JAKARTA – Rangkaian proses penilaian Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tahun 2023 yang digelar oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah usai. Penilaian tersebut menghasilkan Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji yang terdiri dari Top 45 Inovasi Kelompok Umum dan 5 pemenang Outstanding Achievement of Public Service Innovation.
Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa menyebutkan bahwa penilaian KIPP Tahun 2023 tersebut dilakukan secara independen dan akuntabel oleh Tim Evaluasi dan Tim Panel Independen tanpa intervensi dari pihak manapun. “Finalis Top Inovasi, yang terdiri dari Top 99 inovasi kelompok umum dan Top 15 inovasi kelompok khusus, telah menjalani proses penilaian lanjutan berupa presentasi dan wawancara serta verifikasi dan observasi lapangan,” ujarnya dalam Pengumuman Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji Tahun 2023 di Jakarta, Senin (31/07).
Diah menuturkan, pembinaan inovasi pelayanan publik tidak berhenti di KIPP. Bagi Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji diminta untuk secara terbuka agar inovasi tersebut dapat direplikasi secara luas.
“Sebagai inovasi yang terpilih menjadi Top Inovasi Pelayanan Publik, kami sangat berharap inovasi Bapak/Ibu tersebut dapat direplikasi secara luas baik di dalam satu instansi maupun juga antar-instansi lain,” jelasnya.
Diah juga mendorong agar pimpinan instansi untuk melakukan scaling up terhadap inovasi yang ada di wilayahnya untuk diterapkan dalam skala yang lebih luas. Perlu diketahui bahwa Kementerian PANRB telah mengeluarkan Surat Edaran No. 16/2023 tentang Penguatan Penyelenggaraan Praktik Baik Bidang Pelayanan Publik pada Instansi Pemerintah, yang ditujukan untuk mendorong tumbuhnya budaya inovasi pada instansi pemerintah melalui berbagai langkah pelembagaan inovasi pelayanan publik.
Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa
Apresiasi disampaikan Diah kepada para peserta KIPP yang inovasinya telah terpilih menjadi Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji Tahun 2023. “Saya mewakili Menteri PANRB mengucapkan selamat kepada para pimpinan instansi dan seluruh jajaran atas keberhasilannya melewati proses penilaian KIPP yang panjang,” pungkasnya.
Sebagai informasi, pengumuman terkait Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji Tahun 2023 dapat dilihat selengkapnya pada Keputusan Menteri PANRB No. 558/2023 tentang Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN, dan BUMD Tahun 2023, atau dapat diunduh melalui: https://jdih.menpan.go.id/. (fik/HUMAS MENPANRB)
Daftar Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji Tahun 2023
Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2023
Klaster Kementerian
- Kementerian Badan Usaha Milik Negara – Pasar Digital Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PaDi UMKM), dari BUMN untuk UMKM Indonesia
- Kementerian Keuangan – CEISA Barang Kiriman (Consignment Note): Kemudahan Impor Barang Kiriman Pekerja Migran Indonesia secara cepat, humanis dan akuntabel
- Kementerian Keuangan – Sistem Informasi Mineral dan Batubara Antar-Kementerian/Lembaga (SIMBARA)
- Kementerian Pertanian – Biochar Three in One (BIOTRON)
Klaster Lembaga
- Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan – Membangun Akuntabilitas Keuangan Desa dengan Aplikasi Siskeudes (Sistem Keuangan Desa)
- Badan Riset dan Inovasi Nasional – Malam Batik Sawit
- Kepolisian Negara RI – Polisi Hebat Semarang (LIBAS)
Klaster Pemerintah Provinsi
- Pemerintah Provinsi Bali – CGO (Credit Guarantee Officer)
- Pemerintah Provinsi Jawa Timur – LAPOR PAK (Layanan Perempuan dan Anak Korban Kekerasan) TANGKAS TUNTAS
- Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat – Revitalisasi BLK melalui Pelatihan dan Pemberdayaan Tenaga Kerja Terpadu Plus (PePADu Plus)
Klaster Pemerintah Kabupaten
