(+6221) 7398381 - 89
   halomenpan@menpan.go.id / persuratan@menpan.go.id

Penyederhanaan Jabatan Struktural Ubah Pola Pikir Lama Birokrasi

20210617 Rakor Pembahasan Isu Strategis dan Kebijakan Bidang PANRB 5 Suasana Rapat Koordinasi Pembahasan Isu Strategis dan Kebijakan Bidang PANRB, Kamis (17/06).   JAKARTA – Jabatan struktural umumnya menjadi incaran bagi para birokrat, karena dianggap memiliki kewenangan yang kuat. Pola pikir birokrat seperti itu segera diubah dengan pengalihan jabatan struktural menjadi fungsional yang lebih mengedepankan kompetensi individu. Penegasan itu disampaikan Menteri...

Penyederhanaan Struktur Organisasi Tepis Anggapan “Jabatan Fungsional Rasa Struktural”

20210617 Rakor Pembahasan Isu Strategis dan Kebijakan Bidang PANRB 9 Menteri PANRB Tjahjo Kumolo saat memberikan arahan dalam Rapat Koordinasi Pembahasan Isu Strategis dan Kebijakan Bidang PANRB, secara virtual, Kamis (17/06).   JAKARTA – Upaya pemerintah dalam penyederhanaan birokrasi semakin diperkuat dengan adanya penyederhanaan struktur organisasi menjadi dua level. Pengalihan jabatan dilakukan secara selektif agar setiap instansi tidak hanya sekadar...

Instansi Pemerintah Diimbau Lakukan Apel, Perdengarkan Indonesia Raya dan Pancasila

20210616 Instansi Pemerintah Diimbau Lakukan Apel Perdengarkan Indonesia Raya dan Pancasila Suasana pelaksanaan Apel Senin Pagi dengan penerapan protokol kesehatan.    JAKARTA – Mulai 1 Juli 2021, instansi pemerintah diimbau untuk melaksanakan apel setiap Senin pagi. Selain itu, juga diimbau untuk memperdengarkan lagu Indonesia Raya setiap Selasa dan Kamis pada jam 10.00 WIB. Serta membacakan naskah Pancasila setiap Rabu dan Jumat...

Mal Pelayanan Publik, Atasi Benang Kusut Birokrasi dengan Kolaborasi

20210614 Mal Pelayanan Publik Atasi Benang Kusut Birokrasi dengan Kolaborasi 1 Suasana Lokakarya MPP yang dilakukan secara virtual, Senin (14/06).   JAKARTA – Alur perizinan pada layanan pemerintah, sering dianggap berbelit. Namun kini, benang kusut birokrasi itu mulai bisa diurai dengan konsep Mal Pelayanan Publik (MPP). Berbagai daerah yang sudah membangun MPP, bisa memanfaatkan sistem satu data agar antarinstansi pemerintah dapat saling...

Finalis Top Inovasi Pelayanan Publik Telah Terpilih, Masyarakat Bisa Ajukan Keberatan

20210617 Finalis Top Inovasi Pelayanan Publik Telah Terpilih Masyarakat Bisa Ajukan Keberatan   JAKARTA – Forum group discussion dengan Tim Panel Independen menghasilkan sejumlah proposal yang terpilih sebagai Finalis Top Inovasi Pelayanan Publik 2021. “Pertemuan ini menghasilkan Finalis Top Inovasi yang terdiri dari Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021, Top 15 Replikasi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021, dan Top 15 Kelompok...

Transformasi Kelembagaan untuk Polri yang Presisi

20210615 Sespimti Polri Dikreg ke 30 TA 2021 6 Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Alex Denni saat menjadi narasumber pada diskusi panel I Peserta Sespimti Polri Dikreg ke-30 T.A 2021 secara virtual, Selasa (15/06).   JAKARTA – Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) sebagai bagian dari birokrasi, tidak terlepas untuk melaksanakan transformasi kelembagaan. Reformasi kelembagaan dan birokrasi yang menjadi agenda...

