Foto: istimewa
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyelenggarakan Evaluasi dan Pendampingan Pengelolaan Pengaduan SP4N-LAPOR! Pemerintah Daerah Wilayah Timur di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (27/07). Kegiatan tersebut dibuka oleh Asisten Deputi Bidang Transformasi Digital Pelayanan Publik Kementerian PANRB Yanuar Ahmad. Pendampingan ini digelar dengan tujuan meningkatkan pengelolaan pengaduan melalui Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat atau SP4N-LAPOR!.
Sebanyak 120 peserta dari 60 instansi perwakilan pemerintah daerah wilayah timur hadir dalam acara yang digelar secara luring ini. Diharapkan, pemda yang hadir bisa memastikan tindak lanjut atas laporan yang statusnya masih belum mendapatkan tindak lanjut, melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat luas, baik secara daring maupun luring, serta mengolah dan memanfaatkan data pengaduan sebagai dasar kebijakan dalam peningkatan kualitas pelayanan publik.
Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sulawesi Selatan, Amson Padolo, serta para pejabat pemerintah daerah wilayah Indonesia Timur. Kegiatan ini diisi pula oleh pemaparan dari dua unit kerja yang dijadikan contoh terbaik dalam pengelolaan SP4N. Dua narasumber itu ialah Sub-Koordinator Pengelola Data dan Electronic Government Diskominfo Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Paisal serta Analis Kebijakan Ahli Muda Nagian Organisasi Pemkab Gowa, Indra Said.