- Pemerintah Kab. Balangan – PuLPenDaCil (Perluasan Layanan Pendidikan di Daerah Terpencil)
- Pemerintah Kab. Banggai – Ambulance Dering Ibu Hamil
- Pemerintah Kab. Banggai Laut – DUKCAPIL MENYAPA
- Pemerintah Kab. Bangka – REKLAMASI LAUT
- Pemerintah Kab. Banyuwangi – Layanan Inklusif Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Dengan Pendekatan Hati (LEBUR SEKETI)
- Pemerintah Kab. Bengkulu Utara – Inovasi Gardu Penangkis (Gerakan Terpadu Penanggulangan Kemiskinan)
- Pemerintah Kab. Bintan – Kampung Kerupuk Modern
- Pemerintah Kab. Blitar – WINGS (Wlingi Emergency Medical Services)
- Pemerintah Kab. Deli Serdang – Demi Sepeda Bagus: Sebuah Model Layanan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Melalui PKBM, Inklusi Sosial, Pendidikan Keluarga, Kolaborasi Stakeholder, dan Pembelajaran Berdiferensiasi di Kabupaten Deli Serdang
- Pemerintah Kab. Gorontalo – Si Prima (Sistem Informasi Pelayanan Terintegrasi Identitas Masyarakat)
- Pemerintah Kab. Jombang – Ekowisata Wonosalam Permata Hati (Perlindungan Mata Air dan Hutan Berbasis Partisipasi)
- Pemerintah Kab. Kebumen – MIE KERITING (Makanan Instan cEgah KERdIl dan stunTING)
- Pemerintah Kab. Klungkung – POKOK (Pondok Kompos Osaki Klungkung)
- Pemerintah Kab. Kutai Kartanegara – Kawasan Masyarakat Pertanian Unggulan Rakyat Sejahtera Mandiri Pangan (Kampung Raja Mapan)
- Pemerintah Kab. Malang – PUTIKSARI (Kampung Tematik Wonosari Berseri)
- Pemerintah Kab. Pamekasan – SANG SULTAN (Strategi Pengembangan Sapi Madura Bibit Secara Simultan)
- Pemerintah Kab. Pinrang – SIBER (Skilled Breeder)
- Pemerintah Kab. Sambas – INSANAK (Internet Pedesaan Akomodatif)
- Pemerintah Kab. Soppeng – SUTASOMA (Sistem Perlindungan Petani Soppeng Maju dan Sejahtera)
- Pemerintah Kab. Sukoharjo – Semangat Bangun Desa Melalui Program Kampung Iklim (SEMBADA PROKLIM)
- Pemerintah Kab. Sumbawa Barat – Gotong Royong Menuju Tuntas Lima Pilar Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat
- Pemerintah Kab. Sumedang – Angka Stunting Sumedang Turun 20 Persen Dalam Waktu 3 Tahun dengan Aplikasi SIMPATI
- Pemerintah Kab. Sumenep – SiKaPal (Sistem Keamanan Pelayaran)
- Pemerintah Kab. Wonosobo – Mengolah Kol Segar, Maksimalkan Potensi
Klaster Pemerintah Kota
- Pemerintah Kota Batu – Alih Media Arsip Tanah (ADIARTA)
- Pemerintah Kota Denpasar – RADITYA (Radio Inklusi Menuju Kota Denpasar Maju dan Jaya)
- Pemerintah Kota Kediri – EMAS LIMA GRAM (English Massive Lintas Masyarakat Gratis Maksimal) Kota Kediri
- Pemerintah Kota Malang – JARIK MA'SITI (Belajar Menarik Bersama Siswa Istimewa)
- Pemerintah Kota Mojokerto – CANTING GULA MOJO (CegAh stuNTING, Gerak UngguL pemberdAyaan Masyarakat kOta moJOkerto)
- Pemerintah Kota Padang Panjang – Smart Water Management System (SWMS) PDAM Kota Padang Panjang
- Pemerintah Kota Semarang – PANGERAN DIPONEGORO (Pencapaian Program UHC Kota Semarang 100% Didukung dengan Peran Lintas Program dan Lintas Sektor Secara Gotong Royong)
- Pemerintah Kota Surabaya – SAYANG WARGA (Sistem lAYanan dan pendAmpiNGan WARGa surabayA)
- Pemerintah Kota Tarakan – Si Dokter Serasi
- Pemerintah Kota Yogyakarta – Jogja Smart Service (JSS)
Klaster BUMN
- PT Taspen (Persero) – TOOS (Taspen One Hour Online Service)
Outstanding Achievement of Public Service Innovation (OAPSI) Tahun 2023
- Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan – Melalui PROPER Tingkatkan Ketaatan, Pacu Efisiensi, Dorong Inovasi Industri, dan Berdayakan Masyarakat untuk Pembangunan Berkelanjutan
- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta – CEK DAN SADARI (Cegah Kanker Serviks dengan Mobil Deteksi Kanker HIBISCUS dan Motor BUNGA INDAH)
- Provinsi Kalimantan Utara – PROLANTERAKU (Program Layanan Dokter Terbang Kalimantan Utara)
- Pemerintah Kab. Bantul – Gelimasjiwo menuju SIMANTAP SEJAGAT (Sistem Manajemen Terpadu Kesehatan Jiwa Jaga Masyarakat)
- Pemerintah Kab. Grobogan – Rumah Kedelai Grobogan (RKG)