Foto: nan/HUMAS MENPANRB
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Magelang di Magelang, Jawa Tengah, Kamis (17/03). Peresmian tersebut dilakukan bersama dengan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sumarno, Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz, Wakil Wali Kota Magelang M. Mansyur, serta Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa.
Dengan diresmikannya pada hari ini, MPP Kota Magelang menjadi MPP ke-11 di wilayah Provinsi Jawa Tengah serta ke-54 di Indonesia. MPP di Kota Militer ini menghadirkan 303 jenis layanan dari 26 instansi pemerintah, BUMN/D, serta swasta.
Dalam sambutannya, Menteri Tjahjo menyampaikan bahwa MPP merupakan wujud transformasi birokrasi ke model modern dengan menyatukan berbagai pelayanan untuk memudahkan perizinan usaha yang akan meningkatkan daya saing. Keberhasilan MPP dapat dilakukan dengan mengontrol SDM dan fasilitas agar tetap prima serta akses teknologi informasi untuk memastikan bisnis proses berjalan dengan baik.
Hadir dalam kesempatan ini Sekretaris Eksekutif Komite Pengarah Reformasi Birokrasi Nasional Eko Prasojo, Plt. Staf Ahli Bidang Aparatur dan Pelayanan Publik Kementerian Dalam Negeri La Ode Ahmad Balombo, Kepala Biro RBP Polri I Wayan Sunartha, Sekretaris Daerah Kota Magelang Joko Budiyono, serta Forkopimda Kota Magelang.
Dari Kementerian PANRB hadir Asisten Deputi Standardisasi Pelayanan Publik dan Pelayanan Inklusif Noviana Andrina, Plt. Asisten Deputi Koordinasi dan Fasilitasi Strategi Pengembangan Praktik Terbaik Pelayanan Publik M. Yusuf Kurniawan, serta Kepala Biro Data, Komunikasi, dan Informasi Publik M. Averrouce.