Foto: HUMAS MENPANRB
Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Diah Natalisa meninjau sejumlah layanan yang ada di Bogor, antara lain Gerai Pelayanan Publik (GPP) Kab. Bogor dan Polresta Bogor Kota. GPP Kab. Bogor berlokasi di lantai B2 AEON Mal Sentul dengan luas 361 meter persegi dengan 19 jenis layanan dari 8 instansi yang bergabung. Instansi dalam gerai ini, antara lain Polres Bogor, Imigrasi Kelas II Bogor, Bappeda Kab. Bogor, PDAM Kab. Bogor, Bank BJB, Dukcapil Kab. Bogor, DPMPTSP Kab. Bogor, serta Badan Pertanahan Nasional Kab. Bogor.
Selama pandemi GPP Kab. Bogor beroperasi pada hari Senin hingga Jumat pukul 10.00 WIB sampai 16.00 WIB, dan pada hari Sabtu pukul 10.00 WIB sampai 14.00 WIB. Perlu diketahui, Pemerintah Kabupaten Bogor telah menandatangani MoU Pembentukan MPP Tahun 2021 dan akan segera terbentuk pada 2022 mendatang.
Selanjutnya Diah berkesempatan meninjau pelayanan SIM dan SKCK Polresta Bogor Kota. Pada tahun 2020 Polresta Bogor Kota mendapat indeks pelayanan publik dengan kategori Baik (3.58), dengan skala 1-5. Diah meninjau alur pelayanan, ruang laktasi, fasilitas disabilitas, pengaduan dan pengawasan, serta layanan lain.
Diah menyampaikan upaya yang dapat dilakukan dalam rangka perbaikan kualitas pelayanan publik baik dari aspek kebijakan, sarana prasarana, professional SDM hingga pengembangan inovasi pelayanan publik.
Dalam kegiatan tersebut, hadir pula Kapolresta Bogor Kota Kombespol Susatyo Purnomo Condro, Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah II Kementerian PANRB Noviana Andrina, Asisten Deputi Sistem Informasi Pelayanan Publik Yanuar Ahmad, Sekretaris Dinas DPMPTSP Kab. Bogor Asep Hernawan, serta jajaran terkait.