Pendaftaran Segera Dibuka, Berikut Pedoman Pengadaan CPNS, PPPK Guru, dan PPPK JF Tahun 2021

20210614 sosialisasi cpns 1 Tangkapan layar paparan Plt. Asisten Deputi Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur Kementerian PANRB Katmoko Ari Sambodo dalam acara Kupas Tuntas Seleksi CASN 2021, yang digelar secara virtual, Senin, (14/06).   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah menerbitkan tiga peraturan terkait penyelenggaraan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara...

Perluas Replikasi Inovasi Pelayanan Publik, 12 Provinsi Siap Dijadikan Contoh

20210616 Perluas Replikasi Inovasi Pelayanan Publik 12 Provinsi Siap Dijadikan Contoh 2 Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa saat membuka Kick Off Meeting Pleno Pendampingan Hub/ Jaringan Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021, secara virtual, Rabu (16/06).   JAKARTA – Replikasi inovasi pelayanan publik bukanlah hal yang tabu. Justru dengan replikasi, inovasi yang sukses di suatu daerah bisa diterapkan bahkan dikembangkan...

Menteri Tjahjo: Pemimpin Harus Beradaptasi dengan Teknologi

20210615 Pembukaan PKN Tingkat I Angkatan L Tahun 2021 3 Menteri PANRB Tjahjo Kumolo saat membuka Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat I (Diklatpim I) Angkatan L di Lembaga Administrasi Negara (LAN), Jakarta, Selasa (15/06).   JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo menyampaikan perubahan dunia harus diiringi dengan adaptasi cepat dan pengembangan berkelanjutan. Kepemimpinan ASN...

Tim Panel Independen Terima Estafet Proses Penjurian KIPP 2021

20210611 Tim Panel Independen Terima Estafet Proses Penjurian KIPP 2021 1 Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa pada acara Penyerahan Hasil Penilaian Proposal Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021, secara virtual, Jumat (11/06).   JAKARTA – Tim Evaluasi (TE) Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tahun 2021 telah rampung menyeleksi 1.619 proposal yang sebelumnya lolos pada tahap administrasi, menjadi 260 proposal....

Menanti Penentuan Top 99 dan Top 15 Inovasi Pelayanan Publik 2021

20210616 Menanti Penentuan Top 99 dan Top 15 Inovasi Pelayanan Publik 2021 1 Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa dalam Focus Group Discussion Penentuan Finalis Top Inovasi Pelayanan Publik KIPP 2021, secara virtual, Rabu (16/06).   JAKARTA – Tim Panel Independen (TPI) Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tahun 2021 melakukan pembahasan untuk menentukan 99 inovasi terpilih dari kelompok umum, dan masing-masing...

Kementerian PANRB Usulkan Penambahan Evaluasi Pelayanan Publik di 89 Polres

20210615 Rapat Usulan Lokus Evaluasi Polres Tahun 2021 1Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa dalam rapat usulan lokus evaluasi polres/polresta/polrestabes/polresmetro tahun 2021, di Jakarta, Selasa (15/06).   JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengusulkan tambahan lokus evaluasi pelayanan publik lingkup polres, polresta, polrestabes, dan polresmetro. Sebanyak 89 polres diusulkan untuk dilakukan evaluasi...

Transformasi Digital Layanan Strategis MPP Purwakarta Harus Dikembangkan

20210611 Rapat Penyusunan Kategorisasi Sektor Layanan Strategis Pelayanan Publik MPP Kabupaten Purwakarta 1 Asisten Deputi Sistem Informasi Pelayanan Publik Kementerian PANRB Yanuar Ahmad saat membuka Rapat Penyusunan Kategorisasi Sektor Layanan Strategis Pelayanan Publik pada MPP Kab. Purwakarta, di Purwakarta, Jawa Barat, Jumat (11/06).   PURWAKARTA – Area layanan strategis seperti perizinan dan pelayanan dasar yang kini tergabung di Mal Pelayanan Publik (MPP), memerlukan...