Pin It

20221007 Peresmian MPP Kabupaten Purworejo 6Pemukulan gong sebagai penanda diresmikannya MPP Kabupaten Purworejo, Jumat (07/10).


PURWOREJO – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Purworejo, Jumat (07/10). Dengan diresmikannya MPP tersebut, Kabupaten Purworejo menunjukkan komitmennya untuk mengedepankan model birokrasi modern yang memanfaatkan teknologi.

“Hadirnya MPP bukan tentang besar kecilnya gedung, tapi bagaimana secara bertahap sistem digitalnya akan kita perbanyak. Apalagi kini Kementerian PANRB akan mendorong beberapa daerah MPP Digital yang terkombinasi dengan MPP yang ada,” ujar Menteri Azwar Anas.

Menteri Anas sebelumnya telah melakukan peninjauan pada Kamis (06/10). Didampingi Bupati Purworejo Agus Bastian, Menteri Anas juga meninjau dan menandatangani prasasti peresmian MPP di Kota Pejuang tersebut.

20221007 Peresmian MPP Kabupaten Purworejo 3

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa mewakili Menteri PANRB saat memberikan sambutan.


Dalam kesempatan tersebut, ia mengapresiasi Bupati Agus yang menginisiasi kehadiran MPP Kabupaten Purworejo. Tata letak dan pemanfaatan warna menjadi salah satu yang dinilai bagus oleh mantan Kepala LKPP ini. "Saya kira ini bagus. Minimalis tapi sangat oke," tambahnya.

Di sisi lain, pelayanan publik, menurut Menteri Anas tak cukup hanya dengan saling terintegrasi. Pelayanan publik juga harus mulai beranjak dari yang biasanya menggunakan kertas/dokumen, agar menjadi paperless dengan memanfaatkan teknologi.

20221007 Peresmian MPP Kabupaten Purworejo 4
Senada dengan pernyataan tersebut, Bupati Purworejo Agus Bastian menyatakan siap untuk mulai melakukan peningkatan kualitas pelayanan publik. "Pemerintah Kabupaten Purworejo terus melakukan optimalisasi pelayanan publik, termasuk transformasi digital melalui smart city," tuturnya dalam acara Peresmian MPP Kabupaten Purworejo, di Jawa Tengah, Jumat (07/10).

Diakuinya, dengan adanya MPP, tantangan kedepan tak lagi sebatas menghadirkan pelayanan terintegrasi. Namun lebih dari itu adalah bagaimana mempertahankan dan meningkatkan pelayanan publik yang ada di dalamnya. (nan/HUMAS MENPANRB)