Pin It

20190627 Kunjungan Mahasiswa Unisma

Kunjungan mahasiswa Administrasi Publik Universitas Islam Malang di kantor Kementerian PANRB, Rabu (26/06).

 

JAKARTA – Sebanyak 50 mahasiswa Ilmu Administrasi Publik Universitas Islam Malang mengunjungi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Rabu (26/06). Mereka mempelajari sistem penanganan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Indonesia, reformasi birokrasi, dan bagaimana aparatur itu sudah memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Kepala Bidang Peningkatan Kinerja Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Kementerian PANRB Istyadi Insani memberikan pemaparan mengenai sistem manajemen kinerja PNS, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, pengukuran, pembinaan, penilaian, pelaporan, pemeringkatan, penghargaan, sanksi, hingga sistem informasi kinerja.

“Untuk optimalisasi kinerja pegawai di Kementerian PANRB, diterapkan PP No. 30 Tahun 2019 sebagai pengganti PP 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Kinerja PNS. Ini menjadi dasar sistem reward and punishment agar mendorong setiap pegawai untuk dapat memberikan kontribusi kinerja pada unit kerjanya,” ujarnya.

 

20190627 Kunjungan Mahasiswa Unisma 3

 

Selain mendapat pemaparan mengenai sistem manajemen kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS), mahasiswa Unisma juga mendapat pemaparan terkait struktur organisasi serta tugas pokok dan fungsi Kedeputian Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan (RB Kunwas). Materi itu disampaikan oleh Kepala Subbidang Analisis Sinkronisasi Kebijakan Reformasi Birokrasi Kementerian PANRB Etika Mahaputri.

Dijelaskan, peran dan fungsi Deputi RB Kunwas dalam mengarahkan perubahan ke arah pemerintahan yang efektif, efisien, bersih, akuntabel, serta birokrasi yang mempunyai pelayanan publik yang berkualitas.

Kementerian PANRB memiliki program evaluasi kinerja yaitu Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Program ini diterapkan untuk meningkatkan akuntabilitas kinerja serta mendorong kinerja berorientasi pada hasil (outcome).

 

20190627 Kunjungan Mahasiswa Unisma 2

 

Pada aspek pelayanan publik, mereka juga diberi penjelasan mengenai Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!). Mahasiswa diminta untuk berpartisipasi dalam pengawasan penyelenggaraan pelayanan publik. “Kita harapkan teman-teman sekalian yang hadir hari ini nantinya bisa menjadi agen LAPOR!. Sebarkan ke teman-teman kalian bahwa melalui laman www.lapor.go.id kalian bisa melaporkan pengaduan terkait pelayanan publik,” imbuh Kepala Subbagian Evaluasi dan Pelaporan Kementerian PANRB Dewi Muslikhah.

Sementara itu, dosen pendamping mahasiswa Unisma Agus Zaenal Abidin berharap melalui kunjungan ini mahasiswa/i dapat menjadikan kesempatan ini untuk menambah wawasan dan menimba ilmu pengetahuan yang relevan dengan program studi administrasi publik, khususnya dengan konsentrasi kebijakan publik.

“Dengan kesempatan yang sangat istimewa ini kita patut bersyukur dan perlu memanfaatkan peluang ini dengan sebaik-baiknya karena berkesempatan menimba ilmu di Kementerian PANRB yang sudah banyak menunjukkan prestasi yang luar biasa di kancah nasional maupun internasional. Semoga kita mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya dari kegiatan ini,” pungkas Agus. (del/HUMAS MENPANRB)