Pin It

20211018 Meninjau Persiapan MPP Kota Palangka Raya 9

20211018 Meninjau Persiapan MPP Kota Palangka Raya 9

20211018 Meninjau Persiapan MPP Kota Palangka Raya 9

20211018 Meninjau Persiapan MPP Kota Palangka Raya 9

20211018 Meninjau Persiapan MPP Kota Palangka Raya 9

20211018 Meninjau Persiapan MPP Kota Palangka Raya 9

20211018 Meninjau Persiapan MPP Kota Palangka Raya 9

20211018 Meninjau Persiapan MPP Kota Palangka Raya 9

Foto: HUMAS MENPANRB

 

Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Diah Natalisa meninjau persiapan penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Senin (18/10). Pemkot Palangka Raya telah melakukan penandatanganan MoU Penyelenggaraan MPP pada tahun 2021. Pembangunan MPP Kota Palangka Raya mengusung kearifan lokal dengan filosofi Huma Betang. Huma yang artinya rumah dalam bahasa Dayak Ngaju, mengedepankan musyawarah mufakat, kesetaraan, kejujuran, dan kesetiaan.

MPP memanfaatkan gedung kantor DPMPTSP yang telah direnovasi yang berada di pusat kota di Jl. Yos Soedarso No. 02, Palangka Raya. Saat ini telah bergabung sebanyak 12 instansi antara lain DPMPTSP, Bank Kalteng, BPJS Kesehatan, Polresta Palangka Raya, Kejaksaan Negeri, Samsat, Kementerian Agama, BNN, PDAM, PLN, Ombudsman, dan OSS. Selain itu MPP juga menyediakan berbagai akses layanan secara online yang dapat di akses melalui website https://mpp.palangkaraya.go.id.

Selanjutnya, Diah mengunjungi inovasi pelayanan sertifikat yang terintegrasi melalui Sistem Informasi Cermat, Akuntabel, dan Simpatik atau SiCantik pada Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Palangka Raya. Inovasi tersebut berhasil mendapatkan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2020.

SiCantik merupakan hasil replikasi dari inovasi Jesika Imut dari SKIPM Bandung yang mendaparkan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2018. Dengan cakupan wilayah Provinsi Kalimantan Tengah, aplikasi SiCantik ini mampu mempermudah pengguna jasa dalam proses sertifikasi karantina ikan dan mutu hasil perikanan baik pengiriman domestik maupun ekspor.

Saat ini aplikasi tersebut sedang dikembangkan penambahan beberapa fitur sistem antrian online dan fitur konsultasi online yang dapar diakses dengan aplikasi Halo Si Cantik. Diah berharap UPT BKIPM dan UPT KKP lain dapat mereplikasikan aplikasi tersebut dengan menyesuaikan kebutuhan masing-masing.

Rangkaian kegiatan itu dihadiri pula oleh Sekda Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu; Kepala Pusat Standarisasi, Sistem, dan Kepatuhan, Teguh Samudro; Kapolresta Palangka Raya, Kombes Pol Sandi Alfadien, Kepala SKIPM Kota Palangka Raya, Iromo, serta jajaran terkait.


Cetak   E-mail