Melihat Cerminan Transformasi Pelayanan Melalui MPP

20220620 Peresmian MPP Kota Jambi 8Suasana peninjauan pelayanan di MPP Kota Jambi usai diresmikan pada Senin (20/06).   JAMBI – Kehadiran Mal Pelayanan Publik (MPP) bukan sekadar menyatukan berbagai pelayanan dalam satu tempat. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memastikan bahwa hadirnya MPP menjadi cerminan transformasi birokrasi dalam pelayanan publik yang semakin efisien...

Sepuluh Hari Jelang Batas Pengusulan Zona Integritas pada Akhir Juni 2022

20220620 Sepuluh Hari Jelang Batas Pengusulan Zona Integritas pada Akhir Juni 2022 1   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menetapkan batas akhir pengusulan unit kerja dalam Evaluasi Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) hingga 30 Juni 2022. Sementara, kuota pengusulan bagi tiap-tiap kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah telah...

Kerja Sama Indonesia-Korea Menuju ‘Future Government’

20220617 Ministerial Meeting Kementerian PANRB dengan MoIS Korea Selatan 9Minister of Interior and Safety (MoIS) Lee Sang-min dan Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini dalam Ministerial Meeting antara Kementerian PANRB dengan MoIS Korea Selatan, di Jakarta, Jumat (17/06).   JAKARTA – Indonesia melakukan perubahan paradigma menuju tata kelola pemerintahan di masa datang melalui modernisasi birokrasi dengan menerapkan transformasi digital. Dengan kolaborasi...

Lima Spektrum untuk Tingkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pelayanan Publik

20220615 Lima Spektrum untuk Tingkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pelayanan Publik 2Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis Survei Kepuasan Masyarakat dan Forum Konsultasi Publik Tahun 2022, di Bengkulu, Rabu (15/06).   BENGKULU – Masyarakat memiliki peran penting dalam peningkatan kualitas pelayanan publik. Sebagai pengguna layanan, masyarakat diharapkan aktif dalam memberikan masukan atas penyelenggaraan pelayanan...

Jawab Kebutuhan Masyarakat, MPP Kota Jambi Segera Diresmikan

20220619 DEP YANLIK Gedung MPP Kota Jambi 1Mal Pelayanan Publik Kota Jambi   JAMBI – Kota Jambi merupakan daerah selanjutnya yang akan meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP). MPP Kota Jambi akan menjadi MPP ke-59 di Indonesia dan yang ke-9 di Pulau Sumatra. MPP di Tanah Pilih Pesako Betuah ini rencananya akan diresmikan oleh Menteri PANRB Tjahjo Kumolo...

Berbagi Pengalaman Pelayanan Publik Digital dengan Korea Selatan

20220617 Kunjungan MOIS ke MPP DKI Jakarta 4 Minister of Interior and Safety (MoIS) Korea Selatan Lee Sang-min saat berkunjung ke MPP Provinsi DKI Jakarta, pada Kamis (16/06)   JAKARTA – Korea Selatan dikenal menjadi salah satu pionir dalam penerapan e-government di dunia. Kesiapan insfrastruktur maupun masyarakatnya dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, membuat Korea Selatan terdepan dalam...

Pengusulan ZI Kian Dekat, Kementerian PANRB Gelar Forum Komunikasi Zona Integritas

20220615 Pertemuan Forum Komunikasi ZI 2022 1Deputi bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PANRB Erwan Agus Purwanto saat membuka Forum Komunikasi Zona Integritas 2022 dengan Tim Penilai Internal (TPI) secara daring, Rabu (15/06).   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menggelar Forum Komunikasi Zona Integritas (ZI) sebagai upaya menunjang kelancaran...

Bilateral Meeting Indonesia-Korea Jajaki Kerja Sama Lanjutan

20220617 Bilateral Meeting Indonesia Korea 7Suasana Bilateral Meeting Indonesia-Korea, di Jakarta, Jumat (17/06).   JAKARTA – Kerja sama yang dibangun antara Indonesia dan Korea pada bidang digitalisasi sistem pemerintahan akan terus dikembangkan ke beragam bidang lainnya. Salah satu upaya penjajakan kerja sama dikemas dalam Bilateral Meeting yang melibatkan bidang kependudukan dan pencatatan sipil, perpajakan, pusat...

Puncak Kompetisi Pengelolaan Pengaduan, Pemerintah Tidak Boleh Tutup Mata dan Telinga Terhadap Aduan Masyarakat

20220616 Awarding P4 Ke 4 17Suasana acara Penganugerahan Penghargaan Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (P4) ke-4 di Jakarta, Kamis (16/06).   JAKARTA – Rangkaian Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik ke-4 mencapai garis akhir. Puncaknya, piala Anggakara Birawa dipersembahkan kepada 17 instansi pemerintah pemenang Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik ke-4. Piala tersebut diserahkan oleh Sekretaris Kementerian Pendayagunaan...

17 Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik Akan Terima Anggakara Birawa

20220615 Awarding Kompetisi P4   JAKARTA – Sebanyak 17 pemenang dari 51 peserta terbaik pada Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik ke-4 akan menerima Piala Anggakara Birawa. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo dijadwalkan memberikan penghargaan tersebut di Jakarta, pada Kamis (16/06). Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa mengungkapkan,...

Melihat Dampak Nyata Digitalisasi Kanal Pengaduan Pelayanan

20220617 Melihat Dampak Nyata Digitalisasi Kanal Pengaduan Pelayanan 1Penganugerahan Penghargaan Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik ke-4.   JAKARTA – Sistem pengaduan pelayanan cepat atau lambat akan sepenuhnya melalui kanal digital. Perumda Air Minum Tugu Tirta Pemerintah Kota Malang dan RSUD Bendan Pekalongan telah membuktikan bahwa digitalisasi pengaduan tidak hanya mempermudah masyarakat, tetapi juga memudahkan pengelola, hingga meningkatkan kepercayan...

Indonesia-Korea Perkuat Pemerintahan Berbasis Digital

20220617 Digital Government Cooperation Forum 2022 2Minister of the Interior and Safety (MoIS) Lee Sang-min dan Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini saat menghadiri Korea-Indonesia Digital Government Cooperation Forum, di Jakarta, Kamis (16/06).   JAKARTA – Keberhasilan Korea Selatan dalam melakukan transformasi digital secara komprehensif membuat negaranya mampu menerapkan teknologi dalam berbagai bidang, tidak terkecuali pada sistem...

Mendorong Kehadiran MPP di Bumi Rafflesia

20220614 Mendorong Kehadiran MPP di Bumi Rafflesia 1 Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa dalam Rapat Asistensi Penerapan PTSP di Daerah se-Provinsi Bengkulu Tahun 2022 di Kota Bengkulu, Selasa (14/06).    BENGKULU – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (PANRB) terus melakukan pendampingan ke berbagai daerah di Indonesia untuk menyiapkan kehadiran Mal Pelayanan Publik (MPP). Salah...