Pin It

20201215 MPP Pati 1

Gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Pati

 

PATI – Masyarakat Kabupaten Pati, Jawa Tengah, bisa segera menikmati pusat pelayanan yang modern, cepat, terintegrasi, terjangkau, aman, dan nyaman. Pemerintah Kabupaten Pati menunjukkan komitmen reformasi layanan masyarakat dengan membangun Mal Pelayanan Publik (MPP). Tersedia 305 jenis layanan dari 22 instansi yang siap melayani masyarakat Pati.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo dijadwalkan meresmikan MPP Kabupaten Pati bersama dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Bupati Pati Haryanto, Rabu (16/12). Sejak 7 Desember 2020, MPP Kabupaten Pati telah melakukan uji coba pelayanan untuk memastikan kesiapan pelayanan mereka.

MPP Kabupaten Pati memanfaatkan gedung Eks. Kantor Bappeda Kabupaten Pati, yang berlokasi di Jl. Raya Pati - Kudus Km. 4, Sawah, Margorejo, Kec. Pati. Dengan luas bangunan kurang lebih 1.500 meter persegi, MPP Pati siap melayani kebutuhan layanan perizinan, non-perizinan, serta administrasi kependudukan masyarakat.

Sejumlah unit layanan dari organisasi perangkat daerah (OPD), instansi vertikal, dan BUMD telah bergabung. OPD yang telah tergabung antara lain DPMPTSP Pati, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan, Dinas Perumahan dan Permukiman, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Dinas Kesehatan, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, Diskominfo (Teras Aduan), Dinas Koperasi dan UMKM, dan Gerai PTSP. Sementara instansi vertikal dan BUMD yang tergabung antara lain BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pati, Kantor Imigrasi Kelas II Pati, Polres Pati, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati, Kantor Pos Pati, dan Bank Jateng Cabang Koordinator Pati.

 

20201215 MPP Pati 2

 

Pembangunan MPP tidak hanya soal kuantitas instansi atau jenis layanan yang tergabung. Pemkab Pati juga harus menyediakan sarana prasarana lain yang menunjang pelayanan masyarakat. Pusat pelayanan modern ini juga diwajibkan memiliki fasilitas untuk kaum rentan, seperti lansia, kaum disabilitas, atau ibu hamil dan menyusui.

Untuk menunjang berbagai pelayanan yang ada, MPP Pati menyediakan sarana prasarana pendukung demi kemudahan dan kenyamanan bagi pengguna layanan. Sarpras pendukung yang ada seperti Anjungan Disdukcapil Mandiri, ruang laktasi, layanan mandiri, layanan fotokopi, kafetaria, pojok baca, arena bermain anak, ruang ibadah, dan sarpras pendukung lainnya.

MPP Kabupaten Pati merupakan MPP ke-33 di Indonesia. Di tengah pandemi Covid-19, MPP Kabupaten Pati berkomitmen untuk tetap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Dalam pelayanannya, protokol kesehatan diterapkan dengan disiplin untuk melindungi pengunjung dan petugas pelayanan. (del/HUMAS MENPANRB)