Deputi Pelayanan Publik Diah Natalisa (dua dari kanan) menyaksikan penandatanganan prasasti yang dilakukan Kapolda Jatim Irjen Pol. Machfud Arifin di Polres Batu, Jawa Timur, Senin (02/07).
BATU - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, mengapresiasi langkah Kepolisian Resort Kota Batu, yang telah melakukan inovasi pelayanan publik, guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya adalah Aplikasi Polisi Jelajah Kota Batu (APEL BATU) yang merupakan aplikasi penyediaan informasi yang mudah diakses oleh masyarakat, seperti info wisata, lalu lintas dan pengaduan yang berbasis pada - prinsip responsif, interaktif dan informatif.
Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa mengatakan, inovasi yang dilanching bersamaan dengan peringatan Hari Bayangkara ini patut diapresiasi bersama. “Capaian prestasi ini patut kita banggakan, karena inovasi-inovasi tersebut merupakan wujud dari komitmen Polres Batu untuk terus-menerus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Batu," ujarnya dalam launching Aplikasi APEL BATU di Kantor Kepolisian Resort Kota Batu, Jawa Timur, Senin (02/07).
Hadir dalam acara tersebut Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Irjen Pol. Machfud Arifin, Kepala Kepolisian Resort Kota Batu AKBP Budi Hermanto, Walikota Batu Dewanti Rumpoko, Danlanyud Abdulrahman Saleh Marsma Andi Wijaya, Pandiv 2 Kostrad Mayor Jenderal TNI Marga Taufik, Danrem 083 BDJ Kolonel Inf Bagus Suryadi T serta para pejabat utama di lingkungan Polres Kota Batu.
Diah menambahkan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi melalui Deputi Pelayanan Publik, berkomitmen untuk memfasilitasi dan mendorong upaya-upaya dilahirkannya inovasi yang bertujuan untuk memberikan pelayanan yang lebih berkualitas. "Salah satu upaya yang dilakukan oleh Kementerian PANRB dalam mendorong inovasi dalam pelayanan adalah melalui Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik," ungkapnya.
Dikatakan juga bahwa inovasi yang telah dilahirkan di lingkup Polres Kota Batu, dapat dilakukan pembinaan secara cermat untuk memastikan kapasitasnya dalam memberikan pelayanan yang efektif kepada masyarakat. "Saya mendorong agar inovator secara terstruktur memfasilitasi pelaksanaan transfer of knowledge kepada pihak-pihak yang memerlukan pengetahuan terkait inovasi sehingga informasi penting terkait aplikasi dari inovasi pelayanan ini tersampaikan dengan efektif Khususnya kepada masyarakat pengguna layanan," tambahnya.
Melalui aplikasi APEL BATU, diharapkan memudahkan masyarakat guna mengetahui seputar Kota Batu Smart City, dan berinteraksi dengan Polres Batu.
Aplikasi APEL - BATU, merupakan Aplikasi berbasis Android yang dapat diunduh melalui Google Play Store. Melalui aplikasi ini, masyarakat ataupun wisatawan bisa mendapat informasi yang berguna seputar Kota Batu Smart City, Jawa Timur. Dalam Aplikasi ini, terdapat sejumlah fitur, yaitu Info Polres Batu, Info Pemkot Batu, Info Pariwisata dan Sarana Pendukung, Layanan Pengaduan, dan Call Center 110. (dit /HUMAS MENPANRB)