Pin It

 20180609 DEP YANLIK Liputan arus mudik 1

Asdep Bidang Koordinasi Kebijakan Pelayanan Publik Wilayah I Kementerian PANRB Noviana Andrina mendengarkan penjelasan Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistika (DKIS) Pemerintah Kota Cirebon Iing Daiman mengenai pemantauan pelayanan publik di Kota Cirebon, Sabtu (09/06).

CIREBON - Hari kedua, tim safari #KenalLAPOR!saatmudik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengunjungi Kota Cirebon, Jawa Barat. Kunjungan itu untuk memastikan semua pelayanan mudik di Cirebon tetap berjalan saat arus mudik dan arus balik lebaran 2018.

Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistika (DKIS) Pemerintah Kota Cirebon Iing Daiman memastikan semua pelayanan publik bisa dipantau melalui Command Center yang mereka miliki. "Pelayanan kami tidak berkurang saat mudik. Kami pantau dari Command Center. Ada traffic control, teman-teman dishub bisa memantau juga," jelas Iing, di Cirebon, Sabtu (09/06).

Cirebon saat ini masuk dalam kota yang akan dibangun menjadi 25 metropolitan area yang ditetapkan Pemprov Jawa Barat. Untuk itu, pihaknya terus meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) menjadi salah satu aplikasi yang dimiliki DKIS Pemkot Cirebon. Menurut Iing, adanya aplikasi ini meningkatkan kerjasama antara pemerintah pusat dengan Pemerintah daerah. "Ini kolaborasi yang luar biasa, termasuk dengan Ombudsman. Di Cirebon, ini suatu yang sangat positif," imbuhnya.

Melalui SMS ke nomor 1708 atau website lapor.go.id dan aplikasi, masyarakat Cirebon bisa melaporkan segala jenis permasalahan mengenai pelayanan publik yang ada di Kota Udang tersebut. Semua permasalahan yang dilaporkan dan masuk ke server LAPOR! akan diteruskan ke SKPD terkait.

Namun untuk memangkas birokrasi dan laporan langsung ditujukan ke Pemkot Cirebon, ada format yang harus diketahui oleh masyarakat. Format itu adalah CirebonKota<spasi>isi keluhan. Dengan format itu, laporan tidak lagi masuk ke server pusat LAPOR!.

Keberadaan Command Center Kota Cirebon itu pun diapresiasi oleh tim dari Kementerian PANRB. "Command Center ini hal yang baik. Kami yakin ada upaya Pemkot Cirebon untuk memperbaiki pelayanan publik dengan transparansi, aksesibilitas publik," ujar Asdep Bidang Koordinasi Kebijakan Pelayanan Publik Wilayah I Kementerian PANRB Noviana Andrina, setelah kunjungannya ke Command Center Kota Cirebon.

Rencananya, sore nanti Tim Safari #KenalLAPOR!saatmudik akan melaksanakan sosialisasi langsung ke masyarakat di area Balaikota Cirebon sekaligus buka puasa bersama. Kegiatan ini merupakan tindakan nyata pemerintah untuk mendorong masyarakat melaporkan masalah pelayanan publik demi meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat. (don/HUMAS MENPANRB)