Foto: HUMAS MENPANRB
Rombongan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melakukan kunjungan ke Community Center di Mukhrani, Georgia, Rabu (08/06). Community Center merupakan cabang dari pelayanan terintegrasi Public Service Hall yang berlokasi di daerah pedesaan dan jauh dari lokasi penyelenggaraan pelayanan publik. Hingga saat ini, terdapat 88 unit Community Center yang tersebar di seluruh Georgia.
Community Center di Mukhrani berdiri pada tahun 2019 dan menyediakan sebanyak 215 layanan, seperti pendaftaran urusan pertanahan, layanan sosial, pendaftaran pernikahan/perceraian, dsb. Menariknya, dari banyaknya layanan tersebut hanya dilayani oleh sekitar 4-6 meja layanan. Untuk memudahkan pelayanan, Community Center juga memiliki beberapa unit mobil untuk memberikan mobile service kepada daerah-daerah yang sulit dijangkau.
Selain penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non-perizinan di bidang pelayanan publik, Community Center juga memiliki perwakilan dari balai kota yang bertugas untuk menerima keluhan dan masukan dari masyarakat, yang bertujuan untuk menemukan solusi bersama atas permasalahan yang dihadapi.
Dalam kunjungannya Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa menyampaikan rasa syukurnya karena bisa melihat langsung bentuk lain penyelenggaraan pelayanan publik di luar negeri, untuk kemudian diambil manfaat dan diimplementasikan lebih lanjut di Indonesia.
Turut mendampingi kunjungan tersebut Staf Ahli bidang Politik dan Hukum Kementerian PANRB Muhammad Imanuddin, serta Asisten Deputi Perumusan Sistem dan Strategi Kebijakan Pelayanan Publik Kementerian PANRB Muhammad Yusuf Kurniawan.