Reform Corner 38: Semangat Baru Reformasi Birokrasi Kementerian PANRB

Pin It

20181203 reformcorner38 6

Chicken dance meriahkan acara Reform Corner ke-38, Senin (3/12).

 

JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) kembali mengadakan acara Reform Corner, Senin (03/12). Ajang bertukar informasi internal yang ke-38 ini mengedepankan tema evaluasi kelembagaan serta tata kelola kearsipan Kementerian PANRB.

Staf Ahli Bidang Administrasi Negara Kementerian PANRB Hendro Witjaksono mengatakan, acara semacam ini dapat digunakan sebagai wahana untuk dapat menyemangati upaya-upaya reformasi atau perbaikan di lingkungan internal Kementerian PANRB.  

Salah satunya evaluasi kelembagaan di lingkungan Kementerian PANRB yang diatur dengan Peraturan Menteri PANRB No. 20 Tahun 2018. Menurut Kepala Bagian Organisasi dan Reformasi Birokrasi Internal Mohammad Averrouce, dalam mewujudkan organisasi pemerintah terdapat tiga sasaran utama, yakni tepat fungsi, tepat proses, dan tepat ukuran.

Isu lain yang dikedepankan dalam acara tersebut adalah Tata Kelola Kearsipan di Kementerian PANRB. Kepala Subbagian Kearsipan Hayu Dika Pratama menekannya pentingnya arsip dan masih kurangnya kesadaran pegawai atas pentingnya kearsipan yang terstruktur secara rapi. “Arsip begitu penting karena arsip adalah bukti pertanggungjawaban dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ujar Hayu.

Selain itu, arsip juga dapat menjamin keselamatan aset nasional dalam bidang ekonomi, sosial, politik, budaya, pertahanan, serta keamanan sebagai identitas dan jati diri bangsa.  Oleh karena itu pengelolaan dan penyimpanan arsip harus benar dan terjaga. Ke depannya, tata naskah yang diarsipkan secara manual akan diubah menjadi arsip elektronik dengan menggunakan aplikasi SIBARI (Sistem Big Data Big Archive).

Acara tersebut dihadiri antara lain oleh Staf Ahli Bidang Budaya Kerja Kementerian PANRB Teguh Widjinarko, Staf Ahli Bidang Politik & Hukum Kementerian PANRB Tin Zuraida, Kepala Biro Manajemen Kinerja, Organisasi dan Kerjasama Kementerian PANRB Hidayah Azmi Nasution Sekretaris Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian PANRB T. Eddy Syah Putra, Sekretaris Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Devi Anantha, serta segenap pegawai Kementerian PANRB. (ndy/HUMAS MENPANRB)

Berita Terkait

Hubungi Kami :

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
Jl. Jend. Sudirman Kav. 69 Jakarta Selatan - 12190 Indonesia
Telp. (+6221) 7398381 - 89
Email : halomenpan@menpan.go.id
Facebook twitter 26 instagram 25 Youtube RSS map-24