Pin It

20211029 Meninjau Persiapan MPP Karanganyar dan Polres Karanganyar 8

20211029 Meninjau Persiapan MPP Karanganyar dan Polres Karanganyar 8

20211029 Meninjau Persiapan MPP Karanganyar dan Polres Karanganyar 8

20211029 Meninjau Persiapan MPP Karanganyar dan Polres Karanganyar 8

20211029 Meninjau Persiapan MPP Karanganyar dan Polres Karanganyar 8

20211029 Meninjau Persiapan MPP Karanganyar dan Polres Karanganyar 8

20211029 Meninjau Persiapan MPP Karanganyar dan Polres Karanganyar 8

20211029 Meninjau Persiapan MPP Karanganyar dan Polres Karanganyar 8

Foto: HUMAS MENPANRB

 

Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Diah Natalisa meninjau persiapan penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Jumat (29/10). Diah menyampaikan MPP ini dapat memangkas birokrasi dalam hal proses perizinan usaha menjadi lebih cepat dan mudah, sehingga akan berdampak pada peningkatan peringkat Indonesia dalam rangka Ease of Doing Business (EoDB).

Bupati Karanganyar Juliyatmono, menyampaikan MPP Karanganyar akan dilakukan uji coba layanan atau soft launching yang direncanakan bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Karanganyar dengan mengusung konsep “Karanganyar Central of Life Nusantara”. Akan ada 24 instansi yang terintegrasi, terdiri dari OPD Kabupaten Karanganyar dan instansi vertikal dengan jumlah layanan sebanyak 281 layanan.

Sebagai informasi Pemerintah Kabupaten Karanganyar telah menandatangi MoU penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik pada bulan Maret 2021 lalu bersama 38 pemerintah kabupaten/kota lainnya. Gedung MPP ini terdiri dari dua lantai, lantai 1 difungsikan untuk ruang pelayanan, sedangkan lantai 2 untuk kantor DPMPTSP. Desain industrial minimalis menjadi pilihan Pemkab Karanganyar karena dinilai lebih hemat biaya namun secara fungsi tetap maksimal.

Diah mengapresiasi Pemkab Karanganyar karena bisa membangun gedung baru, tidak banyak daerah yangg bisa melakukakan akselerasi didalam kondisi pandemi. Kabupaten Karanganyar dinilai dapat melakukan progres yang baik untuk pembangunan MPP sejauh ini.

Selanjutnya, Diah dan tim juga berkesempatan mengunjungi Polres Karanganyar. Seluruh unit pelayanan dari Polres Karanganyar ditempatkan di satu atap gedung, agar proses layanan semakin mudah karena semuanya terintegrasi di satu tempat. Sistem aplikasi Pelayanan Warga Terpadu atau Si Lawu merupakan inovasi yang diusung Polres Karanganyar untuk memudahkan pengguna layanan dalam mengakses informasi, pendaftaran, penginputan dokumen pengajuan, hingga ke pengaduan masyarakat. Diah sangat mengapresiasi Polres Karanganyar dalam mengembangkan inovasi pelayanan.

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Karanganyar, Kapolres Karanganyar AKBP M. Syafi Maula, Kejaksaan RI Suhartoyo, Kepala DPMPTSP Kabupaten Karanganyar Timotius, Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah III Kementerian PANRB M. Yusuf, serta jajaran terkait.


Cetak   E-mail