Pin It

20211007 Meninjau MPP Kota Balikpapan dan MPP Kota Samarinda 9

20211007 Meninjau MPP Kota Balikpapan dan MPP Kota Samarinda 9

20211007 Meninjau MPP Kota Balikpapan dan MPP Kota Samarinda 9

20211007 Meninjau MPP Kota Balikpapan dan MPP Kota Samarinda 9

20211007 Meninjau MPP Kota Balikpapan dan MPP Kota Samarinda 9

20211007 Meninjau MPP Kota Balikpapan dan MPP Kota Samarinda 9

20211007 Meninjau MPP Kota Balikpapan dan MPP Kota Samarinda 9

20211007 Meninjau MPP Kota Balikpapan dan MPP Kota Samarinda 9

20211007 Meninjau MPP Kota Balikpapan dan MPP Kota Samarinda 9

Foto: HUMAS MENPANRB

 

Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa didampingi Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik II Noviana Andrina meninjau persiapan penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (07/10). Dalam kegiatan tersebut, dilakukan sejumlah peninjauan, baik kesiapan sarana dan prasarana maupun alur pelayanan. MPP Kota Balikpapan telah beroperasi sejak 9 Februari 2021 lalu, dengan 15 instansi yang telah bergabung antara lain DPMPT, LKPM, Dinas Tenaga Kerja, Loka POM, Pegadaian, PT Pos Indonesia, BPJamsostek, BPJS Kesehatan, Perumda Tirta Manuntung, BJB, BPPDRD, Disnaker, Disdukcapil, Satgas Covid-19, dan Taspen.

Pemerintah Kota Balikpapan telah menandatangi MoU penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik pada tahun 2021 lalu bersama 38 pemerintah kabupaten/kota lainnya. Saat ini, pemberian pelayanan difokuskan pada lantai satu gedung Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (DPMPT), dan back office berada di lantai dua hingga empat. Kedepan pemberian pelayanan akan memanfaatkan lantai satu dan dua.

Diah berpesan agar perluasan pemanfaatan gedung MPP tidak mengganggu jalannya proses pelayanan bagi masyarakat. Diharapkan MPP Kota Balikpapan dapat segera diresmikan dan menjadi MPP kedua yang ada di Provinsi Kalimantan Timur setelah MPP Kota Samarinda.

Selanjutnya Diah juga meninjau persiapan pemindahan pelayanan pada gedung baru MPP Kota Samarinda yang terletak di Jalan Pahlawan, Kota Samarinda. Gedung MPP yang baru ini memiliki lima lantai dan direncanakan lantai satu sampai tiga digunakan sebagai penyediaan pelayanan serta lantai empat dan lima untuk back office. Diah berpesan gedung baru ini agar memanfaatkan IT dengan maksimal dan menekankan pentingnya sosialisasi serta publikasi MPP Kota Samarinda.

Sebagai informasi, MPP Kota Samarinda telah diresmikan pada 2019, mengintegrasikan 154 jenis layanan dari 22 instansi. Selain layanan tatap muka, MPP Kota Samarinda juga menyediakan layanan daring yang diberikan oleh PT Taspen, KPP Pratama, BPJS Kesehatan, Imigrasi, PT Telkom, DPMPTSP Kota Samarinda, dan Disdukcapil Kota Samarinda.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala DPMPT Kota Balikpapan Elvin Junaidi, Kepala DPMPTSP Kota Samarinda, Jusmaramdhana Alus, serta jajaran terkait.


Cetak   E-mail