Menteri PANRB Tjahjo Kumolo saat meresmikan MPP Kota Palembang, di Palembang, Sumatra Selatan, Jumat (27/11).
PALEMBANG – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) terbesar di Indonesia yang berada di Kota Palembang, Sumatra Selatan, Jumat (27/11). Ia menyampaikan bahwa MPP harus menjadi solusi dengan menghadirkan pelayanan yang cepat, ramah, dan terintegrasi.
Kecepatan memberikan layanan harus menjadi perhatian seluruh pemerintah daerah. Menteri Tjahjo berharap pemerintah daerah memaksimalkan MPP agar pengurusan perizinan dan non-perizinan lebih efektif dan efisien. “Kalau bisa satu jam kenapa harus berjam-jam, pelayanan memerlukan kecepatan, ramah, dan terintegrasi. Itulah harus ada MPP," ujarnya.
Lanjutnya dikatakan, komitmen kepala daerah menjadi keharusan dalam menghadirkan pelayanan yang cepat melalui MPP. "Komitmen Gubernur Sumatra Selatan dan Wali Kota Palembang adalah melayani masyarakat, dan maka dari itu dibentuk MPP. Tujuannya mempermudah masyarakat. Mereka masuk satu gedung, untuk urus KTP, pajak, nikah juga disiapkan. Masuk satu ruangan, urusan masyarakat selesai semua,” ujarnya.
Salah satu fokus pemerintahan Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin adalah reformasi birokrasi secara keseluruhan. Hal tersebut dilakukan dengan memangkas jalur birokrasi, sehingga proses pelayanan perizinan yang sebelumnya memakan waktu lama dapat diselesaikan dalam hitungan hari, bahkan hitungan jam.
Selama ini pihaknya melalui Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB meninjau langsung untuk memastikan pelayanan masyarakat berjalan dengan cepat dan tidak ada birokrasi yang menghambat. “Karena lima tahun lalu investasi banyak terhambat. Bapak Jokowi menginginkan pelayanan yang cepat,” ujarnya.
Ia berharap MPP Kota Palembang yang merupakan MPP ke-30 di Indonesia ini dapat menjadi contoh pelayanan publik yang efektif dan efisien serta berkontribusi terhadap peningkatan investasi. Selain itu, MPP Kota Palembang juga dapat memacu daerah lain untuk meningkatkan kualitas pelayanan melalui pembangunan MPP.
Pada kesempatan itu, Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan hadirnya MPP Kota Palembang menjadikan pihaknya terus berusaha memberikan pelayanan terbaik. Salah satu upaya yang dilakukan melalui terobosan pengiriman berkas dengan jasa transportasi online, sehingga para pemohon tidak perlu lagi datang ke MPP Kota Palembang.
“Kalau bisa satu jam, kenapa harus berjam-jam? Kalau bisa satu hari, kenapa berhari-hari?Kkalau bisa tidak datang, kenapa harus datang? Kami juga sudah berkoordinasi dengan Gojek. Ketika sudah selesai, dia tidak perlu datang lagi. Kita antar pakai Gojek,” jelasnya.
MPP Kota Palembang memberikan 373 jenis layanan dari 28 instansi. Bangunan ini berdiri diatas lahan seluas dua hektare dengan luas bangunan mencapai 12.000 meter persegi. Gedung yang terletak di Jalan Gubernur H. A Bastari ini dibangun pada tahun 2007 dan selesai pembangunannya pada 2010.
Ia menceritakan bahwa mulanya gedung difungsikan sebagai pusat promosi produk UKM Kota Palembang, yang diberi nama Sriwijaya Promotion Center (SPC). Namun ditengah perjalanan, fungsi dari keberadaan SPC dirasa tidak maksimal karena lokasi yang jauh dari pusat kota. Bangunan ini terletak di seberang Kompleks Jakabaring Sport City Palembang.
“Di tahun 2017, Kementerian PANRB mengajak kami melakukan kunjungan ke pusat layanan di Azerbaijan dan Georgia. Sehingga terpikirlah gedung ini untuk dibangun MPP,” tuturnya. (byu/HUMAS MENPANRB)
Daftar Instansi yang Tergabung dalam MPP Palembang
Instansi Vertikal
- DPMPTSP Provinsi Sumsel
- BPJS Kesehatan
- BPJS Ketenagakerjaan
- Polresta
- Kementerian Agama
- Kejaksaan Negeri
- Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)
- Kantor Imigrasi
- Ombudsman RI
- Kementerian ATR/BPN
- Kanwil Pajak
- Kementerian PUPR
Organisasi Perangkat Daerah
- Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota dan Provinsi
- Dinas Ketenagakerjaan
- Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil
- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik
- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi
- Dinas Arsip dan Perpustakaan
BUMN/Swasta
- Bank BNI
- Bank BRI
- PT Taspen
- PT Pos Indonesia
- Pegadaian
- Jasa Raharja
- PLN
BUMD
- PDAM
- Bank Sumsel Babel
Lainnya
- Ikatan Arsitek
- PMI