Pin It

20180706 pelantikan8

Menteri Asman Abnur menyalami Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Mudzakir, yang baru dilantik, Jumat (06/07)

 

JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur mengingatkan kepada pegawai Aparatur Sipil Negara, khususnya para pejabat pimpinan tinggi, bahwa jabatan bukan kebanggaan, tetapi merupakan wujud kepercayaan. Dalam jabatan itu mengandung risiko dan tanggung jawab.

Karena itu, Menteri wanti-wanti kepada pejabat Kementerian PANRB yang baru dilantik agar tidak terlena dengan zona nyaman, tetapi harus selalu berinovasi dan melakukan terobosan serta berani ambil risiko. Kepada Pejabat Pimpinan Tinggi (JPT) khususnya, Menteri menegaskan agar dalam melaksanakan tugasnya tidak hanya menjadi penghubung, yakni menyampaikan masalah dan risiko dari bawah ke atasannya.

“Kalau hanya ingin berada di zona nyaman, tak perlu menjadi JPT. Kalau tak siap ambil risiko, jangan mimpi bisa berhasil,” ujarnya saat mengambil sumpah dan melantik 35 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, dan Pejabat Pengawas di Jakarta, Jumat (06/07).

Dari jumlah itu, enam pejabat diantaranya merupakan JPT Pratama atau eselon 2.  Dua pejabat diantaranya merupakan hasil rotasi, yakni Sekretaris Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana diisi T. Eddy Syah Putra, kemudian Sekretaris Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur diisi Herman Suryatman, yang sebelumnya Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik.

Sedangkan empat pejabat lain merupakan hasil seleksi terbuka, yakni Kepala Biro Manajemen Kinerja, Organisasi dan Kerjasama (MKOK) Hidayah Azmi Nasution, Inspektur Kementerian PANRB Budi Prawira. Dua jabatan lain adalah Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan Umum (SDMU) Sri Rejeki Nawangsasih, dan Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik (HKIP) Mudzakir. Kedua pejabat terakhir merupakan wajah baru, yang berasal dari  Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dari Kementerian Luar Negeri.

Pria kelahiran Padang Pariaman tanggal 2 Februari 1961 ini menganalogikan seorang pemimpin ini sebagai pilot. “Kalau mau jadi pilot jangan menjadi pilot helikopter, tetapi jadilah pilot pesawat tempur,” ujarnya.

Dijelaskan, bahwa pilot helikopter, kalau mau terbang selalu melihat cuaca. Kalau cuacanya buruk tidak mau terbang. Tetapi kalau pilot pesawat tempur tidak begitu memperhatikan cuaca, karena harus bertempur dan selalu siap mengambil risiko.

Saat ini, lanjut Asman, apa yang dilakukan Kementerian PANRB selama ini sudah banyak dirasakan oleh stakeholders, baik kementerian, lembaga maupun pemda. Kementerian PANRB selalu bersinggungan dengan seluruh kementerian/lembaga dan pemda, karena pasti ada peran dari Kementerian PANRB. Mulai dari kelembagaan, tata kelola pemerintahan, SDM, akuntabilitas kinerja, hingga pelayanan publik. “Semua itu bisa terjadi karena kita bekerja teamwork yang kompak. Bukan mengandalkan kemampuan individu,” tegasnya.

Menteri PANRB Asman Abnur berpesan agar para pejabat yang mengisi posisi baru untuk menjalankan tugas dan fungsi dengan baik, sebab jabatan yang diamanahkan merupakan tanggung jawab yang dipercayakan oleh negara. “Jabatan bukan suatu yang bisa dibanggakan, namun jabatan merupakan wujud tanggung jawab dan kepercayaan yang diberikan oleh negara kepada saudara dan diharapkan dapat menjalankannya dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Menteri Asman juga berpesan agar para pejabat yang dilantik cepat beradaptasi dengan lingkungan baru, sehingga tugas dan fungsinya dapat berjalan dengan lancar.  (byu/HUMASMENPANRB)

 

Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Kementerian PANRB yang dilantik tanggal 06/07/18

No

Nama

Jabatan baru

     

1

DR. IR. Sri Rejeki Nawangsasih, M. Si.

Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan Umum pada Sekretariat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi

2

Drs. Mudzakir, M.A.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik pada Sekretariat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi

3

Drs. T. Eddy Syah Putra, M. Si.

Sekretaris Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana

4

Drs. Herman Suryatman, M.Si.

Sekretaris Deputi pada Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur

5

Hidayah Azmi Nasution, Ak., MBA.    

Kepala Biro Manajemen Kinerja, Organisasi dan Kerja Sama pada Sekretariat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi

6

Budi Prawira, S.E.

