JAKARTA – Penyebarluasan informasi yang transparan dan akuntabel merupakan tugas yang diemban Biro Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Dibawah komando Endra S. Atmawidjaja, fungsi kehumasan Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR selalu dalam posisi siap dalam menyampaikan informasi dan menghadapi respon yang tidak selalu positif.
Penyampaian informasi dilakukan dengan cara yang kreatif melalui kanal komunikasi yang mudah dijangkau seperti media massa dan media sosial. Sejak tahun 2016, Endra mengemban tugas sebagai Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR. Kerja kerasnya dalam bekerja, mendapatkan apresiasi dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.
“Menurut saya beliau profil dari aparatur sipil negara (ASN) yang patut diteladani dalam arti sikap perilakunya, disiplinnya, kepatuhannya, dan kinerjanya. Komunikasi publik Kementerian PUPR ini menjadi salah satu dari enam kementerian yang sangat popular dan sistem pelayanan publik yang sangat inovatif,” ujar Menteri PUPR.
Senada dengan Menteri Basuki, Pakar Tata Kota/Sosiolog Yayat Supriatna mengatakan bahwa Endra memiliki kemampuan untuk mengomunikasikan sesuatu dengan baik. “Capaian yang menarik dari beliau itu adalah mampu mengomunikasikan. Serumit apapun pekerjaan itu, ia mampu mengomunikasikan secara terbuka. Kemudian jejaringnya itu luar biasa,” ungkapnya.
Dalam menjawab tantangan dinamisnya perkembangan teknologi komunikasi, situasi dan kondisi sosial politik serta beragamnya stakeholder, Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR melakukan inovasi Integrated Communication Strategy yang menyinergikan berbagai sumber daya, saluran, dan teknologi komunikasi dalam pelaksanaan berbagai kegiatan komunikasi publik antara lain hubungan media, media sosial, publikasi, dan layanan informasi.
Implementasinya dimulai dari menyinergikan alur komunikasi di lingkungan Kementerian PUPR, dimana Biro Komunikasi Publik selaku koordinator di level komunikasi publik berkoordinasi dengan fungsi komunikasi publik di level unit organisasi dan level balai membentuk jejaring kerja untuk penyelenggaraan komunikasi publik baik di tingkat lokal/daerah maupun di tingkat nasional.
Langkah selanjutnya yang dilakukan yakni melakukan sinergi dalam hal manajemen isu dan opini publik. Evaluasi program komunikasi publik pada periode sebelumnya serta monitoring program komunikasi pada tahun berjalan menjadi dasar untuk perencanaan strategi komunikasi yang memadukan berbagai platform dan aktivitas komunikasi dalam membangun opini publik yang positif terhadap Kementerian PUPR.
Kemudian diikuti dengan inovasi Integrated Communication Strategy terkait penyelenggaraan aktivitas komunikasi publik yang meliputi press release yang inovatif dan responsif, strategi pengembangan konten pada akun media sosial Kementerian PUPR, perencanaan dan monitoring komunikasi berbasis data riset, pembangunan call center dan mal pelayanan publik, penggunaan podcast dan TikTok, pedoman aplikasi identitas visual dan batik Kementerian PUPR, serta pameran virtual pembangunan infrastruktur.
Untuk diketahui, terdapat beberapa langkah lanjutan dalam Integrated Communication Strategy yang telah diimplementasikan. Saat ini, Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR tengah dalam proses pembuatan dan penayangan berbagai konten kreatif digital diantaranya News Video, Web Series, dan Documentary Video untuk digunakan dan disebarluaskan melalui berbagai kanal komunikasi yang dimiliki maupun melakukan kerjasama dengan media nasional. Selain itu, Biro Komunikasi Publik juga dalam proses mengoptimalkan TV PUPR yang merupakan TV streaming berbasis internet. (fik/HUMAS MENPANRB)