Pin It

20201117 Pengumuman Kompetisi LAPOR

 

JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melalui unit kerja Deputi bidang Pelayanan Publik mengumumkan Top 15 Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik tahun 2020. Ke-15 pemenang tersebut ditetapkan melalui Pengumuman Nomor: B/246/PP.03/2020 tentang Pemenang Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Tahun 2020.

Terdapat tiga kategori dalam penetapan pemenang kompetisi tersebut, yakni Kategori Outstanding Achievement, Kategori Instansi Pemerintah, serta Kategori Unit Pengelola Pelayanan. Sementara untuk kategori instansi pemerintah dibedakan atas lima kategori, yakni Pengelola Sistem Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik, Pengelola dengan Pendorong Perubahan Terbaik, Pengelola dengan Aspek Dampak Terbaik, Pengelola dengan Perubahan dan Perbaikan Pengelolaan Pengaduan Terbaik, dan Pengelola Aspek dengan Keberlanjutan Inisiatif Terbaik.

Pemilihan 15 pengelola pengaduan terbaik tersebut berdasarkan hasil Rapat Pleno Tim Evaluasi pada hari Senin, 16 November 2020 sebagai tindak lanjut penilaian lanjutan Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik sesuai dengan ketentuan dalam Keputusan Menteri PANRB No. 190/2020 tentang Penyelenggaraan Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Tahun 2020. Para pemenang tersebut merupakan hasil penjaringan dari Top 46 Pengelola Pengaduan yang sebelumnya mengikuti tahap presentasi dan wawancara yang dilakukan secara daring melalui video conference.

Para peserta Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Tahun 2020 ini terdiri dari kementerian, lembaga, pemerintah daerah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan unit pelaksana yang menyelenggarakan pengelolaan pengaduan pelayanan publik.

Dewan juri dalam kompetisi tersebut memiliki berbagai latar belakang, yakni Azwar Abubakar selaku ketua dewan juri dan empat anggota dewan juri lainnya, yaitu Adi Prasetya, Eva Kusuma Sundari, Meuthia Ganie-Rochman, dan Sad Dian Utomo.

Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik telah diselenggarakan sejak tahun 2018. Kompetisi tersebut bertujuan untuk menjaring, mendokumentasikan, mendiseminasikan, dan mempromosikan pengelolaan pengaduan pelayanan publik sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan publik.

Pengumuman tersebut dapat dilihat melalui situsresmi Kementerian PANRB atau melalui tautan: https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/info-terkini/pengumuman-tentang-pemenang-kompetisi-pengelolaan-pengaduan-pelayanan-publik-tahun-2020-jakarta-17-november-2020 (fik/HUMAS MENPANRB)

 

15 Pemenang Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Tahun 2020

Kategori Outstanding Achievement

  1. Pemerintah Kota Bandung
  2. Pemerintah Kota Semarang

Kategori Instansi Pemerintah

  1. Pemerintah Kabupaten Demak
  2. Pemerintah Kabupaten Sleman
  3. Kementerian Dalam Negeri
  4. Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat
  5. Pemerintah Kabupaten Pacitan
  6. Pemerintah Kota Surakarta
  7. Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul
  8. Pemerintah Kota Tangerang
  9. Pemerintah Provinsi Jawa Timur
  10. Pemerintah Kota Madiun

Kategori Unit Pengelola Pelayanan

  1. RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto
  2. Kantor Pertanahan Kota Bogor
  3. Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan