Foto: fik/HUMAS MENPANRB
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melalui unit kerja Deputi Bidang Pelayanan Publik menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pembangunan dan Integrasi Portal Pelayanan Publik di Jakarta, Selasa (08/08).
Rakor yang diselenggarakan secara hibrida ini dibuka oleh Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa secara virtual. Disampaikan bahwa pada tahap awal, layanan yang akan diintegrasikan pada Portal Pelayanan Publik adalah layanan yang tertuang dalam Peraturan Presiden No. 132/2022 tentang Arsitektur SPBE, yaitu inisiatif strategis. Selain itu, layanan lain yang saat ini diprioritaskan adalah layanan tematik lintas batas negara, layanan transportasi, serta layanan pengaduan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!).
Turut hadir baik secara luring maupun daring dalam kegiatan tersebut Staf Ahli Bidang Transformasi Birokrasi Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Aris Dharmansyah Edisaputra; Staf Ahli Bidang Transformasi Digital, Kreativitas, dan Sumber Daya Manusia Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Rizal Edwin; Asisten Deputi Bidang Transformasi Digital Pelayanan Publik Kementerian PANRB Yanuar Ahmad; Kepala Biro Sistem Informasi dan Pengelolaan Data Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Andi Rahmadi; Kepala Bidang Peningkatan Pelayanan Barang dan Jasa Kemenkopolhukam Dedy Hendra Effendy; perwakilan dari Pusat Data Teknologi dan Informasi Kementerian Perhubungan; Strategic Business Unit (SBU) Digital Peruri; PT ASDP Indonesia Ferry; PT.Kereta Api Indonesia (Persero); PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk; PT PELNI (Persero); Perum Damri; dan PT Angkasa Pura II.