Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa saat memberikan penghargaan kepada mahasiswa dalam kegiatan LAPOR! Goes to Campus di Universitas Sriwijaya, Palembang, Sumatra Selatan, Kamis (26/09).
PALEMBANG - Mahasiswa menjadi sasaran Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) Goes to Campus. Mereka dianggap akrab dengan teknologi dan memiliki peran penting. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) yang menginisiasi LAPOR!, mengajak generasi milenial untuk dapat memahami serta menyebarluaskan fungsi dari LAPOR! tersebut.
“Mahasiswa itu corong masyarakat, mahasiswa itu hati nurani masyarakat. Saya berharap ada sinergitas, kolaboratif antara pemerintah dengan masyarakat, karena memang mahasiswa bisa menjadi hal terpenting dalam proses implementasi LAPOR!,” ujar Asisten III Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan Edwar Juliartha pada kegiatan LAPOR! Goes to Campus, di Universitas Sriwijaya, Palembang, Sumatra Selatan, Kamis (26/09).
Menurutnya, LAPOR! merupakan sarana interaksi antara pemerintah dan masyarakat. Dengan dukungan Pemda Sumsel dalam penyebarluasan fungsi LAPOR!, diharapkan dapat memberi pandangan bagi masyarakat bahwa pemerintah hadir 1x24 jam dalam memberikan pelayanan yang optimal dan berkualitas.
Edwar mengatakan jika kabupaten/kota se-Sumatra Selatan juga telah terhubung layanan pengaduan LAPOR!. Keterhubungan dengan kabupaten/kota mempermudah pemprov untuk melakukan evaluasi untuk kemudian ditindaklanjuti dalam tempo yang singkat.
“Segala stakeholder kita coba libatkan, mulai dari mahasiswa, media, sekolah, dan komunitas-komunitas yang tujuannya supaya LAPOR! ini terkomunikasi, terinformasi, dan teredukasi. Pemerintah Provinsi Sumsel juga telah menerapkan starategi untuk optimalisasi LAPOR! dengan membentuk command center,” jelasnya.
Sementara itu, Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa mengatakan upaya sosialisasi LAPOR! telah dilakukan sebelumnya, mulai kegiatan LAPOR! saat mudik lebaran bekerja sama dengan Polri dan Kementerian Perhubungan. Selain itu, juga dilaksanakan sosialisasi LAPOR! saat Car Free Day (CFD) bekerja sama dengan pemerintah daerah, dan pada tahun ini LAPOR! Goes to Campus bekerja sama dengan tiga perguruan tinggi negeri.
“Hasil evaluasi kami ternyata mayoritas pengguna LAPOR! ini adalah masyarakat dengan usia 19-35 tahun, jadi kaum milenial ini selain jadi target dalam sosialisasi dan edukasi, kami ingin mengajak kaum milenial untuk turut memanfaatkan aplikasi LAPOR!,” jelasnya.
Diah menuturkan LAPOR! merupakan sarana untuk penyelenggara pelayanan publik dan pemerintah untuk menerima masukan dari masyarakat, sehingga diharapkan kebijakan pelayanan publik akan lebih tepat sasaran. Diharapkan masyarakat juga dapat menerima tindak lanjut laporan mereka dengan memperoleh pelayanan yang semakin berkualitas kedepannya.
Kota Palembang, tepatnya di Universitas Sriwijaya menjadi tempat terakhir dilaksanakannya kegiatan LAPOR! Goes to Campus tahun 2019, dimana sebelumnya acara diselenggarakan di Universitas Diponegoro Semarang dan Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru. LAPOR! Goes to Campus yang dilaksanakan di Universitas Sriwijaya berlangsung selama dua hari yaitu 26-27 September 2019. Acara ini diisi dengan beberapa kegiatan menarik, seperti kuliah umum dari Menteri PANRB Syafruddin, seminar panel dari Kemenristekdikti, Ombudsman RI, Provinsi Sumatra Selatan, Pemerintah Kota Palembang, Unsri, dan perusahaan startup Grab Indonesia. (byu/HUMAS MENPANRB)