Pin It

Kamis, 10 Maret 2022 | Jakarta

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Shalom, Oom Swastyastu,
Namo Buddhaya,
Salam kebajikan,

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua,

Pertama-tama kami menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh Personel Kepolisian Negara Republik Indonesia atas pelayanan yang diberikan untuk menciptakan ketertiban dan keamanan di seluruh daerah di Indonesia. Khususnya pada masa pandemi saat ini, Polri senantiasa berada di garda terdepan untuk memastikan program penanganan pandemi berjalan sesuai dengan arahan Presiden dan Wakil Presiden.

Polri ikut mengawal mulai dari aspek mendasar masyarakat selama menghadapi pandemi, dengan program Kampung Tangguh yang fokus pada pemberdayaan masyarakat dalam peningkatan kualitas kesehatan dan aktivitas perekonomian. Polri juga mengawal dalam upaya mewujudkan herd immunity yang dicanangkan oleh Pemerintah melalui program vaksinasi Covid-19 untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Polri telah menunjukkan budaya kolaborasi yang patut dicontoh karena mampu mewujudkan kerja sama dengan berbagai pihak, baik dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI), Pemerintah Daerah, Dinas Kesehatan, dan lembaga-lembaga swasta hingga tingkat pedesaan dan RT/RW.

Hadirin yang saya hormati,

Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam beberapa tahun terakhir telah menunjukkan transformasi yang luar biasa, khususnya dalam pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Telah banyak inovasi pelayanan publik berbasis teknologi yang diluncurkan untuk memberikan kemudahan mengakses pelayanan publik.

SIM Nasional Presisi (SINAR) yang menjadi bagian dari Digital Korlantas POLRI merupakan satu diantara sekian banyak inovasi yang dapat memberikan alternatif bagi masyarakat kita yang sudah semakin akrab dengan dunia digital serta sangat mengharapkan kecepatan dan kemudahan mendapatkan pelayanan. Di lingkup Intelkam, penerapan SKCK Online juga telah secara nyata dapat dirasakan oleh masyarakat untuk melakukan pengurusan SKCK dengan lebih mudah dan efisien.

Pelayanan kepolisian kini dapat diakses dalam genggaman melalui Aplikasi PolisiKu yang menyediakan berbagai layanan seperti: Panggilan telepon Call Center 110, mencari Pos Polisi terdekat, melakukan pengaduan, penyaluran informasi dari Humas Polri, menyampaikan aspirasi, hingga layanan SIM dan SKCK Online.

Hadirin yang saya hormati,

Kami juga mencatat berbagai inovasi pelayanan Polri yang mendapatkan penghargaan dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik yang diselenggarakan oleh Kementerian PANRB secara khusus di Tahun 2021, diantaranya:

  1. Si Cakep Keliling, inovasi yang diinisiasi oleh Polres Musi Banyuasin.
  2. Rumbai Koteka (Rumah Belajar Masyarakat Kokoda Klawasi), inovasi yang diinisiasi oleh Polda Papua Barat.
  3. Panic Button On Hand, yang diinisiasi oleh Polresta Malang Kota untuk memberikan bantuan darurat penanganan pasien Covid 19.

Hadirin yang saya hormati,

Pelayanan publik merupakan wujud reformasi birokrasi. Upaya untuk mewujudkan pelayanan publik berkelas dunia dapat kita wujudkan dengan kolaborasi dan komitmen yang terus menerus dari seluruh pihak, serta dengan memanfaatkan kemajuan TIK secara optimal, dan terus meningkatkan kapasitas personel SDM Polri.

Saya juga menyampaikan selamat dan apresiasi yang sangat tinggi, khususnya kepada seluruh Kapolres yang telah menunjukkan prestasi yang luar biasa dalam mewujudkan pelayanan prima di lingkup tugas pelayanannya. Semoga komitmen dan budaya pelayanan prima ini dapat ditularkan kepada seluruh Polres yang ada di Indonesia, sehingga masyarakat yang kita layani akan semakin merasakan kehadiran negara terutama melalui kehadiran Polri.

Sekian dan terima kasih.

MENTERI PANRB
TJAHJO KUMOLO


Cetak   E-mail