Pin It

20201127 Peresmian MPP Palembang 7

Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru saat peresmian MPP Palembang, di Kota Palembang, Sumatra Selatan, Jumat (28/11).

 

PALEMBANG – Mal pelayanan publik (MPP) terbesar se-Indonesia yang ada di Kota Palembang, Sumatra Selatan telah diresmikan. Gedung MPP Palembang yang megah menyuguhkan pelayanan terbanyak dan terlengkap di Indonesia, yaitu sebanyak 373 jenis layanan dari 28 instansi.

Dalam pelayanannya, MPP Palembang memanfaatkan penggunaan teknologi informasi sebagai salah satu modal utama dalam meningkatkan kualitas serta akses pelayanan yang memenuhi harapan masyarakat Kota Palembang, yaitu mudah, cepat, murah, dan tuntas. Namun di sisi lain, diperlukan faktor lain untuk merawat kualitas pelayanan publik yang prima di MPP Palembang, yaitu komunikasi interpersonal yang baik dari para pelayan publik kepada masyarakat.

Hal ini disampaikan oleh Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru dalam Peresmian MPP Palembang, di Kota Palembang, Sumatra Selatan, Jumat (28/11). “Dengan canggihnya peralatan teknologi informasi dan megahnya gedung tentu harus dibarengi dengan ekspresi yang baik. Tidak akan ada gunanya teknologi informasi dan tempat yang baik tapi tidak bersamaan dengan ekpresi yang baik untuk melayani masyarakat,” ujarnya.

 

20201127 Peresmian MPP Palembang 3

 

Menurutnya, kultur keramahan dan etika pelayanan menjadi nilai yang harus dikedepankan oleh setiap petugas pemberi pelayanan. Ekspresi yang menyenangkan akan memberikan kenyamanan sehingga masyarakat yang menerima pelayanan akan merasa puas.

Kehadiran MPP Kota Palembang ini disambut baik oleh masyarakat. Veronika, salah satu pengguna layanan di MPP Palembang, merasa sangat terbantu dengan adanya MPP Palembang yang telah beroperasi secara bertahap sejak Januari 2020.

 

20201127 Peresmian MPP Palembang 9

 

Ia mengungkapkan sudah beberapa kali menggunakan layanan di MPP Palembang, seperti pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan perizinan perusahaan. “Di sini pelayanannya cepat. Meskipun dalam keadaan ramai masih tetap dilayani,” tuturnya saat diwawancarai Tim Humas Kementerian PANRB usai menerima pelayanan di MPP Palembang.

Awalnya ia mengetahui keberadaan MPP Palembang melalui berita di media massa yang mengatakan akan ada tempat dimana masyarakat bisa mengurus berbagai perizinan yang terintegrasi di dalam satu tempat. Kemudian ia mencoba untuk mengurus perpanjangan SIM dan ternyata pelayanan yang didapatkan sangat mudah dan cepat. “Kalau sudah ada seperti ini lebih enak karena pelayanannya lebih terintegrasi di sini semua. Jadi warga Palembang lebih efektif kalau ke sini,” pungkasnya. (del/HUMAS MENPANRB)