Pin It

20180609 LAPOR di Cirebon 1

Kegiatan sosialisasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional - Layanan Pengaduan Online Rakyat (SP4N– LAPOR!) kepada masyarakat Kota Cirebon, Sabtu (09/06).

 

CIREBON – Hari ini, Sabtu (09/06), Tim Safari #KenalLAPOR!saatmudik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi (PANRB) mengunjungi Kota Cirebon. Selain memastikan pelayanan publik tetap berjalan saat libur lebaran, Kementerian PANRB juga menyosialisasikan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional - Layanan Pengaduan Online Rakyat (SP4N– LAPOR!) kepada masyarakat Kota Cirebon. 

"Kami mengharapkan masyarakat mengenal LAPOR!. Kalau ada keluhan dan pengaduan terkait pelayanan publik, dapat menyampaikan melalui LAPOR!," ujar Asisten Deputi Bidang Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan Pelayanan Publik Wilayah I Kementerian PANRB Noviana Andrina saat bincang-bincang di RRI Kota Cirebon.

Dijelaskan, aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) adalah sarana aspirasi dan pengaduan yang dikelola dan dikembangkan oleh Kementerian PANRB bersama Kementerian Dalam Negeri, Kantor Staf Presiden, dan Ombudsman Republik Indonesia sebagai saluran partisipasi masyarakat untuk pengawasan pembangunan dan pelayanan publik di Indonesia. Aplikasi ini akan disosialisasikan kepada masyarakat di sepanjang jalur mudik Lebaran, khususnya di Pulau Jawa, mulai tanggal 8 Juni hingga 14 Juni 2018.  Rute yang  ditempuh mulai dari Merak, Cirebon, Semarang hingga Surabaya melalui jalur Pantura, dan kembali melalui jalur selatan, dari Surabaya melewati Solo, Yogyakarta, Bandung, dan berakhir di Jakarta.

Kegiatan yang dilakukan di area sekitar Balai Kota Cirebon ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai peran positif birokrasi dalam pelayanan publik. Disamping itu juga untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan dan fasilitas publik yang diberikan kepada pemudik.

Selain menyampaikan pengaduan, masyarakat diajak untuk berpartisipasi mengevaluasi pelayanan publik. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistika Kota Cirebon Iing Daiman mengapresiasi, kegiatan sosialisasi SP4N-LAPOR! yang dilakukan Kementerian PANRB ini. Iing mengatakan, dengan adanya acara sosialisasi ini masyarakat dapat melakukan pengaduan dengan mudah dan terpantau. "Acara ini sangat positif sekali untuk masyarakat Kota Cirebon," ujarnya. (dit/HUMAS MENPANRB)