Foto: don/HUMAS MENPANRB
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) meluncurkan Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik ke-4, secara hibrida, Kamis (17/02).
Peluncuran dilakukan oleh Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa yang disaksikan secara virtual oleh para instansi pengelola SP4N-LAPOR! di tingkat nasional. Peluncuran ini menandai dimulainya kompetisi yang terbuka bagi instansi pemerintah, BUMN, BUMD, dan Unit Penyelenggara Pelayanan Publik (UPP) sebagai unit pelaksana yang menyelenggarakan pengelolaan pengaduan publik.
Dalam sambutannya Diah mengungkapkan, pemerintah menyadari laporan atau pengaduan pelayanan publik merupakan amunisi dalam pelaksanaan tugas pemerintahan. Karenanya, pemerintah menggelar kompetisi ini untuk mendorong pengelolaan pengaduan yang ideal, sekaligus memberikan penghargaan kepada instansi yang telah mengelola pengaduan pelayananan publik dengan baik.
Turut hadir secara daring pada kegiatan tersebut, Resident Representative UNDP Indonesia Norimasa Shimomura, Country Director KOICA Indonesia Yun Gil Jeong, Asisten Deputi Transformasi Digital Pelayanan Publik Kementerian PANRB Yanuar Ahmad, serta perwakilan dari Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kantor Staf Presiden, dan Ombudsman RI, selaku instansi pengelola SP4N-LAPOR! di tingkat nasional.