MAKASSAR - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar bekerja sama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melaunching Gerakan Sadar LAPOR, Minggu (15/07) di Anjungan City of Makassar, Kota Makassar. Dalam kegiatan tersebut, Pemkot Makassar jugameluncurkan aplikasi “Sodarata” (Sombere’ Pengaduan Masyarakatta’) untuk mendampingi SIPP – LAPOR. Sodarata ini adalah pengaduan khusus yang ditujukan ke Kota Makassar. "Silahkan masyarakat apabila ada permasalahan mengadu melalui “Sodarata atau melalui kanal LAPOR," Sekretaris daerah Kota Makasar A. Naisyah T. Azikin saat memberikan arahan di Makassar, Minggu (15/07).
Dalam sambutannya, A. Naisyah T. Azikin mengatakan kegiatan ini untuk mempromosikan, menyosialisasikan serta mengedukasi masyarakat bahwa pemerintah saat ini telah hadir lebih dekat. “Setelah masyarakat mengenal LAPOR atau Sodarata diharapkan juga memanfaatkan kanal ini untuk melakukan pengaduan," ujarnya.
LAPOR! (LayananAspirasi pengaduan Online Rakyat) adalah sarana aspirasi dan pengaduan berbasis media sosial yang dijalankan dengan prinsip mudah, terpadu, dan tuntas. LAPOR! ini dikelola dan dikembangkan oleh Kementerian PANRB bersama Kementerian Dalam Negeri, Kantor Staf Presiden, dan Ombudsman Republik Indonesia, dan kedepan diharapkan terintegrasi dengan pemerintah provinsi, kabupaten/kota diseluruh Indonesia. Masyarakat dapat menyampaikan aspirasi dan pengaduan melalui sarana berikut ini situs www.lapor.go.id, sms ke 1708, mobile apps LAPOR! (Android), twitter @LAPOR1708 dengan menyertakan tagar #lapor serta saluran pengaduan lain yang telah diintegrasikan.
Dikatakan, program Sodarata ini lahir karena kebutuhan masyarakat untuk memberikan aduan masyarakat kepada pelayan publik yang ada di Kota Makassar. Sejauh ini, kata Naisyah, program aduan yang sudah terlaksana setiap harinya melalui media cetak, media online dan pengaduan langsung. “Tujuan dari Sodarata untuk lebih meningkatkan pelayanan publik sebagai sarana aspirasi dan pengaduan berbasis media sosial yang dijalankan dengan prinsip mudah, terpadu, dan tuntas,” ujarnya.
Selain itu, masyarakat dapat menyampaikan aspirasi dan pengaduan dengan melalui mobile apps Sodarata, laporan yang masuk akan segera diteruskan dan ditindak lanjuti oleh SKPD terkait. Rangkaian kegiatan peluncuran #Gerakan Sadar LAPOR” didahului senam bersama, lomba photo booth, dab pelepasan balon ke udara.
Masyarakat memberikan respon positif terkait aplikas ini. Warga Goa Sulsel, Ariel Parker mengatakan aplikasi ini bagus tetapi harus lebih dikembangkan agar bisa diakses dengan mudah. Selain itu, warga Makassar Mutiah Latiefmengatakan bahwa aplikasi ini bagus dan sangat membantu bagi warga Kota Makassar. (swd/HUMAS MENPANRB)