Porseni Kementerian PANRB, Kebersamaan Lebih Penting dari Menang dan Kalah

Pin It

20180802 PORSENI 

Defile Sekretariat II pada acara Pembukaan Porseni Kementerian PANRB, Jakarta, Jumat (03/08).

 

JAKARTA – Kemeriahan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) disambut baik oleh para pegawai. Tidak hanya soal menang dan kalah saat pertandingan, nilai kebersamaan dari rangkaian acara ini dinilai lebih penting.

Urutan defile atau parade pertama ditampilkan oleh Kedeputian Pelayanan Publik yang didominasi kostum kuning-hijau yang dipimpin Diah Natalisa. Keunikan defile mereka adalah adanya tiga maskot Asian Games 2018 di barisan depan, yaitu Bhin-bhin (Cendrawasih), Atung (Rusa Bawean), dan Kaka (Badak Bercula Satu). Asdep Koordinasi Pelaksanaan, Kebijakan, dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah I Noviana Andrina mengungkapkan, Baik parade maupun yel-yel Kedeputian Pelayanan Publik sudah dipersiapkan sejak beberapa hari sebelumnya.

Menurutnya rangkaian pertandingan ini berguna untuk membangun semangat kebersamaan. “Tidak penting kalah atau menang, yang penting adalah kebersamaan,” tutur Noviana, di tengah perhelatan Porseni Kementerian PANRB, Jakarta, Jumat (03/08).

Ditengah kesibukan sebagai abdi negara, kegitan ini menjadi sarana penyegaran dan menumbuhkan kebersamaan untuk meningkatkan kinerja. “Alhamdulillah, selain kekompakan, ini bagian refreshing dari pekerjaan,” ujar salah satu pegawai dari Kedeputian SDM Aparatur, Sudibyo Aji Wijaksono.

Kedeputian SDM Aparatur yang dipimpin Setiawan Wangsaatmaja ini kompak mengenakan seragam berwarna biru dongker beserta alat musik yang meriah. Uniknya, ada dua pegawai mereka yang mengenakan baju Indian. “Bedanya SDMA dengan yang lain, yaitu ada yang pakai baju adat. Kreatifitas anak-anak terutama CPNS itu luar biasa,” imbuh Sudibyo.

Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari Kedeputian Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, Alifta, mengatakan kegiatan ini sangat perlu untuk ajang silahturahmi antar kedeputian. Selama pertandingan ini, Alifta berharap  semua pegawai Kementerian PANRB semakin solid. “Saling mengerti satu sama lain dan saling merekatkan kekeluargaan antar unit,” ujar Alifta.

Apresiasi juga datang dari Kedeputian Kelembagaan dan Tata Laksana yang dipimpin Rini Widyantini. Kompak dengan jersey berwarna hitam-oranye, mereka menyanyikan yel-yel mereka dengan formasi melingkar. Menurut salah seorang pegawai Kedeputian Kelembagaan dan Tata Laksana, Muhammad Khairun, acara ini sangat penting untuk menyambut HUT RI ke-73 dan Asian Games 2018. “Semakin kompak, semakin semangat untuk kebersamaanya,” katanya bersemangat.

Senada dengan seluruh kedeputian, semangat kebersamaan juga dirasakan oleh Sekretariat Kementerian PANRB yang dibagi menjadi dua kontingen. Kontingen pertama sekretariat kompak mengenakan kostum berwarna merah dengan membawa karangan bunga bertuliskan Sekretariat I. Sedangkan kontingen kedua sekretariat Kementerian PANRB mengenakan kostum oranye, dan seragam dari berbagai cabang olahraga seperti pencak silat hingga skateboard.

Salah satu pegawai sekretariat, Dwitya Bharata Nandiwardhana, mengungkapkan harapannya agar acara ini terus dilaksanakan setiap tahun. “Kegiatan Porseni ini selalu melaksanakan dengan rasa semangat, sportifitas, dan kebersamaan,” ujarnya.

Adapun untuk perlombaan yang diselenggarakan seperti futsal, voli, bulutangkis, tenis meja, lomba karaoke perseorangan, lomba stand up comedy, dan lomba senam Maumere. Perhelatan ini akan digelar selama bulan Agustus, dan penutupannya diadakan di minggu pertama bulan September mendatang. (don/HUMAS MENPANRB)

Hubungi Kami :

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
Jl. Jend. Sudirman Kav. 69 Jakarta Selatan - 12190 Indonesia
Telp. (+6221) 7398381 - 89
Email : halomenpan@menpan.go.id
Facebook twitter 26 instagram 25 Youtube RSS map-24