Inspektur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi

 

Pejabat Administrator  dan Pengawas Kementerian PANRB yang dilantik tanggal 06/07/18

No

Nama

Jabatan baru

1

Nadjamuddin Mointang, S.T.

Kepala Bidang Penyiapan Perumusan Kebijakan Pengawasan pada Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan 

2

Gempar Genefianto, S.E.

Kepala Bidang Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan 1-1 pada Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan

3

Achmad Yunus, S.E.

Kepala Bidang Pengaduan Aparatur pada Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan  

4

Dr. Ngalimun, S.Sos., M.M.

Kepala Bidang Penyiapan Kebijakan Kelembagaan pada Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana

5

Ugi Cahyo Setiono, S. Kom.

Kepala Bidang Penyiapan Perumusan Kebijakan Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik pada Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana

6

Ario Wiriandhi, S.T., M.M.

Kepala Bidang Asesmen dan Penyiapan Koordinasi Kelembagaan dan Tata Laksana Kemaritiman pada Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana 

7

Karmaji, S.E., M.A.

Kepala Bidang Penyiapan Perumusan Kebijakan Gaji Sumber Daya Manusia Aparatur pada Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur

8

Diah Faras, S.E., M.A.P.

Kepala Bidang Penyiapan Perumusan Kebijakan Hari Tua Sumber Daya Manusia Aparatur pada Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur

9

Weki Handono, Ak.

Kepala Bagian Perencanaan Kinerja dan Anggaran pada Deputi Bidang Pelayanan Publik

10

Dian Oktasari, S.E.

Kepala Subbagian Pemantauan dan Evaluasi pada Biro Manajemen Kinerja, Organisasi, dan Kerja Sama

11

Ajeng Ratih Liestiyorini, S.Si., M.A.

Kepala Subbagian Perencanaan dan Koordinasi Kerja Sama pada Biro Manajemen Kinerja, Organisasi dan Kerja Sama

               

12

Idola Renjes Hasian, S. Si.

Kepala Subbagian Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia  Aparatur pada Biro Sumber Daya Manusia dan Umum

13

Mochamad Wardhi Fachri, S. Psi,, M.P.A.

Kepala Subbagian Mutasi Sumber Daya Manusia Aparatur pada Biro Sumber Daya Manusia dan Umum

14

Rogo Pamungkas, S.E., M.P.A.

Kepala Subbagian Verifikasi pada Biro Sumber Daya Manusia Dan Umum

15

Canggih Hangga Wicaksono, S.ST.

Kepala Subbidang Analisis Perumusan Kebijakan Akuntabilitas Aparatur pada Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan

16

Ummu Nur Hanifah, S.I.A.

Kepala Subbidang  Analisis Sinkronisasi Kebijakan Akuntabilitas Aparatur pada Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan

17

Anesia Ribka, S.A.P.

Kepala Subbidang Analisis Sinkronisasi Kebijakan Pengawasan pada Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan

18

M. Iqbal Budianto, S. Kom., M.E.Biz.

Kepala Subbidang Evaluasi Kebijakan Kelembagaan pada Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana

19

Amrullah Affandi, S.A.P.

Kepala Subbidang Penyiapan Koordinasi Kelembagaan dan Tata Laksana Kemaritiman pada Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana

20

Sunggul Jansihar Simanjuntak, STP., M. Si.

Kepala Subbagian Perencanaan Kinerja pada Bagian Perencanaan Kinerja dan Anggaran Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur

21

Bilie Ekaprasetya, S.H., M.H.

Kepala Subbagian Penyusunan Anggaran pada Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur

22

Akhlaqul Karimah, S.I.A.

Kepala Subbidang Perencanaan Pegawai Negeri Sipil pada Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur

23

Bobby Boris Baskoro, S.E., MBA.

Kepala Subbagian Perencanaan Kinerja pada Deputi Bidang Pelayanan Publik

24

Bambang Setiawan, S.E., M.M.

Kepala Subbagian Penyusunan Anggaran Deputi Bidang Pelayanan Publik

25

Agus Fabriantoro, S. Sos.

Kepala Subbagian Administrasi Umum pada Deputi Bidang Pelayanan Publik

26

Dewi Muslikhah, S.IP., MBA.

Kepala Subbagian Evaluasi dan Pelaporan pada Deputi Bidang Pelayanan Publik

27

Rachmat, SIP.

Kepala Subbidang Analisis Sinkronisasi Kebijakan Pelayanan Publik pada Deputi Bidang Pelayanan Publik

28

Mulyanah, S. Psi.

Kepala Subbidang Penyiapan Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan Pelayanan Publik Wilayah II-2 pada Deputi Bidang Pelayanan Publik

29

Dede Kohar, S. Sos.

Kepala Subbidang Penyiapan Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan Pelayanan Publik Wilayah III-2 pada Deputi Bidang Pelayanan Publik