Layanan Polri Menteri PANRB Kolaborasi Wujudkan Birokrasi Berdampak 3

Sementara itu, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dalam sambutannya menyampaikan hingga saat ini Polri terus berupaya mewujudkan birokrasi di tubuh Polri yang berkelas dunia di semua tingkatan di seluruh Indonesia. Salah satunya dengan meningkatkan dan mengembangkan teknologi digital yang inklusif sehingga pelayanan Polri menjadi semakin efektif, produktif, dan akuntabel.

“Melalui kehadiran berbagai layanan digital dan peningkatan profesionalisme SDM, serta sarana prasarana tersebut, diharapkan pelayanan publik Polri dapat semakin berkualitas karena mampu mempercepat dan meningkatkan layanan kepada masyarakat, utamanya menghilangkan interaksi petugas dengan masyarakat, guna mencegah terjadinya potensi penyalahgunaan wewenang serta diharapkan mampu juga meningkatkan PNPB,” ujarnya.

Mengakhiri sambutannya, Kapolri berharap dukungan dari Kementerian PANRB dan seluruh stakeholder agar perbaikan kualitas pelayanan publik Polri dapat terus berlanjut. “Kami tentunya berharap dukungan tersebut dapat terus berkelanjutan dan berkesinambungan sehingga pelayanan yang kami berikan dapat memenuhi harapan masyarakat,” tandasnya. (rum/HUMAS MENPANRB)

 

Polres/Polresta/Polrestabes/Polres Metro Berpredikat Pelayanan Prima Berdasarkan Keputusan Menteri PANRB No. 1035/2022

  1. Polresta Sidoarjo
  2. Polresta Barelang
  3. Polresta Cirebon
  4. Polres Sleman
  5. Polrestabes Bandung
  6. Polres Gresik
  7. Polresta Banyuwangi
  8. Polres Tanah Laut
  9. Polrestabes Surabaya
  10. Polres Mojokerto
  11. Polres Bukittinggi
  12. Polres Banjarbaru
  13. Polres Gianyar
  14. Polres Tulang Bawang
  15. Polrestabes Palembang
  16. Polres Malang
  17. Polres Solok Kota
  18. Polres Payakumbuh
  19. Polresta Malang Kota
  20. Polres Hulu Sungai Selatan
  21. Polresta Bogor Kota
  22. Polres Kendal
  23. Polres Metro
  24. Polresta Yogyakarta
  25. Polres Cilegon
  26. Polres Tapin
  27. Polres Cilacap
  28. Polrestabes Semarang
  29. Polresta Bandung
  30. Polresta Pontianak
  31. Polres Kulonprogo
  32. Polres Nganjuk
  33. Polresta Tanjungpinang
  34. Polres Lamongan
  35. Polres Tuban
  36. Polres Kotawaringin Timur
  37. Polres Pulang Pisau
  38. Polresta Banjarmasin
  39. Polres Kotabaru
  40. Polresta Samarinda
  41. Polres Kudus
  42. Polresta Pekanbaru
  43. Polres Tanah Bumbu
  44. Polres Ogan Komering Ulu
  45. Polres Seruyan
  46. Polres Tabalong
  47. Polres Metro Tangerang Kota